Materi Sosiologi Kelas 11 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi Pelajaran Sosiologi Kelas 11 Semester 1 Kurikulum Merdeka, Materi Pelajaran Sosiologi Kelas 11 Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, selamat berjumpa di blog pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin akan menyampaikan informasi mengenai daftar susunan materi pelajaran yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Sosiologi kelas XI SMA Kurikulum Merdeka.

 


Apakah disekolah anda saat ini sudah menggunakan kurikulum merdeka?

Jika disekolah anda sudah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka dan anda sedang membutuhkan informasi mengenai materi apa saja yang nantinya akan di pelajari di mata pelajaran Sosiologi kelas 11 SMA maka di artikel ini anda bisa melihat sajian materinya secara lengkap. Seluruh materi yang akan di sajikan disini sudah merupakan materi pembelajaran yang bersumber dari buku teks pelajaran kurikulum merdeka.

 

Seperti diketahui bahwa Mata pelajaran Sosiologi merupakan salah satu cabang dari mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Siswa yang berada di jenjang SMA khususnya di kelas 11 pada pembelajaran kurikulum merdeka nantinya akan mempelajari mata pelajaran Sosiologi. Olehnya itu di kesempatan ini admin kherysuryawan akan mencoba untuk memberikan penjabaran seputar materi pelajaran yang akan di pelajari pada mata pelajaran Sosiologi di kelas 11 SMA kurikulum merdeka.

 

Mata pelajaran Sosiologi jenjang SMA berperan penting dalam membekali pengetahuan serta kecakapan sosial yang dibutuhkan peserta didik pada masa depan. Sosiologi memiliki teori yang mutakhir serta metode penelitian yang kuat. Oleh karena itu, dengan membelajarkan sosiologi sejak dini peserta didik dapat mengembangkan nalar kritisnya secara sistematis dan ilmiah melalui dua keunggulan tersebut. Lebih dari itu, pembelajaran sosiologi mendorong peserta didik mampu memosisikan diri dan berpartisipasi aktif kan dalam materi yang kami sajikan secara sistematis mulai dari kelompok sosial, permasalahan terkait kelompok sosial, konflik, hingga harmoni sosial. Berbagai aktivitas dan rubrik yang ada juga disajikan untuk menguatkan Profil Pancasila peserta didik.

 

Admin sengaja akan membagikan daftar susunan materi pelajaran Sosiologi kelas 11 SMA kurikulum merdeka ini sebagai referensi bagi para guru maupun siswa yang disekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka dan belum memiliki buku teks pelajaran Sosiologi kelas 11 kurikulum merdeka. Dengan mengetahui susunan materi yang akan di pelajarai maka pastinya akan memudahkan bagi guru dan siswa dalam mempersiapkan pembelajaran.

 

Selain admin kherysuryawan akan membagikan materi pelajaran Sosiologi kelas XI kurikulum merdeka disini admin juga sekaligus akan membagikan buku teks pelajaran Sosiologi kelas 11 kurikulum merdeka. Jadi bagi siswa maupun guru yang membutuhkan materi pelajaran Sosiologi maupun buku guru dan buku siswa Sosiologi kelas 11 kurikulum merdeka maka anda bisa mendapatkan semuanya secara lengkap melalui postingan ini.

 

Apabila disekolah anda telah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka maka pastinya materi pelajaran khususnya pada mata pelajaran Sosiologi bersumber dari buku teks pelajaran yang telah terintegrasi kurikulum merdeka. Saat ini pusat permbukuan telah mengeluarkan buku teks pelajaran kurikulum merdeka secara lengkap untuk bisa memenuhi kebutuhan belajar murid di sekolah.

 

Pada kurikulum merdeka buku teks pelajaran di bagi menjadi 2 macam yakni buku guru dan buku siswa. Dikesempatan kali ini admin kherysuryawan akan mencoba untuk berbagi informasi seputar materi pelajaran Sosiologi yang nantinya akan di pelajari di kelas 11 kurikulum merdeka. Materi yang akan admin sajikan disini sudah merupakan materi yang bersumber dari buku siswa Sosiologi kelas XI kurikulum merdeka.

 

Adapun materi Sosiologi kelas 11 SMA/SMK yang akan di tampilkan ini merupakan materi yang akan di pelajari di semester 1 hingga materi yang akan dipelajari disemester 2 kurikulum merdeka. Admin sengaja membagikan materi ini untuk bisa membantu siswa dan guru yang mungkin di sekolahnya belum menyediakan buku teks pelajaran kurikulum merdeka secara lengkap.

 

Pada mata pelajaran Sosiologi kelas 11 kurikulum merdeka ada 4 Bab yang akan di pelajari dengan rincian bab 1 hingga bab 2 akan dipelajari di semester 1 sedangkan bab 3 adan 4 kan dipelajari pada semester 2.

 

Baiklah bagi anda yang membutuhkan susunan materi pelajaran Sosiologi kelas 11 kurikulum merdeka mulai dari pembelajaran semester 1 hingga pembelajaran semester 2 maka silahkan lihat susunan materinya di bawah ini :

 

MATERI SOSIOLOGI KELAS 11 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

BAB 1 Kelompok Sosial

A. Kelompok dan Pengelompokan Sosial

B. Ragam Kelompok Sosial

C. Dinamika Kelompok Sosial

 

BAB 2 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial

A. Permasalahan Sosial Terkait Pengelompokan Sosial

B. Ragam Permasalahan Sosial Terkait Pengelompokan Sosial

C. Penelitian Berbasis Pemecahan Masalah Sosial

 

 

MATERI SOSIOLOGI KELAS 11 SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA

BAB 3 Konflik Sosial

A. Konflik Sosial

B. Penanganan Konflik untuk Menciptakan Perdamaian

C. Penelitian Berbasis Pemecahan Konflik

 

BAB 4 Membangun Harmoni Sosial

A. Prinsip-Prinsip dalam Membangun Harmoni Sosial

B. Upaya untuk Membangun Harmoni Sosial

C. Merancang Aksi untuk Membangun Harmoni Sosial

 

Seluruh materi diatas dapat anda lihat selengkapnya pada buku teks pelajaran Sosiologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka. Bagi anda yang membutuhkan file Buku teks pelajaran sosiologi kelas 11 kurmer, maka silahkan dapatkan di bawah ini :

  • Buku Guru & Siswa Sosiologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka - (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai materi pelajaran yang nantinya akan dipelajari di mata pelajaran Sosiologi kelas 11 kurikulum merdeka, semoga daftar susunan materi yang telah di sajikan tersebut dapat membantu rekan pendidikan yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel