Rangkuman PPKN Kelas 10 Unit 2 Bagian 3 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Ringkasan Materi PPKN Kelas 10 SMA/SMK Bagian 3 Unit 2 “Mengenali, Menyadari, dan Menghargai Keragaman Identitas” merupakan materi semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada postingan kali ini admin akan menyajikan informasi seputar materi pelajaran PPKN kelas 10 semester 2 yaitu materi yang ada pada Bagian 3 Unit 2 tentang “Mengenali, Menyadari, dan Menghargai Keragaman Identitas”.

 


Admin kherysuryawan sengaja membuat materi ini dalam bentuk ringkasan/rangkuman dengan harapan agar bisa memudahkan bagi guru dan siswa yang akan menggunakannya sebagai referensi dalam belajar. Dengan mempelajari materi yang telah di ringkas pastinya akan lebih memudahkan bagi pelajar dalam menggunakannya sebagai bahan belajar sebab materi yang telah di ringkas merupakan materi inti atau materi yang penting.

 

Sebagai informasi bahwa hasil ringkasan materi PPKN kelas 10 Bagian 3 Unit 2 “Mengenali, Menyadari, dan Menghargai Keragaman Identitas” yang telah admin kherysuryawan buat ini merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran PPKN kelas 10 SMA/SMK kurikulum merdeka.

 

Ada beberapa unit materi yang akan di pelajari di mata pelajaran PPKN kelas 10 di bagian 3 semester 2 kurikulum merdeka, diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Unit 1 Mengidentiikasi Identitas Individu dan Identitas Kelompok
  • Unit 2 Mengenali, Menyadari, dan Menghargai Keragaman Identitas
  • Unit 3 Kolaborasi Antarbudaya di Indonesia
  • Unit 4 Pertukaran Budaya di Pentas Global
  • Unit 5 Belajar dari Kekayaan Tradisi

 

Pada kesempatan ini admin hanya akan fokus untuk memberikan ringkasan pada materi yang ada di Unit 2 “Mengenali, Menyadari, dan Menghargai Keragaman Identitas”.

Adapun tujuan pembelajaran dari materi ini yaitu sebagai berikut :

Tujuan Pembelajaran :

Melalui pembahasan ini, peserta didik diharapkan dapat mengenali dan membangun kesadaran bahwa ada keragaman identitas yang kita miliki sebagai sebuah bangsa. Pembelajaran Unit 2 ini juga ditujukan agar peserta didik dapat menunjukkan peng hargaannya terhadap keragaman budaya, baik yang ada di Indonesia maupun dunia.

 

Baiklah untuk melihat hasil ringkasan/rangkuman materi PPKN Kelas 10 SMA/SMK Unit 2 “Mengenali, Menyadari, dan Menghargai Keragaman Identitas” yang terdapat pada bagian 3 semester 2 kurikulum merdeka, maka di bawah ini sajian materinya :

 

Unit 2 Mengenali, Menyadari, dan Menghargai Keragaman Identitas

Mengenali dan Menyadari Keragaman Identitas

Sebagai makhluk sosial, ciri yang melekat pada manusia adalah keinginan untuk melakukan interaksi satu dengan lainnya. Interaksi sendiri berarti hubungan timbal balik yang dilakukan baik antarindividu, antarkelompok maupun individu dengan kelompok. Dalam interaksi, ada proses mempengaruhi tindakan kelompok atau in dividu melalui sikap, aktivitas atau simbol tertentu. Orang akan mengenali yang lain melalui proses interaksi tersebut.

 

Masing-masing orang memiliki nilai serta pandangan yang menjadi identitasnya. Terhadap pandangan yang tidak sama itu, kemampuan untuk bernegosiasi sangatlah penting. Satu anggota kelompok dengan anggota lainnya, mencari titik temu agar ada satu identitas yang disepakati sebagai jati diri kelompok.

 

Di dunia ini, ada beragam identitas. Baik identitas individu maupun kelompok. Identitas yang tercipta secara alamiah atau dibentuk secara sosial. Ke ragaman merupakan hukum alam yang harus disadari dan diterima oleh siapapun. Bangsa Indonesia sedari awal telah menyadari akan hal ini. Kita hidup dalam ke ragaman, tetapi ingin tetap berada dalam payung yang bisa mengayomi kebinekaan itu. Inilah hakikat dari semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”.

 

Menghargai keragaman adalah salah satu bentuk ketaatan kita pada hukum alam. Tuhan telah menciptakan manusia dengan segala keragaman identitas yang melekat padanya. Menyadari dan menghormati keragaman, tak hanya sebagai cara mengenali sesama tetapi juga memuliakan ciptaan-Nya.

 

Menghargai Keragaman Identitas

Kita mengenal nenek moyang nusantara sebagai pelaut yang ulung. Tinggal di negara kepulauan, para pelaut nusantara melakukan ekspedisi yang sangat luar biasa panjang. Mereka tak hanya berlayar antarpulau di wilayah nusantara saja, tetapi melakukan perjalanan yang sangat jauh hingga wilayah Afrika.

Pada apa yang dilakukan oleh nenek moyang pelaut kita itu, tercipta sebu ah bangunan identitas khas pada masyarakat Afrika.

 

Pada setiap perjalanan, seseorang akan bersua dengan perbedaan-perbedaan. Ketidaksamaan itu mewujud dalam tampilan isik atau bahasa yang dituturkan. Pada bahasa yang sama sekalipun, ada dialek yang berlainan. Sehingga tetap ada keragaman dalam sebuah identitas yang pada awalnya kita yakini ada. Begitu juga dalam hal keyakinan atau ajaran agama, sudah pasti ada ketidaksamaan.

 

Pembentukan identitas baru yang tercipta dari persilangan berbagai identitas. Pada setiap identitas yang melekat, ada keragaman di sana. Pemben tukan itu terjadi melalui proses perjumpaan budaya yang melintasi batas-batas geograis yang sangat mungkin tercipta, karena dunia yang kita huni, sesung guhnya saling terhubung.

 

Kebanggaan atas jati diri yang kita miliki, tidak lantas membuat kita harus menganggap rendah identitas bangsa lain. Masing-masing kebudayaan memi liki kekhasan atau keunikannya masing-masing. Kita tentu berhak untuk me rasa bangga atas apa yang dimiliki. Rasa hormat atas identitas sebagai sebuah bangsa yang memiliki peradaban adiluhung misalnya, adalah sikap yang wajar dimiliki. Namun, bersamaan dengan sikap bangga terhadap kebudayaan yang kita miliki, harus juga ditunjukkan penghormatan atas budaya bangsa lain.

 

MATERI INTI :

a.     Sebagai mahluk sosial, manusia melakukan interaksi dengan yang lain baik di lakukan oleh individu maupun antarkelompok. Pada aktivitas itu, ada proses mempengaruhi yang dilakukan baik melalui sikap, aktivitas maupun simbol ter tentu. Interaksi inilah yang membuat orang mengenali yang lain.

b.     Proses mengenali yang lain berarti mengetahui secara interaktif bagaimana iden titas atau jati diri kelompok tersebut. Identitas kelompok yang tercipta, menda patkan pengaruh dari mereka yang menjadi anggotanya. Identitas sebuah grup merupakan hasil dari rumusan dan kesepakatan yang diharapkan bisa menjadi media bagi kelompok lain ketika hendak mengenalinya.

c.     Indonesia adalah negara yang memiliki dua identitas sekaligus; primordial dan nasional. Jika dalam identitas primordial kita melihat banyak sekali jati diri, tidak demikian halnya dengan identitas nasional. Dalam jati diri kita yang bersifat na sional itu, kita bersama-sama memiliki satu warna, satu identitas. Dengan begitu, keunikan Indonesia terletak pada keragaman sekaligus kesatuannya. Keragaman pada identitas kita yang bersifat primordial sementara kesatuan dan persatuan terletak pada jati diri kita yang bersifat nasional.

d.     Pada setiap perjalanan yang dilakukan oleh siapapun (individu maupun kelom pok), mereka akan berjumpa perbedaan-perbedaan. Perjumpaan antara kebuda yaan yang berbeda, kemudian mengharuskan adanya kesepakatan tentang bagai mana interaksi dibangun di antara mereka.

e.     Dalam perbedaan-perbedaan yang dijumpai tersebut, perlu sikap yang lebih dari sekadar mengenali dan menyadari, yakni menghargai tradisi yang lain.

f.      Meski kita memiliki kebanggaan atas jati diri yang kita miliki, sikap tersebut ti dak lantas merendahkan identitas bangsa lain. Rasa hormat atas identitas sebagai sebuah bangsa yang memiliki peradaban luhur adalah sikap yang wajar dimiliki. Namun, bersamaan dengan sikap bangga terhadap kebudayaan yang kita miliki, harus juga ditunjukkan penghormatan atas budaya bangsa lain.


Untuk melihat sajian materi hasil rangkuman pada Unit lainnya , maka silahkan lihat melalui judul di bawah ini :

👉👉 Materi & Rangkuman PPKN Kelas 10 SMA/SMK Lengkap Semua Unit Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan sampaikan mengenai rangkuman/ringkasan materi PPKN kelas 10 Unit 2 “Mengenali, Menyadari, dan Menghargai Keragaman Identitas”. Semoga sajian materi hasil ringkasan ini bermanfaat bagi sahabat pendidikan dimanapun berada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel