Materi Sejarah Kelas 11 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi Pelajaran Sejarah Kelas 11 Semester 1 Kurikulum Merdeka, Materi Pelajaran Sejarah Kelas 11 Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, selamat berjumpa di blog pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin akan menyampaikan informasi mengenai daftar susunan materi pelajaran yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Sejarah kelas XI SMA Kurikulum Merdeka.

 


Apakah disekolah anda saat ini sudah menggunakan kurikulum merdeka?

Jika disekolah anda sudah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka dan anda sedang membutuhkan informasi mengenai materi apa saja yang nantinya akan di pelajari di mata pelajaran Sejarah kelas 11 SMA maka di artikel ini anda bisa melihat sajian materinya secara lengkap. Seluruh materi yang akan di sajikan disini sudah merupakan materi pembelajaran yang bersumber dari buku teks pelajaran kurikulum merdeka.

 

Seperti diketahui bahwa Mata pelajaran Sejarah merupakan salah satu cabang dari mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Siswa yang berada di jenjang SMA khususnya di kelas 11 pada pembelajaran kurikulum merdeka nantinya akan mempelajari mata pelajaran Sejarah. Olehnya itu di kesempatan ini admin kherysuryawan akan mencoba untuk memberikan penjabaran seputar materi pelajaran yang akan di pelajari pada mata pelajaran Sejarah di kelas 11 SMA kurikulum merdeka.

 

Admin sengaja akan membagikan daftar susunan materi pelajaran Sejarah kelas 11 SMA kurikulum merdeka ini sebagai referensi bagi para guru maupun siswa yang disekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka dan belum memiliki buku teks pelajaran Sejarah kelas 11 kurikulum merdeka. Dengan mengetahui susunan materi yang akan di pelajarai maka pastinya akan memudahkan bagi guru dan siswa dalam mempersiapkan pembelajaran.

 

Selain admin kherysuryawan akan membagikan materi pelajaran Sejarah kelas XI kurikulum merdeka disini admin juga sekaligus akan membagikan buku teks pelajaran Sejarah kelas 11 kurikulum merdeka. Jadi bagi siswa maupun guru yang membutuhkan materi pelajaran Sejarah maupun buku guru dan buku siswa Sejarah kelas 11 kurikulum merdeka maka anda bisa mendapatkan semuanya secara lengkap melalui postingan ini.

 

Apabila disekolah anda telah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka maka pastinya materi pelajaran khususnya pada mata pelajaran Sejarah bersumber dari buku teks pelajaran yang telah terintegrasi kurikulum merdeka. Saat ini pusat permbukuan telah mengeluarkan buku teks pelajaran kurikulum merdeka secara lengkap untuk bisa memenuhi kebutuhan belajar murid di sekolah.

 

Pada kurikulum merdeka buku teks pelajaran di bagi menjadi 2 macam yakni buku guru dan buku siswa. Dikesempatan kali ini admin kherysuryawan akan mencoba untuk berbagi informasi seputar materi pelajaran Sejarah yang nantinya akan di pelajari di kelas 11 kurikulum merdeka. Materi yang akan admin sajikan disini sudah merupakan materi yang bersumber dari buku siswa Sejarah kelas XI kurikulum merdeka.

 

Adapun materi Sejarah kelas 11 SMA/SMK yang akan di tampilkan ini merupakan materi yang akan di pelajari di semester 1 hingga materi yang akan dipelajari disemester 2 kurikulum merdeka. Admin sengaja membagikan materi ini untuk bisa membantu siswa dan guru yang mungkin di sekolahnya belum menyediakan buku teks pelajaran kurikulum merdeka secara lengkap.

 

Pada mata pelajaran Sejarah kelas 11 kurikulum merdeka ada 4 Bab yang akan di pelajari dengan rincian bab 1 hingga bab 2 akan dipelajari di semester 1 sedangkan bab 3 hingga bab 4 akan dipelajari pada semester 2.

 

Baiklah bagi anda yang membutuhkan susunan materi pelajaran Sejarah kelas 11 kurikulum merdeka mulai dari pembelajaran semester 1 hingga pembelajaran semester 2 maka silahkan lihat susunan materinya di bawah ini :

 

MATERI SEJARAH KELAS 11 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

Bab 1 Kolonialisme dan Perlawanan Bangsa Indonesia

A. Keterkaitan Sejarah antara Situasi Regional dan Global

B. Perlawanan Bangsa Indonesia Terhadap Kolonialisme

C. Dampak Penjajahan di Negara Koloni

👉  RANGKUMAN MATERI BAB 1 LENGKAP (DISINI) 


Bab 2 Pergerakan Kebangsaan Indonesia

A. Kebangkitan Bangsa Timur (Nasionalisme Asia)

B. Munculnya Embrio Kebangsaan dan Nasionalisme

C. Akhir Masa Negara Kolonial Belanda

👉  RANGKUMAN MATERI BAB 2 LENGKAP (DISINI)  


MATERI SEJARAH KELAS 11 SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA

Bab 3 Di Bawah Tirani Jepang

A. Masuknya Jepang dan Jatuhnya Hindia Belanda

B. Penjajahan Jepang dan Transformasi Pemerintahan di Indonesia

C. Dampak Penjajahan Jepang di Berbagai Bidang

D. Strategi Bangsa Indonesia Menghadapi Tirani Jepang

 

Bab 4 Proklamasi Kemerdekaan

A. Kekalahan-Kekalahan Jepang

B. Menuju Proklamasi Kemerdekaan

C. Detik-Detik Proklamasi

D. Sambutan Terhadap Proklamasi Kemerdekaan

 

Jika anda membutuhkan buku teks pelajaran sejarah kelas XI kurikulum merdeka, maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

  • Buku Guru & Siswa Sejarah Kelas 11 Kurikulum Merdeka - (DISINI) 


Demikianlah informasi mengenai materi pelajaran yang nantinya akan dipelajari di mata pelajaran Sejarah kelas 11 kurikulum merdeka, semoga daftar susunan materi yang telah di sajikan tersebut dapat membantu rekan pendidikan yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel