Jawaban Post Test Modul 1 Mengenal Tahap Perkembangan Anak

Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Mengenal Tahap Perkembangan Anak pada Pelatihan Mandiri Topik Tahap Perkembangan Peserta Didik Jenjang SMP (12 – 15 Tahun).

Halo sahabat kherysuryawan, pada kesempatan ini admin akan membas tentang salah satu topik pelatihan mandiri di PMM.

 


Bagi bapak/ibu guru yang sering mengikuti Pelatihan Mandiri di PMM maka tentunya akan menghadapi yang namanya post test. Nah dalam mengikuti pelatihan mandiri maka guru nantinya akan di suguhi beberapa materi yang sesuai dengan topik pembelajaran yang di pilih, selanjutnya setelah mempelajari materi maka guru harus mengerjakan latihan pemahaman dan cerita reflektif kemudian diakhir seluruh pembelajaran guru wajib menjawab soal post test dengan benar agar bisa dinyatakan lulus dan lanjut dalam mengerjakan aksi nyata.

 

Salah satu topik pembelajaran pada pelatihan mandiri di PMM yaitu Topik dengan judul “Tahap Perkembangan Peserta Didik Jenjang SMP (12 – 15 Tahun)”. Bagi bapak/ibu guru yang sedang mengikuti pelatihan mandiri pada topik ini maka dapat memperoleh referensi pembelajarannya melalui postingan ini sebab disini admin kherysuryawan akan memberikan kunci jawaban latihan pemahaman dan kunci jawaban post test untuk semua materi yang akan di pelajari pada topik Tahap Perkembangan Peserta Didik Jenjang SMP (12 – 15 Tahun).

 

Sebagai informasi bahwa pada pelatihan mandiri di PMM khususnya pada Topik “Tahap Perkembangan Peserta Didik Jenjang SMP (12 – 15 Tahun)” akan ada 2 modul materi yang di pelajari di dalamnya, diantaranya yaitu sebagai berikut :

1.       Modul 1 “Mengenal Tahap Perkembangan Anak”

2.       Modul 2 “ Perkembangan Diri Peserta Didik Fase D”

 

Pada modul 1 akan ada 1 materi yang di pelajari, sedangkan pada modul 2 akan ad 4 materi yang di pelajari.

Nah, pada kesempatan ini admin kherysuryawan akan membantu bapak/ibu guru yang saat ini sedang mengikuti pelatihan mandiri pada topik Tahap Perkembangan Peserta Didik Jenjang SMP (12 – 15 Tahun) dengan memberikan kunci jawaban post test untuk modul yang akan di pelajari didalamnya.

 

Adapun kunci jawaban post test yang akan admin kherysuryawan bagikan dan berikan disini yaitu kunci jawaban Post Test Modul 1 “Mengenal Tahap Perkembangan Anak”. Selain kunci jawaban post test disini admin juga telah menyiapkan kunci jawaban untuk latihan pemahaman dan juga cerita reflektifnya.

 

Baiklah di bawah ini kunci jawaban latihan pemahaman dan cerita reflektif serta kunci jawaban Post Test Modul 1 “Mengenal Tahap Perkembangan Anak” pada Topik “Tahap Perkembangan Peserta Didik Jenjang SMP (12 – 15 Tahun)”.

 

Kunci Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Mengenal Tahap Perkembangan Anak

Salah satu hal yang sangat disyukuri dari menjadi pendidik adalah kesempatan untuk menyaksikan dari dekat perkembangan peserta didik, dan bisa menjadi pembimbing yang menumbuhkan.

 

Tahap perkembangan adalah capaian dan kemampuan fisik, koginitif, bahasa, sosial dan emosional anak sejak lahir hingga memasuki masa dewasa yang harus dipenuhi setiap tahapan perkembangannya agar berkembang dengan baik.

 

4 Aspek perkembangan

a.     Aspek fisik yaitu perkembangan motorik kasar dan halus meliputi berbagai aspek seperti kekuatan, koordinasi, ketangkasan dan lain-lain.

b.     Aspek kognitif yaitu perkembangan berpikir dan menalar yang meliputi kemampuan mengingat, berimajinasi, mengambil keputusan juga memecahkan masalah.

c.     Aspek bahasa yaitu kemampuan komunikasi lisan dalam mendengar dan berbicara, komunikasi tertulis dan menulis dan membaca, juga komunikasi visual dalam mempresentasikan ide dengan beragam media.

d.     Aspek sosial emosi yaitu hal-hal yang dirasa tentang diri, pemahaman dan manajemen emosi, berhubungan dengan pengasuh utama, orang lain dan kelompok.

 

Prinsip pengembangan

a. Antar aspek saling berhubungan

b. Hambatan di suatu tahap memengaruhi tahap berikutnya.

c. Setiap anak berbeda-beda perkembangannya.

 

Perkembangan anak wajar atau tidak wajar?

a. Pelajari aspek perkembangan anak.

b. lakukan pengamatan pada anak.

 

Kenapa pendidik perlu memahami tahap perkembangan?

a. Melihat anak dengan utuh.

b. Menerima keunikan anak.

c. Merespons anak sesuai kebutuhannya.

d. Mengantisipasi tantangan.

e. Ekspektasi realistis.

 

1. Berikut yang bukan merupakan aspek perkembangan peserta didik adalah...

a. Kognitif

b. Fisik

c. Kemampuan membaca

d. Sosial-Emosi

Jawaban : c. Kemampuan membaca

 

Apakah Ibu dan Bapak sudah semakin mengenal dan memahami apa itu tahap perkembangan? Mari tuliskan 3 (tiga) hal yang menggambarkan tahap perkembangan.

Jawab : Tahap perkembangan meliputi kemampuan fisik, koginitif, bahasa, sosial dan emosional.

 

 

Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Mengenal Tahap Perkembangan Anak

1. Proses pembentukan berpikir sejak lahir sampai dewasa yang meliputi kemampuan mengingat dan belajar, memecahkan masalah, dan membuat keputusan. Penjelasan di atas adalah penjelasan untuk aspek perkembangan...

A. Fisik

B. Bahasa

C. Kognitif

D. Sosial-Emosi

Jawaban : C. Kognitif

 

2. Hal-hal yang dirasa tentang diri, pemahaman dan manajemen emosi, hubungan dengan pengasuh utama, orang lain, dan kelompok. Penjelasan di atas adalah penjelasan untuk aspek perkembangan...

A. Fisik

B. Bahasa

C. Kognitif

D. Sosial-Emosi

Jawaban : D. Sosial-Emosi


SELANJUTNYA ⇘⇘

👉 Kunci Jawaban Modul 2 "Perkembangan Diri Peserta Didik Fase D" (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai Kunci Jawaban latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif pada Modul 1 “Mengenal Tahap Perkembangan Anak” pada Topik “Tahap Perkembangan Peserta Didik Jenjang SMP (12 – 15 Tahun)”. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi bagi bapak/ibu guru dalam mengikuti pelatihan mandiri di PMM khususnya pada Topik “Tahap Perkembangan Peserta Didik Jenjang SMP (12 – 15 Tahun)”.

Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel