Materi Pelajaran PPKN Kelas 11 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi Pelajaran PPKN Kelas 11 Semester 1 Kurikulum Merdeka, Materi Pelajaran PPKN Kelas 11 Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, kita ketahui Bersama bahwa mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) merupakan mata pelajaran wajib yang nantinya akan di pelajari oleh peserta didik di setiap satuan pendidikan.

 


PPKn merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter, sebagaimana yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945.

 

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) mengemban amanah untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai Pancasila setiap anak bangsa Indonesia. Sebuah amanah yang sangat mulia namun sekaligus tidak ringan. Melalui mata pelajaran PPKn ini, peserta didik diharapkan tidak hanya memahami sebuah konsep ataupun teori dan sejarah tentang Pancasila dan kewarganegaraan. Lebih dari itu, PPKn diharapkan menjadi wahana edukatif dalam mengembangkan peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air yang dijiwai oleh nilai-nilai Pancasila, Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, semangat Bhinneka Tunggal Ika, dan komitmen Negara Kesatuan Republik Indonesia. Atas dasar itulah, PPKn berorientasi pada penguatan karakter dan wawasan kebangsaan melalui pembentukan sikap mental, penanaman nilai, moral, dan budi pekerti yang menekankan harmonisasi aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan, serta menekankan pada sikap kekeluargaan dan bekerja sama pada proyek belajar kewarganegaraan

 

Saat ini sekolah telah menerapkan kurikulum merdeka yang mana sekolah di beri kebebasan secara mandiri untuk memilih salah satu dari 3 opsi implementasi kurikulum merdeka yaitu mandiri belajar, mandiri berubah dan mandiri berbagi. Dalam melakukan pembelajaran di kurikulum merdeka maka tentunya materi yang akan dipelajari juga harus sesuai dengan kurikulum yang digunakan oleh sekolah saat ini.

 

Nah, pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan memberikan informasi mengenai materi pelajaran yang akan di pelajari pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PPKN & BP) Kelas 11 Kurikulum Merdeka. Disini admin akan menguraikan dan memberikan susunan materi pelajaran PPKN Kelas 11 semester 1 kurikulum merdeka dan juga susunan materi pelajaran PPKN Kelas 11 semester 2 kurikulum merdeka.

 

Apakah disekolah anda saat ini sudah menggunakan kurikulum merdeka?

Jika disekolah anda sudah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka dan anda sedang membutuhkan informasi mengenai materi apa saja yang nantinya akan di pelajari di mata pelajaran PPKN kelas 11 SMA maka di artikel ini anda bisa melihat sajian materinya secara lengkap. Seluruh materi yang akan di sajikan disini sudah merupakan materi pembelajaran yang bersumber dari buku teks pelajaran PPKN Kelas 10 kurikulum merdeka.

 

Admin sengaja akan membagikan daftar susunan materi pelajaran PPKN kelas 11 SMA kurikulum merdeka ini sebagai referensi bagi para guru maupun siswa yang disekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka dan belum memiliki buku teks pelajaran PPKN kelas 11 kurikulum merdeka. Dengan mengetahui susunan materi yang akan di pelajarai maka pastinya akan memudahkan bagi guru dan siswa dalam mempersiapkan pembelajaran.

 

Selain admin kherysuryawan akan membagikan materi pelajaran PPKN kelas XI kurikulum merdeka disini admin juga sekaligus akan membagikan buku teks pelajaran PPKN kelas 11 kurikulum merdeka. Jadi bagi siswa maupun guru yang membutuhkan materi pelajaran PPKN maupun buku guru dan buku siswa PPKN kelas 11 kurikulum merdeka maka anda bisa mendapatkan semuanya secara lengkap melalui postingan ini.

 

Pada kurikulum merdeka buku teks pelajaran di bagi menjadi 2 macam yakni buku guru dan buku siswa. Dikesempatan kali ini admin kherysuryawan akan mencoba untuk berbagi informasi seputar materi pelajaran PPKN yang nantinya akan di pelajari di kelas 11 kurikulum merdeka. Materi yang akan admin sajikan disini sudah merupakan materi yang bersumber dari buku siswa PPKN kelas XI kurikulum merdeka.

 

Adapun materi PPKN kelas 11 SMA/SMK yang akan di tampilkan ini merupakan materi yang akan di pelajari di semester 1 hingga materi yang akan dipelajari disemester 2 kurikulum merdeka. Admin sengaja membagikan materi ini untuk bisa membantu siswa dan guru yang mungkin di sekolahnya belum menyediakan buku teks pelajaran kurikulum merdeka secara lengkap.

 

Pada mata pelajaran PPKN kelas 11 kurikulum merdeka ada 4 Bagian/Bab yang akan di pelajari dengan rincian sebagai berikut : Bagian 1 hingga Bagian 2 akan dipelajari di semester 1 sedangkan Bagian 3 dan Bagian 4 akan dipelajari pada semester 2.

 

Baiklah bagi anda yang membutuhkan susunan materi pelajaran PPKN kelas 11 kurikulum merdeka mulai dari pembelajaran semester 1 hingga pembelajaran semester 2 maka silahkan lihat susunan materinya di bawah ini :

 

MATERI PPKN KELAS 11 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

Bagian 1 Pancasila

Unit 1 Peta Pemikiran Pendiri Bangsa tentang Pancasila

Unit 2 Penerapan Pancasila dalam Kehidupan Bernegara

Unit 3 Pemetaan Peluang dan Tantangan Berpancasila di Kehidupan Global

Unit 4 Proyek Gotong Royong Kewarganegaraan

👉  RANGKUMAN MATERI BAGIAN 1 / BAB 1 LENGKAP (DISINI) 


Bagian 2 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Unit 1 Ide Pendiri Bangsa tentang Konstitusi

Unit 2 Hubungan Antarregulasi

Unit 3 Konsekuensi Pelanggaran Kesepakatan

Unit 4 Studi Kasus Pelanggaran Norma dan Regulasi

 👉  RANGKUMAN MATERI BAGIAN 2 / BAB 2 LENGKAP (DISINI)


MATERI PPKN KELAS 11 SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA

Bagian 3 Bhinneka Tunggal Ika

Unit 1 Kita dan Masyarakat Global

Unit 2 Kolaborasi Budaya

Unit 3 Interaksi Budaya Nusantara di Kancah Dunia

Unit 4 Merawat Tradisi Lokal dan Kebinekaan

Unit 5 Stereotip, Diskriminasi, dan Bullying

👉  RANGKUMAN MATERI BAGIAN 3 / BAB 3 LENGKAP (DISINI) 


Bagian 4 Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Unit 1 Sengketa Batas Wilayah Blok Ambalat antara Indonesia dan Malaysia

Unit 2 Cara-Cara Penyelesaian Sengketa Internasional secara Damai

Unit 3 Penyelesaian Sengketa Batas Wilayah Blok Ambalat

👉  RANGKUMAN MATERI BAGIAN 4 / BAB 4 LENGKAP (DISINI)


LIHAT JUGA :

  • MATERI PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 11 KURIKULUM MERDEKA - (DISINI)


Bagi anda yang membutuhkan buku teks pelajaran PPKN Kelas 11 SMA/SMK Kurikulum Merdeka, maka silahkan dapatkan filenya yang telah admin siapkan di bawah ini :

  • Buku Guru & Siswa PPKN Kelas 11 Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai materi pelajaran yang nantinya akan dipelajari di mata pelajaran PPKN kelas 11 kurikulum merdeka, semoga daftar susunan materi yang telah di sajikan tersebut dapat membantu rekan pendidikan yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel