Buku Siswa & Guru Seni Teater Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Download Buku Siswa dan Buku Guru Seni Teater Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat pendidikan, jika pada postingan sebelumnya admin telah membagikan buku teks pelajaran kurikulum merdeka untuk mata pelajaran seni music, seni tari, seni rupa kelas 7 SMP versi kurikulum merdeka maka di kesempatan kali ini admin akan kembali membagikan file buku siswa dan buku guru untuk mata pelajaran seni teater kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka.

 


Mata pelajaran seni rupa merupakan cabang dari mata pelajaran seni budaya. Seni Budaya seperti halnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi merupakan materi yang wajib mendapatkan tempat, terutama dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Pasal 36 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) memberikan mandat supaya setiap kurikulum di setiap jenjang pendidikan menempatkan seni dan budaya setara dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selanjutnya, Pasal 37, menegaskan bahwa seni dan budaya merupakan salah satu mata pelajaran wajib dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Norma itu menegaskan bahwa ada dimensi perkembangan siswa yang tidak bisa terpenuhi oleh Ilmu Pengetahuan selain oleh materi pelajaran seni dan budaya. Pasal tersebut mendapatkan penjelasan bahwa kajian pelajaran seni dimaksudkan untuk membentuk karakter peserta didik menjadi manusia yang memiliki pemahaman dan rasa seni.

 

Ki Hadjar Dewantara mengartikan seni sebagai “segala perbuatan manusia yang timbul dari hidup perasaannya dan bersifat indah, sehingga dapat menggerakkan jiwa perasaan manusia.” Seni adalah hasil karya cipta manusia yang mengekspresikan keseluruhan kemampuannya secara utuh baik kecerdasan otak, kecerdasan emosional, keterampilan motorik dan kekuatan kehendak. Selain itu karya cipta yang bersumber dari hidup perasaan keindahan itu memiliki daya yang menggerakkan jiwa perasaan orang lain yang menikmati seni.

 

Pandangan Ki Hadjar Dewantara tersebut relevan dan kontekstual untuk memahami secara bijak mandat UU Sisdiknas tentang peran kehadiran seni dalam pendidikan. Berkesenian dalam pendidikan merupakan aktivitas pembelajaran yang mendorong peningkatan keseluruhan aspek kemampuan siswa, yaitu aspek kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, dan keterampilan tubuh. Perkembangan kecerdasaan emosional siswa dapat terlihat dari kepekaannya terhadap lingkungan, sikap empatinya pada sesama, dan kreativitasnya dalam menyelesaikan masalah. Kecerdasan emosional merupakan aspek dominan dalam proses kreatif mencipta karya.

 

Demikian halnya dengan Seni Teater dalam pendidikan. Seni Teater di sekolah umum, terlebih untuk pendidikan setara SMP, tidak dimaksudkan untuk menyiapkan siswa sebagai seniman atau pekerja teater. Seni Teater dalam sekolah umum, sebagai pembelajaran intrakurikuler, adalah merupakan media pendidikan. Kurasi profesional tentu bukan standar untuk menilai karya seni hasil pembelajaran siswa karena memang yang menjadi tujuan utama pembelajaran Seni Teater bukanlah hasilnya. Siswa tetap belajar untuk dapat memahami Seni Teater dan menguasai dasar-dasar keterampilan berlaku peran, tetapi yang lebih utama adalah intensitas keterlibatan siswa dalam dinamika proses pembelajaran Seni Teater.

 

Proses pembelajaran Seni Teater merupakan pembiasaan bagi siswa untuk mendewasakan sikap tanggung jawab, kemandirian, toleran, dan empati. Melalui pembiasaan itu siswa dapat belajar menentukan sikap kapan saat harus bekerja mandiri dan kapan harus bersikap sebagai bagian dari kerja kelompok. Dengan mengacu pada Profil Pelajar Pancasila, menjadi jelas bahwa intensitas pembelajaran Seni Teater di sekolah bertujuan untuk membuka kesadaran siswa dan menggerakkan kehendaknya untuk mampu mewujudnyatakan nilai-nilai kebaikan ke dalam sikap dan tindakannya.

 

Melalui Seni Teater siswa juga belajar mengenali dan memaknai nilai kodrati manusia sebagai makhluk bermain (homo ludens). Pada perkembangan tertentu, kegiatan bermain menunjukkan kecenderungan manusia untuk meniru (mimesis) apa yang dialami, dilihat, dan didengar. Namun dalam pengertian kodrati, homo ludens adalah citra makhluk pekerja yang dengan akal budinya mampu mengembangkan kemampuannya untuk mengolah lingkungan baik lingkungan sosial maupun lingkungan alam sekitarnya.

 

Pada kurikulum merdeka, Untuk memperlancar proses belajar mengajar bagi guru dan siswa dalam mempelajari mata pelajaran seni teater di kelas 7 SMP kurikulum merdeka maak di perlukan sebuah buku teks pelajaran berupa buku siswa dan buku guru seni teater kelas 7 kurikulum merdeka.

 

Di kesempatan kali ini admin akan berbagi file buku teks pelajaran seni teater untuk kelas 7 SMP kurikulum merdeka yang bisa dimanfaatkan bagi guru dan siswa dalam melancarkan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

 

Bagi anda yang membutuhkan file buku siswa seni teater kelas 7 dan buku guru seni teater kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

 

BUKU SISWA & GURU SENI TEATER KELAS 7 SMP KURIKULUM MERDEKA

  • Buku Guru Seni Teater Kelas 7 Kurikulum Merdeka (DISINI
  • Buku Siswa Seni Teater Kelas 7 Kurikulum Merdeka (DISINI)
  • Materi Seni Teater Kelas 7 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai buku guru dan buku siswa untuk mata pelajaran seni Teater kelas 7 SMP kurikulum merdeka yang bisa admin bagikan pada kesempatan kali ini, semoga buku teks pelajaran kurikulum merdeka tersebut dapat bermanfaat baik bagi guru maupun bagi siswa dalam melaksanakan pembelajaran di kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel