Rangkuman B.Indonesia Kelas 7 Bab 5 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 7 SMP Bab 5 semester 2 kurikulum merdeka.

Sahabat kherysuryawan yang berbahagia, berjumpa kembali pada postingan ini. Disini admin akan kembali memberikan uraian materi hasil rangkuman khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 7 SMP semester 2 kurikulum merdeka.

 


Seluruh rangkuman materi ini admin ambil dari sumber buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas 7 SMP kurikulum merdeka. Untuk memudahkan dalam belajar maka rangkuman materi ini kiranya bisa membantu anda dalam memahami materi yang ada pada buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas 7 bab 5 semester 2 kurikulum merdeka.

 

Adapun tujuan dari pembelajaran kali ini yaitu Pada bab ini kalian berlatih menanggapi dan menganalisis beragam bacaan. Dengan membaca, menyimak, dan mendiskusikan bacaan fiksi, nonfiksi, serta bacaan bergambar, kalian akan belajar menyampaikan pendapat kalian tentang unsur-unsur dalam bacaan secara lisan dan tertulis.

 

Berikut ini isi materi yang telah di rangkum pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 7 Bab 5 tentang membuka gerbang dunia pada pembelajaran kurikulum merdeka.

 

BAB 5 MEMBUKA GERBANG DUNIA

A. Membedah Buku Bergambar

Apakah kalian tahu apa yang dimaksud dengan buku bergambar? Buku bergambar adalah buku yang terdiri atas elemen teks dan gambar yang saling mendukung. Bagaimana buku bergambar dibuat? Untuk membuat buku bergambar yang baik, penulis, ilustrator, editor, dan penata letak atau desainer bekerja sama untuk menghasilkan teks cerita dan gambar atau ilustrasi yang padu dan memikat.

 

Elemen teks dan gambar pada buku membantu pembaca memahami materi bacaan, menangkap emosi, nada, serta suasana pada bacaan. Misalnya, melalui penggambaran gestur, ekspresi wajah, komposisi warna, kalian dapat menafsirkan emosi tokoh yang disampaikan oleh penulis. Kalian juga dapat menafsirkan suasana dan emosi yang dibangun sepanjang cerita melalui pemilihan warna, fokus, dan gerak benda dalam gambar pada buku.

 

1.       Nada (atau tone) dihasilkan dari pencampuran beberapa warna sehingga dapat dihasilkan warna dengan nuansa yang cerah atau gelap. Nada pada gambar biasanya mewakili emosi (senang atau ceria, optimistis, muram atau sedih) yang ingin disampaikan penulis.

2.       Fokus pada gambar ditunjukkan oleh objek yang ukurannya paling besar atau yang paling jelas pada gambar. Fokus dipilih oleh ilustrator untuk mengarahkan perhatian pembaca kepada objek tertentu pada gambar.

 

Dengan menganalisis gambar pada cerita fiksi, kalian berlatih untuk menilai tujuan penulis dalam menyajikan elemen visual dengan kritis.

 

B. Mengenal Bagian-Bagian Buku

 

1. Sampul buku umumnya memiliki bagian-bagian sebagai berikut:

v  Judul buku

v  Sampul depan buku

v  Penulis buku

v  Ilustrator buku

v  Punggung buku

v  Sinopsis buku

v  Kode belakang buku

v  Sampul belakang buku

Berikut ini penjelasannya dalam bentuk gambar :


2. Halaman hak cipta memuat informasi tentang:

a. Pembuat buku;

1)      Penulis adalah orang yang menulis materi buku.

2)      Ilustrator adalah orang yang merancang konsep gambar dan membuat ilustrasi buku.

3)      Editor adalah orang yang memberi masukan kepada konsep naskah dan menyunting teks pada buku.

4)      Desainer adalah orang yang merancang dan mengerjakan tata letak pada buku.

5)      Anggota tim lain yang bertanggung jawab terhadap materi buku (misalnya penelaah, penanggung jawab, penyelia).

b.Informasi tentang penerbit, alamat fisik, dan alamat daring penerbit buku;

c. Informasi tentang hak cipta buku.

 

3. Halaman daftar isi memuat daftar judul bab dalam buku.

Berikut ini contoh tampilan daftar isi pada sebuah buku


4. Halaman penutup buku dapat terdiri atas referensi atau daftar rujukan, glosarium atau catatan, serta biodata pembuat buku.

 

Bagian-Bagian Buku Fiksi dan Nonfiksi

 

v  Buku fiksi adalah buku yang memuat cerita rekaan atau khayalan.

v  Buku nonfiksi adalah buku yang berdasarkan fakta atau kenyataan.

 

Dengan membandingkan bagian pada buku fiksi dan nonfiksi, kalian berlatih untuk mengenali fitur buku fiksi dan nonfiksi agar dapat menggunakannya dengan baik untuk mencari informasi.

 

C. Merangkum Buku

 

Isi buku yang telah kalian pahami dapat kalian sajikan ulang dalam bentuk yang lebih ringkas, ini disebut juga sebagai rangkuman. Rangkuman bisa kalian dapatkan dengan cara membaca setiap bab dalam buku dengan saksama, lalu menemukan gagasan pokok atau halhal penting dalam bab tersebut.

 

Untuk buku fiksi, gagasan pokok dapat ditemukan melalui peristiwa penting dalam alur cerita. Untuk buku nonfiksi, gagasan pokok dapat kalian temukan dengan cara menentukan ide pokok pada setiap paragraf atau hal-hal penting pada setiap bab. Setelah itu, kalian tinggal menyusun setiap gagasan utama tersebut ke dalam satu karangan.

 

Cara lain untuk membantu kalian merangkum adalah mencatat ide kalian selama membaca dalam peta pikiran. Peta pikiran akan membantu kalian merancang rangkuman. Kalian mungkin akan merasa bingung harus memulai dari mana, mencampurkan ide-ide, atau justru kehilangan ide pokok dari cerita.

 

Dengan mengatur pikiran kalian secara visual, kalian dapat melihat semua gagasan pokok di depan mata dan bagaimana mereka saling terkait satu sama lain. Hal ini akan membantu kalian memahami isi cerita dan menulis rangkuman secara lebih cepat, tepat, dan efektif.

 

Bagaimana cara membuat peta pikiran? Sebenarnya, tidak ada aturan yang baku. Kalian dapat berkreasi sebebasnya dengan peta pikiran. Mulailah dengan judul buku atau topik tertentu. Lalu, buatlah garisgaris cabang setiap bab, poin-poin penting di dalamnya, dan keterkaitan mereka. Setelah selesai, kalian dapat melihat sebeerapa banyak kalian telah memahami isi sebuah buku atau topik tertentu.

 

D. Menyajikan Tanggapan terhadap Buku

 

Teks tanggapan adalah teks yang berisi penilaian, ulasan, atau resensi terhadap suatu karya (film, buku, novel, drama, dan sebagainya) sehingga orang lain mengetahui kelebihan dan kekurangan karya tersebut. Teks tanggapan juga dikenal dengan resensi. Teks ini bertujuan menyampaikan pengalaman seseorang saat membaca atau menonton sebuah karya.

 

Membaca teks tanggapan bermanfaat bagi para pembaca buku atau penonton film. Kita dapat mengetahui buku-buku dan tayangan film yang baik dari perspektif pembaca dan pemirsa lain.

 

Pada saat memaparkan tanggapan, ingatlah untuk:

v  Menggunakan sapaan yang santun, akrab, dan sesuai dengan usia pendengar yang kalian tuju;

v  Berbicara dengan ekspresi wajah dan gestur tubuh yang baik, ramah, dengan volume suara yang cukup keras. Pada saat berbicara, arahkan pandangan kalian ke pendengar atau kamera yang merekam kalian; dan

v  Pilihlah kata-kata yang baik, formal, serta dapat dipahami oleh pendengar.

 

 

E. Mengenali Ragam Kalimat dan Struktur Teks Tanggapan

 

Kalian akan berlatih menyajikan teks tanggapan yang baik. Pada saat menanggapi buku, kita akan menilai sajian materi buku oleh penulis. Kita mungkin setuju, tidak setuju, atau memberikan saran agar penulis memperbaiki tulisannya. Karena itu, kalian perlu memahami ragam kalimat yang digunakan dalam teks tanggapan.

v  Tanggapan yang menguatkan atau menyetujui pendapat penulis. Kalimat-kalimat tanggapan menggunakan kalimat persetujuan yang menunjukkan rasa setuju terhadap pendapat yang disampaikan orang lain.

v  Tanggapan yang menolak pendapat penulis. Tanggapan ini menggunakan kalimat penolakan dan gaya bahasa penghalusan, yang umumnya ditandai dengan konjungsi “akan tetapi,” untuk menunjukkan pertentangan yang menolak pendapat sebelumnya.

v  Tanggapan yang memberikan saran kepada penulis. Tanggapan ini memberikan saran perbaikan setelah sebelumnya menunjukkan kelemahan dalam pernyataan penulis. 

 

Sebuah teks tanggapan buku memiliki struktur sebagai berikut:

1)      Konteks; yaitu bagian ini berisi tentang pengenalan buku yang akan ditanggapi,

2)      Deskripsi; berisi penjelasan lebih detail tentang isi buku, dari mulai ide cerita, alur, sampai tokoh-tokohnya,

3)      Penilaian; bagian ini berisi penilaian pribadi pembaca terhadap buku, termasuk di dalamnya kekurangan, kelebihan, dan saran untuk buku.

 

Demikianlah rangkuman materi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 7 SMP bab 5 tentang membuka gerbang dunia. Semoga sajian materi diatas dapat membantu anda dalam memahami materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas 7 Bab 5 semester 2 kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel