Materi Seni Teater Kelas 7 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi Pelajaran Seni Teater Kelas 7 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka dan Materi Pelajaran Seni Teater Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi seputar materi pelajaran yang akan di pelajari pada mata pelajaran Seni Budaya di kelas 7 SMP khususnya bagi sekolah yang telah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka.

 


Saat ini sudah hampir semua sekolah telah menerapkan pembelajaran berbasis kurikulum merdeka, olehnya itu buku teks pelajaran yang akan di gunakan dalam pembelajaran juga tentunya buku teks yang telah terintegrasi dengan versi kurikulum merdeka. Saat ini pusat perbukuan telah mengeluarkan buku teks pelajaran kurikulum merdeka untuk setiap tingkatan pada satuan pendidikan.

 

Salah satu mata pelajaran yang nantinya akan di pelajari pada kurikulum merdeka yaitu mata pelajaran Seni Budaya. Perlu untuk diketahui bahwa mata pelajaran seni budaya terdiri atas 4 cabang yakni :

1.       Seni Teater

2.       Seni Musik

3.       Seni Tari

4.       Seni Rupa

 

Pada postingan kali ini admin hanya akan membahas tentang apa-apa saja jenis materi yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran Seni Teater di kelas 7 SMP kurikulum merdeka. Disini admin akan memberikan susunan materi yang akan di pelajari di mata pelajaran Seni Teater kelas 7 secara lengkap mulai dari materi yang akan di pelajari di semester 1 hingga materi yang akan dipelajari di semester 2.

 

Seni Teater di sekolah umum, terlebih untuk pendidikan setara SMP, tidak dimaksudkan untuk menyiapkan siswa sebagai seniman atau pekerja teater. Seni Teater dalam sekolah umum, sebagai pembelajaran intrakurikuler, adalah merupakan media pendidikan. Kurasi profesional tentu bukan standar untuk menilai karya seni hasil pembelajaran siswa karena memang yang menjadi tujuan utama pembelajaran Seni Teater bukanlah hasilnya. Siswa tetap belajar untuk dapat memahami Seni Teater dan menguasai dasar-dasar keterampilan berlaku peran, tetapi yang lebih utama adalah intensitas keterlibatan siswa dalam dinamika proses pembelajaran Seni Teater.

 

Proses pembelajaran Seni Teater merupakan pembiasaan bagi siswa untuk mendewasakan sikap tanggung jawab, kemandirian, toleran, dan empati. Melalui pembiasaan itu siswa dapat belajar menentukan sikap kapan saat harus bekerja mandiri dan kapan harus bersikap sebagai bagian dari kerja kelompok. Dengan mengacu pada Profil Pelajar Pancasila, menjadi jelas bahwa intensitas pembelajaran Seni Teater di sekolah bertujuan untuk membuka kesadaran siswa dan menggerakkan kehendaknya untuk mampu mewujudnyatakan nilai-nilai kebaikan ke dalam sikap dan tindakannya.

 

Pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan memberikan susunan materi pelajaran yang akan di pelajari pada mata pelajaran Seni Teater kelas 7 SMP kurikulum merdeka. Materi yang akan di jabarkan disini sudah lengkap yang meliputi materi Seni Teater kelas 7 semester 1 kurikulum merdeka dan materi Seni Teater kelas 7 semester 2 kurikulum merdeka.

 

Sebagai informasi awal bahwa materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Seni Teater di kelas 7 SMP kurikulum merdeka terdiri atas 4 unit yang mana unit 1 dan 2 akan di pelajari pada pembelajaran di semester 1 kemudian unit 3 dan 4 akan di pelajari di semester 2.

 

Baiklah bagi anda yang ingin melihat dan mengetahui apa saja susunan materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Seni Teater kelas 7 SMP kurikulum merdeka mulai dari semester 1 hingga semester 2, maka silahkan simak susunan materinya di bawah ini :

 

MATERI SENI TEATER KELAS 7 SMP SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

Unit 1 - Dasar Kreasi Laku Peran

Kegiatan 1: Konsentrasi

Kegiatan 2: Ingatan Emosi

Kegiatan 3: Olah Tubuh Stamina

Kegiatan 4: Olah Tubuh Keterampilan

Kegiatan 5: Olah Tubuh Keseimbangan dan Kelenturan

 

Unit 2 - Ekspresi Dramatik

Kegiatan 1: Menyuarakan Bunyi Bahasa

Kegiatan 2: Ekspresi Makna

Kegiatan 3: Senandika (Solilokui)

Kegiatan 4: Mencipta Dialog

 

MATERI SENI TEATER KELAS 7 SMP SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA

Unit 3 - Menulis Naskah Teater

Kegiatan 1: Sumber Inspirasi

Kegiatan 2: Alur Cerita (Plot)

Kegiatan 3: Cerita Ringkas dan Tema

Kegiatan 4: Menentukan dan Menata Adegan

Kegiatan 5: Menulis Isi Cerita

Kegiatan 6: Membaca Naskah

 

Unit 4 - Kreativitas Laku Pemeran

Kegiatan 1: Motif Dan Gerak

Kegiatan 2: Teknik Muncul Dan Pengembangan

Kegiatan 3: Komposisi Di Atas Panggung

 

Itulah susunan materi yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran Seni Teater di kelas 7 SMP kurikulum merdeka, dan bagi anda yang ingin memiliki buku teks pelajaran kurikulum merdeka untuk mata pelajaran Seni Teater kelas 7 SMP kurikulum merdeka secara lenkap maka silahkan dapatkan bukunya di bawah ini :

 

  • Buku Guru dan Buku Siswa Seni Teater Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai susunan materi yang nantinya akan di pelajari pada mapel Seni Teater kelas 7 SMP kurikulum merdeka, semoga postingan ini dapat membantu rekan pendidikan dalam mengetahui susunan materi yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran Seni Teater di kelas 7 versi kurikulum merdeka.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel