Rangkuman Materi PJOK Kelas 7 Unit 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman / Ringkasan materi pelajaran PJOK Kelas 7 SMP Bab 1 “ Keterampilan, Pengetahuan Gerak, Pengembangan Karakter dan Internalisasi Nilai-Nilai dalam Permainan Invasi Permainan Bola Basket” yang akan di pelajari pada semester 1 kurikulum merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, pada kesempatan kali ini admin akan kembali memberi pembahasan materi seputar mata pelajaran pendidikan jasmani olehraga dan kesehatan atau yang biasa di singkat dengan sebutan PJOK.

 

Adapun materi PJOK yang akan admin bahas kali ini yaitu untuk kelas 7 SMP Semester 1 kurikulum merdeka. Kita ketahui bahwa kedepannya semua sekolah sudah akan menggunakan kurikulum merdeka sehingga mau tak mau dari sekarang sudah harus bisa mempelajari jenis-jenis materi yang nantinya akan di pelajari pada pembelajaran kurikulum merdeka.

 

Untuk membantu siswa maupun guru dalam memahami materi pelajaran pada kurikulum merdeka khususnya pada mata pelajaran PJOK kelas 7 SMP maka melalui postingan ini admin akan membantu dalam menyiapkan dan menyajikan ringkasan atau rangkuman materi pelajaran PJOK kelas 7 SMP kurikulum merdeka.

 

Materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran PJOK kelas 7 kurikulum merdeka terdiri atas 8 unit yang meliputi pembelajaran semester 1 dan pembelajaran semester 2. Untuk bisa memudahkan dalam mempelajari materi PJOK kelas 7 maka disini admin akan membagikan rangkuman materinya agar guru dan siswa bisa memudahkan dalam mempelajarinya.

 

Ringkasan/rangkuman materi PJOK kelas 7 SMP kurikulum merdeka yang akan admin bagikan pada postingan ini yaitu materi PJOK kelas 7 Unit 1 tentang “ Keterampilan, Pengetahuan Gerak, Pengembangan Karakter dan Internalisasi Nilai-Nilai dalam Permainan Invasi Permainan Bola Basket”.

 

Bagi anda yang ingin melihat materi PJOK kelas 7 Bab 1 semester 1 kurikulum merdeka yang sesuai dengan kurikulum yang di gunakan saat ini maka anda bisa memperoleh rangkuman materinya pada artikel ini. Tujuan admin memberikan ringkasan materi PJOK kelas 7 bab 1 atau unit 1 ini adalah agar bisa menjadi bahan belajar baik bagi siswa maupun bagi guru.

 

Materi PJOK kelas 7 Bab 1 “ Keterampilan, Pengetahuan Gerak, Pengembangan Karakter dan Internalisasi Nilai-Nilai dalam Permainan Invasi Permainan Bola Basket” yang akan admin berikan pada kesempatan kali ini yaitu materi yang telah di ringkas/dirangkum dan semua materinya bersumber dari buku teks pelajaran PJOK kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka.

 

Materi PJOK yang akan di bahas pada mata pelajaran PJOK kelas 7 Unit 1 yaitu tentang permainan bola basket. Adapun tujuan pembelajaran yang diharapkan untuk di capai pada pembelajaran ini diantaranya yaitu sebagai berikut :

1.       memahami aktivitas gerak spesiik melempar, menangkap, menggiring, menembak bola, rebound, dan pivot dalam permainan bola basket sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki peserta didik;

2.       mengidentiikasi bentuk-bentuk aktivitas gerak spesiik melempar, menangkap, menggiring, menembak bola, rebound, dan pivot dalam permainan bola basket sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki peserta didik;

3.       menganalisis prosedur aktivitas gerak spesiik melempar, menangkap, menggiring, menembak bola, rebound, dan pivot dalam permainan bola basket sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki peserta didik;

4.       menyusun konsep aktivitas gerak spesiik melempar, menangkap, menggiring, menembak bola, rebound, dan pivot dalam permainan bola basket sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki peserta didik;

5.       mempraktikkan aktivitas gerak spesiik melempar, menangkap, menggiring, menembak bola, rebound, dan pivot permainan bola basket sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki peserta didik;

 

Pada Unit 1 ini akan mempelajari pemahaman tentang konsep, identiikasi, analisis prosedur pelaksanaan gerak, menyusun konsep latihan, dan mampu mempraktikkan keterampilan dan pengetahuan gerak, pengembangan karakter dan internalisasi nilai-nilai dalam permainan invasi (permainan bola basket) yang terdiri dari gerak spesiik melempar, menangkap, menggiring, menembak bola, rebound, dan pivot dalam permainan bola basket.

 

Baiklah berikut ini rangkuman materi PJOK kelas 7 Unit 1 tentang “ Keterampilan, Pengetahuan Gerak, Pengembangan Karakter dan Internalisasi Nilai-Nilai dalam Permainan Invasi Permainan Bola Basket”.

 

PERMAINAN BOLA BASKET

 

1. Sejarah singkat permainan bola basket

Permainan bola basket dimainkan oleh dua regu putera maupun puteri yang masing-masing regu terdiri dari 5 orang pemain. Permainan ini bertujuan mencari nilai/angka sebanyak-banyaknya dengan cara memasukkan bola ke basket lawan dan mencegah lawan untuk mendapatkan nilai.

 

Permainan bola basket yang kita kenal sekarang ini diciptakan oleh Dr. James A. Naismith pada tahun 1891 atas anjuran Dr. Luther Halsey Gulick. Dr. Luther menganjurkan kepada Dr. Naismith untuk menciptakan permainan baru yang dapat dimainkan di dalam gedung, mudah dimainkan, mudah dipelajari dan menarik. Pada mulanya Dr. Naismith menggunakan keranjang sebagai sasarannya, maka permainan baru itu dinamakan “basket ball”. Pada tahun 1924 permainan bola basket didemontrasikan pada Olimpiade di Perancis. Pada tanggal 21 Juni 1932 atas prakarsa Dr. Elmer Beny, direktur sekolah olahraga di Jeneva diadakan konferensi bola basket. Dalam konferensi ini terbentuklah Federasi Bola basket Internasional yang diberi nama Federation Internationale de Basketball Amateur (FIBA). Pada tahun 1936 untuk pertama kali permainan bola basket dipertandingkan dalam Olimpiade di Jerman, yang diikuti oleh 21 negara.

 

Permainan bola basket masuk ke Indonesia setelah Perang Dunia ke-II dan dibawa oleh para perantau Cina. Pada PON I di Surakarta bola basket telah masuk dalam acara pertandingan. Pada tanggal 23 Oktober 1951 berdirilah Persatuan Basketball Seluruh Indonesia (PERBASI). Pada tahun 1953 PERBASI diterima menjadi anggota FIBA. Pada tahun 1955 perpanjangan PERBASI diubah menjadi Persatuan Bola basket Seluruh Indonesia dengan singkatan tetap PERBASI.

 

2. Gerak spesiik melempar bola

Untuk dapat melempar atau mengoperkan bola, harus dikuasai terlebih dahulu cara memegang dan melempar bola basket dengan benar.



Berikut ini beberapa Gerakan untuk melempar bola basket :

1.       Gerak spesiik melempar bola setinggi dada (Chest pass)

2.       Gerak spesiik melempar bola pantul (bounce pass)

3.       Gerak spesiik melempar bola atas kepala (Overhead pass)

4.       Gerak spesiik melempar bola dengan satu tangan

 

3. Gerak spesiik menangkap bola

Untuk dapat menangkap bola, harus dikuasai terlebih dahulu menangkap bola basket dengan benar.



Berikut ini beberapa Gerakan untuk menangkap bola basket :

1.       Gerak spesiik menangkap bola dengan dua tangan di depan dada\

2.       Gerak spesiik menangkap bola di atas kepala

3.       Gerak spesiik menangkap bola pantul

4.       Gerak spesiik menangkap bola satu tangan

 

4. Teknik Dasar Dribling



Teknik dasar ini antara lain meliputi :

1.       Dribel tinggi, pada teknik dasar basket ini memiliki tujuan untuk menggiring bola sambil pemain basket berjalan atau berlari secara pelan-pelan ke depan. Pada umumnya dribel tinggi ini dipakai pada waktu jauh dari penjagaan lawan.

 

Cara melakukan teknik dribel tinggi :

-          Berdiri tegak dengan posisi kedua kaki sejajar dan selebar dengan bahu.

-          Bola dipantulkan di samping kanan depan apabila dribel dilakukan dengan memakai tangan kanan, dan begitu sebaliknya.

-          Gerakan tangan mendorong bola turun naik dengan kondisi yang rileks (jangan kaku).

-          Jari-jari dibuka dan dikasih gerakan sentakan (snap) pada akhir gerakan.

-          Untuk ketinggian pantulan bola yaitu antara pinggang dan bahu.

-          Pandangan mata yaitu ke depan (bagi pemain pemula diperkenankan untuk melihat bolanya).

-          Dalam melaksanakan teknik dasar bola basket ini dilakukan di tempat, berjalan, dan terakhir sambal berlari.

-          Untuk memperoleh pengenalan gerak secara baik, disarankan dilakukan gerakan di tempat tanpa bola.

-          Latihan dribel tinggi ini dijalankan dengan bermacam-macam variasi yaitu dari yang mudah hinga yang sulit.

 

2.       Dribel rendah, pada teknik dasar bola basket ini dilakukan dengan tujuan yaitu menghindari lawan yang ingin merebut bola dan dilaksanakan dengan tempo yang lambat/ cepat sambil mencari arah dan jalan untuk menghindarinya. Pada umumnya dribel rendah ini juga dipakai untuk melakukan terobosan ke arah pertahanan permainan lawan.

 

Cara melakukan dribel rendah yaitu :

-          Berdiri dengan kedua kaki yang dibuka selebar bahu dan salah satu dari kaki posisinya di depan. Jika mendribel dengan tangan kanan, maka kaki yang kiri posisinya berada di depan, dan begitu dengan posisi sebaliknya.

-          Kedua lutut sedikit dibengkokkan dan posisi badan sedikit condong ke depan.

-          Ketinggian bola pantulan yaitu di antara lutut dan pinggang.

-          Pelaksanaan dari latihan bisa dimulai dengan melakukan di tempat, bergeser ke kiri dan juga kanan, dan bergeser maju dan mundur, serta dengan berlari.

 

Ada beberapa jenis Gerakan dribling diantaranya :

-          gerakan dribling berbanjar ke arah cones,

-          dribling zig-zag,

-          dribling dan pivot,

-          dribling melingkar,

-          dribling bergerak bebas.

 

5. Gerakan Menembak (Shooting)

1. Cara Menembak Bola Diam di Tempat (Set Shoot) Dengan Menggunakan Satu Tangan



-          Berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu dan salah satu dari kaki berada di depan (umumnya kaki yang berada di depan adalah kaki yang berlawanan dengan tangan yang menembak).

-          Bola dipegang di depan perut.

-          Bola diangkat ke atas dengan posisi di depan mata atau di depan hidung.

-          Jika melakukan shooting dengan mengunakan tangan kanan, maka telapak tangan kanan diputar menghadap ke arah basket.

-          Posisi tangan kiri berada di samping untuk melakukan control terhadap bola.

-          Kaki sedikit dibengkokkan dan bersamaan dengan kaki diluruskan, maka tangan melakukan dorongan terhadap bola hingga siku lurus, diakhiri dengan gerakan sentakan dari pergelangan tangan.

-          Arah dari pandangan mata ke arah ring basket.

-          Bisa dilakukan dengan gerakan tanpa bola.

-          Arah putaran bola yaitu berkebalikan dengan arah jalan bola (back spin).

-          Dalam melakukan gerakan shooting ini, seluruh dari anggota badan dalam kondisi yang rileks dan tidak tegang.

 

2. Cara Menembak Diam di Tempat Dengan Dua Tangan



·         Sikap badan dan cara memegang bola yaitu sama dengan melakukan tembakan diam dengan satu tangan.

·         Bola didorong yaitu mulai dari depan dada ke arah depan atas.

·         Pandangan mata adalah ke arah ring basket.

·         Putaran bola back spin dan bisa dilakukan tanpa bola.

·         Dalam melakukan gerakan shooting ini, seluruh anggota badan dalam keadaan yang rileks.

·         Jangan melakukan shooting secara terburu-buru, tetapi melakukannya dengan kondisi konsentrasi dan juga tenang.

 

6. Pivot

Pengertian pivot adalah gerakan berputar, dan salah satu dari kakinya sebagai poros dengan posisi tangan memegang bola.



1. Cara Melakukan Pivot ke Depan Badan (Front Pivot)

·         Berdiri tegak dengan kedua kaki yang dibuka selebar bahu.

·         Salah satu dari kaki dipakai sebagai poros dan kaki yang lain dipindahkan melalui depan badan.

·         Berat badan dipindahkan sesuai dengan arah dari gerakan putaran badan.

·         Kaki poros berputar dengan ujung kaki.

·         Gerakan memutar ini didahului dengan pandangan mata.

 

2. Pivot ke Belakang Badan (Reverse Pivot)

 

E. Rebound

Rebound adalah gerakan melompat untuk merajah/ menangkap bola yang terpantul dari papan.



Cara melakukan rebound:

-          Berdiri dengan kedua yang posisi kaki dibuka dalam sikap ingin meloncat.

-          Lakukan loncatan setinggi-tingginya dengan dibantu dengan gerakan tangan.

-          Posisi dari badan di udara lurus, begitu juga dengan posisi tangan lurus ke atas siap untuk melakukan tangkapan terhadap bola.

-          Pandangan mata menuju ke arah bola dan kemudian tangkap bola pada waktu telah mencapai loncatan paling tinggi.

-          Setelah bola ditangkap dan badan dalam posisi sudah turun, maka yang dilakukan adalah secepatnya bola ditarik ke depan dada.

-          Pada waktu melakukan pendaratan harus dengan kedua kaki (kaki harus lentur/tidak kaku).

 

Demikianlah ringkasan/rangkuman materi pelajaran PJOK kelas 7 SMP Bab 1 tentang permainan bola basket yang akan di pelajari pada kurikulum merdeka. Semoga sajian materi ini dapat bermanfaat baik bagi siswa maupun bagi guru yang akan mempelajari materi tentang permainan bola basket.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel