Modul Ajar Indikator Instrukri Pembelajaran Untuk PMM

Kherysuryawan.id – Modul Ajar/RPP Terintegrasi Instruksi Pembelajaran Untuk Kelengkapan Dokumen Pada Pengelolaan Kinerja di PMM.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, apakah anda seorang guru yang sedang mencari contoh Modul Ajar atau RPP yang telah sesuai dengan indikator Instruksi Pembelajaran sebagai pelengkap dokumen di PMM ? jika ya, maka anda sangat tepat mengunjungi website pendidikan ini sebab disini admin kherysuryawan akan memberikan contohnya kepada anda yang membutuhkannya.

 

Seperti kita ketahui bersama bahwasannya saat ini untuk bisa mendapatkan SKP atau sasaran kerja pegawai maka setiap guru di wajibkan untuk membuat Rencana Hasil Kerja (RHK) di aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM). Melalui PMM guru akan memilih jenis RHK yang akan di lakukan dan di prioritaskan sesuai dengan periode masa penilaian kinerja.

 

Sebagai informasi bahwa dalam melakukan pengelolaan kinerja guru maka akan ada beberapa tahapan yang harus di lakukan dan salah satunya ialah melaksanakan perencanaan observasi pembelajaran bersama dengan atasan atau dalam hal ini adalah antara guru dan kepala sekolah.

 

Pada tahap perencanaan observasi pembelajaran, guru harus memilih salah satu dari 8 indikator observasi pembelajaran. Adapun ke 8 indikatotor tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1.       Penerapan Disiplin Positif

2.       Keteraturan Suasana Kelas

3.       Umpan balik konstruktif

4.       Perhatian dan kepedulian

5.       Ekspektasi pada peserta didik

6.       Aktivitas interaktif

7.       Instruksi yang Adaptif

8.       Instruksi pembelajaran

 

Dalam melakukan pengelolaan kinerja maka nantinya guru di haruskan mengupload 3 Jenis dokumen pada Pengelolaan Kinerja. Dokumen tersebut mencakup :

1. Dokumen RPP / Modul Ajar

2. Bukti Dukung Pengembangan Kompetensi

3. Bukti Dukung Tugas Tambahan

 

Nah, pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan membahas tentang modul ajar yang menjadi salah satu dokumen yang harus di upload pada perencanaan observasi pembelajaran. Disini admin telah menyiapkan contoh modul ajar yang telah terintegrasi dengan salah satu indikator yang ada dalam perencanaan observasi pembelajaran.

 

Apabila bapak/ibu guru pada saat melakukan perencanaan observasi pembelajaran akan fokus pada indikator Instruksi Pembelajaran, maka bapak ibu guru harus menyiapkan modul ajar atau RPP yang sesuai dengan fokus perkembangan perilaku yang ingin di capai oleh peserta didik yaitu tentunya perilaku yang berhubungan dengan Instruksi Pembelajaran.

 

Nah, disini admin kherysuryawan telah menyiapkan contoh Modul Ajar/RPP yang telah terintegrasi pada indikator Instruksi Pembelajaran Untuk Kelengkapan Dokumen Pada Pengelolaan Kinerja di PMM.

Pada penerapan Instruksi Pembelajaran ada 3 fokus perilaku yang yang nantinya akan di observasi, diantaranya yaitu :

 

Fokus Perilaku 1 : Guru memberikan penjelasan yang mudah sesuai pemahaman awal peserta didik

Guru menampilkan visualisasi atau ilustrasi yang memudahkan pemahaman peserta didik:

Misalnya, jika guru sedang mengajar tentang sistem tata surya, guru dapat menggunakan gambar atau model tata surya untuk membantu visualisasi. Guru mungkin juga memutar video animasi yang menunjukkan pergerakan planet dalam tata surya. Visualisasi ini membantu peserta didik memahami konsep dengan lebih baik daripada hanya menggunakan teks atau penjelasan verbal.

 

Guru menjelaskan konsep yang sulit dengan bahasa yang mudah dipahami:

Misalnya, jika guru menjelaskan konsep matematika yang kompleks seperti integral, guru dapat menggunakan contoh yang relevan dengan kehidupan sehari-hari dan bahasa yang sederhana. Guru bisa berkata, "Integral adalah cara kita menghitung luas di bawah kurva. Ini seperti kita menghitung luas sebuah taman dengan menghitung jumlah rumput di dalamnya."

 

Guru menjelaskan konsep disesuaikan hasil asesmen awal:

Misalnya, jika hasil asesmen awal menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik memiliki kesulitan dalam memahami konsep fisika tentang gaya, guru dapat menyesuaikan penjelasannya. Guru mungkin memulai dengan contoh konkret tentang bagaimana gaya bekerja dalam kehidupan sehari-hari, seperti mendorong atau menarik benda-benda di sekitar mereka, sebelum memperkenalkan konsep-konsep yang lebih abstrak.

 

Fokus Perilaku 2 : Guru memberikan contoh kontekstual dan relevan dengan keseharian peserta didik

Guru menjelaskan konsep disertai dengan contoh yang familiar dengan kehidupan peserta didik:

Misalnya, jika guru mengajar tentang prinsip ekonomi penawaran dan permintaan, guru dapat menggunakan contoh yang akrab dengan kehidupan sehari-hari. Guru mungkin menjelaskan bagaimana harga barang tertentu naik atau turun berdasarkan ketersediaan dan permintaan, dan memberikan contoh nyata seperti harga tiket konser yang meningkat saat permintaan tinggi.

 

Guru menjelaskan konsep dikaitkan dengan isu atau topik sehari-hari yang relevan bagi peserta didik: Misalnya, jika guru mengajar tentang dampak perubahan iklim, guru dapat mengaitkan konsep ini dengan isu-isu lingkungan yang relevan bagi peserta didik, seperti polusi udara di kota mereka atau perubahan suhu yang terjadi di musim-musim tertentu. Guru mungkin membahas bagaimana perubahan iklim memengaruhi kehidupan sehari-hari mereka dan mengapa penting untuk bertindak.

 

Guru memberi kesempatan pada peserta didik berbagi pengalaman yang relevan:

Misalnya, setelah menjelaskan konsep tentang keberagaman budaya, guru dapat memberi kesempatan pada peserta didik untuk berbagi pengalaman mereka sendiri tentang interaksi dengan budaya-budaya yang berbeda. Peserta didik dapat berbicara tentang kunjungan mereka ke tempat wisata yang berbeda atau pengalaman mereka dengan teman-teman dari latar belakang budaya yang beragam.

 

Fokus Perilaku 3 : Guru menyampaikan penjelasan secara terstruktur dan logis

Guru menjelaskan konsep secara runtut dari tujuan, konsep inti, dan kesimpulan:

Misalnya, jika guru mengajar tentang teori evolusi, guru akan memulai dengan menjelaskan tujuan pembelajaran, seperti "Hari ini, kita akan memahami konsep dasar tentang bagaimana spesies berevolusi dari waktu ke waktu." Kemudian guru akan menjelaskan konsep inti teori evolusi, seperti seleksi alam atau adaptasi. Akhirnya, guru akan menyimpulkan pelajaran dengan merangkum poin-poin penting yang telah dibahas dan mengaitkannya kembali ke tujuan pembelajaran.

 

Guru menjelaskan materi baru dihubungkan dengan materi sebelumnya:

Misalnya, jika guru mengajar tentang pembagian pecahan, guru akan menghubungkannya dengan pengetahuan sebelumnya tentang bilangan bulat dan operasi aritmatika dasar. Guru mungkin akan mengingatkan peserta didik tentang bagaimana mereka belajar tentang penjumlahan dan pengurangan, dan kemudian menjelaskan bagaimana pembagian pecahan merupakan ekstensi dari konsep-konsep tersebut.

 

Nah, jika bapak ibu memilih indikator Instruksi Pembelajaran pada saat melakukan observasi praktik pembelajaran maka modul ajar yang harus dibuat juga telah termuat fokus perilaku yang ingin di lakukan.

 

Pada contoh modul ajar yang akan admin bagikan disini didalamnya telah memuat fokus perilaku yang ingin di lakukan saat melakukan observasi pembelajaran khususnya pada indikator penerapan Instruksi Pembelajaran. Modul ajar yang akan di bagikan ini kiranya bisa menjadi referensi bagi bapak/ibu guru yang ingin membuat modul ajar untuk keperluan di PMM.

 

Bagi bapak/ibu guru yang dalam persiapan observasi penilaian kinerja di PMM memilih indikator penerapan Instruksi Pembelajaran dan sedang membutuhkan RPP atau modul ajar yang telah terintegrasi dengan penerapan Instruksi Pembelajaran maka bisa melihat contoh sajian modul ajar yang akan di bagikan pada artikel ini.

 

Baiklah di bawah ini sajian file contoh Modul Ajar/RPP yang telah terintegrasi dengan penerapan Instruksi Pembelajaran Untuk Kelengkapan Dokumen Pada Pengelolaan Kinerja di PMM.

 

  • Modul Ajar/RPP Terintegrasi Instruksi Pembelajaran Untuk Kelengkapan Dokumen Observasi Pembelajaran di PMM - (DISINI)
  • Kumpulan Laporan Bukti Dukung di PMM - (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai contoh modul ajar untuk observasi praktik pembelajaran pada pengelolaan kinerja di PMM. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi bapak/ibu guru yang ingin membuat RPP atau Modul Ajar untuk di upload di PMM pada kegiatan observasi praktik pembelajaran.

Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel