Materi Informatika Kelas 11 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi Pelajaran Informatika Kelas 11 Semester 1 Kurikulum Merdeka, Materi Pelajaran Informatika Kelas 11 Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Mata pelajaran Informatika merupakan mata pelajaran yang akan mulai di pelajari pada kurikulum merdeka. Meskipun mata pelajaran ini hampir mirip dengan mata pelajaran TIK namun mapel ini akan sangat berperan bagi siswa dalam kemajuan pengetahuan seputar teknologi.

 


Di era industri 4.0 dan masyarakat 5.0, Informatika merupakan salah satu disiplin ilmu yang wajib dikuasai oleh setiap orang, dan aspek praktisnya sudah diperlukan sejak usia dini. Belajar Informatika tidak berarti harus selamanya di depan komputer. Informatika adalah sebuah disiplin ilmu yang mencari pemahaman dan mengeksplorasi dunia di sekitar kita, baik natural (dunia dan alam sekitar kita) maupun artifisial (dunia maya atau dunia digital yang diciptakan manusia). Informatika juga berkaitan dengan studi, pengembangan, dan implementasi dari sistem komputer, serta pemahaman terhadap prinsip-prinsip dasar pengembangan yang didasari pada pemahaman dunia nyata dan dunia artifisial tersebut. Ilmu informatika tidak eksklusif, tetapi banyak bersinggungan dengan bidang ilmu lain karena luasnya kemungkinan eksplorasi masalah yang akan dipecahkan.

 

Apakah disekolah anda saat ini sudah menggunakan kurikulum merdeka?

Jika disekolah anda sudah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka dan anda sedang membutuhkan informasi mengenai materi apa saja yang nantinya akan di pelajari di mata pelajaran Informatika kelas 11 SMA maka di artikel ini anda bisa melihat sajian materinya secara lengkap. Seluruh materi yang akan di sajikan disini sudah merupakan materi pembelajaran yang bersumber dari buku teks pelajaran kurikulum merdeka.

 

Admin sengaja akan membagikan daftar susunan materi pelajaran Informatika kelas 11 SMA kurikulum merdeka ini sebagai referensi bagi para guru maupun siswa yang disekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka dan belum memiliki buku teks pelajaran Informatika kelas 11 kurikulum merdeka. Dengan mengetahui susunan materi yang akan di pelajarai maka pastinya akan memudahkan bagi guru dan siswa dalam mempersiapkan pembelajaran.

 

Selain admin kherysuryawan akan membagikan materi pelajaran Informatika kelas XI kurikulum merdeka disini admin juga sekaligus akan membagikan buku teks pelajaran Informatika kelas 11 kurikulum merdeka. Jadi bagi siswa maupun guru yang membutuhkan materi pelajaran Informatika maupun buku guru dan buku siswa Informatika kelas 11 kurikulum merdeka maka anda bisa mendapatkan semuanya secara lengkap melalui postingan ini.

 

Apabila disekolah anda telah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka maka pastinya materi pelajaran khususnya pada mata pelajaran Informatika bersumber dari buku teks pelajaran yang telah terintegrasi kurikulum merdeka. Saat ini pusat permbukuan telah mengeluarkan buku teks pelajaran kurikulum merdeka secara lengkap untuk bisa memenuhi kebutuhan belajar murid di sekolah.

 

Pada kurikulum merdeka buku teks pelajaran di bagi menjadi 2 macam yakni buku guru dan buku siswa. Dikesempatan kali ini admin kherysuryawan akan mencoba untuk berbagi informasi seputar materi pelajaran Informatika yang nantinya akan di pelajari di kelas 11 kurikulum merdeka. Materi yang akan admin sajikan disini sudah merupakan materi yang bersumber dari buku siswa Informatika kelas XI kurikulum merdeka.

 

Adapun materi Informatika kelas 11 SMA/SMK yang akan di tampilkan ini merupakan materi yang akan di pelajari di semester 1 hingga materi yang akan dipelajari disemester 2 kurikulum merdeka. Admin sengaja membagikan materi ini untuk bisa membantu siswa dan guru yang mungkin di sekolahnya belum menyediakan buku teks pelajaran kurikulum merdeka secara lengkap.

 

Pada mata pelajaran Informatika kelas 11 kurikulum merdeka ada 6 Bab yang akan di pelajari dengan rincian bab 1 hingga bab 3 akan dipelajari di semester 1 sedangkan bab 4 hingga bab 6 akan dipelajari pada semester 2.

 

Baiklah bagi anda yang membutuhkan susunan materi pelajaran Informatika kelas 11 kurikulum merdeka mulai dari pembelajaran semester 1 hingga pembelajaran semester 2 maka silahkan lihat susunan materinya di bawah ini :

 

MATERI INFORMATIKA KELAS 11 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

Bab 1 Tentang Informatika

👉  RANGKUMAN INFORMATIKA KELAS 11 BAB 1 (DISINI) 


Bab 2 Strategi Algoritmik dan Pemrograman

A. Proses Pemrograman

B. Berpikir Komputasional

1. Rekursi

2. Algoritma Greedy

3. Pemrograman Dinamis

C. Algoritma dan Pemrograman

1. Larik (Array)

2. Karakter dan String

D. Latihan Strategi Algoritmik dan Pemrograman Lintas Bidang

E. Proyek Praktik Lintas Bidang (PLB)

1. Penjelasan Permasalahan

2. Rational dan 0-1 Knapsack

👉  RANGKUMAN INFORMATIKA KELAS 11 BAB 2 (DISINI) 


Bab 3 Berpikir Kritis dan Dampak Sosial Informatika

A. Pengantar Berpikir Kritis

1. Dunia Sekitarku

2. Apa itu Berpikir Kritis?

3. Berpikir Kritis dan Pengambilan Keputusan

4. Elemen Berpikir, Standar Intelektual, dan Karakter Intelektual

B. Kajian Kritis Penerapan Informatika dalam Bidang Pertanian

C. Kajian Kritis Penerapan Informatika dalam Bidang Kesehatan

 👉  RANGKUMAN INFORMATIKA KELAS 11 BAB 3 (DISINI)

 

MATERI INFORMATIKA KELAS 11 SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA

Bab 4 Jaringan Komputer dan Internet

A. Pengantar

B. Topologi Jaringan

C. Model Jaringan Komputer

D. Transmisi Data

1. Packet Switching

2. Deteksi dan Perbaikan Kesalahan

3. Transmisi Digital dan Analog

 

Bab 5 Pengembangan Aplikasi Mobile dengan Library Kecerdasan Artifisial

A. Pengembangan Aplikasi Mobile dengan App Inventor

1. Desktop Apps

2. Web Apps

3. Mobile Apps

4. App Inventor

B. Pengembangan Aplikasi Kecerdasan Artifisial dengan App Inventor

 

Bab 6 Proyek Analisis Data: “Hutanku Dulu, Kini, dan yang Akan Datang”

A. Pengarahan Guru dan Observasi

1. Pengarahan Guru

2. Observasi

3. Pelaksanaan Proyek

B. Pengayaan

1. Asesmen dan Refleksi

 

Bagi anda yang membutuhkan Buku Teks Pelajaran Informatika Kelas 11 Kurikulum Merdeka, maka silahkan miliki filenya di bawah ini :

  • Buku Guru & Siswa Informatika Kelas 11 Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai materi pelajaran yang nantinya akan dipelajari di mata pelajaran Informatika kelas 11 kurikulum merdeka, semoga daftar susunan materi yang telah di sajikan tersebut dapat membantu rekan pendidikan yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel