Modul Ajar Indikator Instruksi yang Adaptif Untuk PMM

Kherysuryawan.id – Modul Ajar/RPP Terintegrasi Instruksi yang Adaptif Untuk Kelengkapan Dokumen Pada Pengelolaan Kinerja di PMM.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, apakah anda seorang guru yang sedang mencari contoh Modul Ajar atau RPP yang telah sesuai dengan indikator Instruksi yang Adaptif sebagai pelengkap dokumen di PMM ? jika ya, maka anda sangat tepat mengunjungi website pendidikan ini sebab disini admin kherysuryawan akan memberikan contohnya kepada anda yang membutuhkannya.

 

Seperti kita ketahui bersama bahwasannya saat ini untuk bisa mendapatkan SKP atau sasaran kerja pegawai maka setiap guru di wajibkan untuk membuat Rencana Hasil Kerja (RHK) di aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM). Melalui PMM guru akan memilih jenis RHK yang akan di lakukan dan di prioritaskan sesuai dengan periode masa penilaian kinerja.

 

Sebagai informasi bahwa dalam melakukan pengelolaan kinerja guru maka akan ada beberapa tahapan yang harus di lakukan dan salah satunya ialah melaksanakan perencanaan observasi pembelajaran bersama dengan atasan atau dalam hal ini adalah antara guru dan kepala sekolah.

 

Pada tahap perencanaan observasi pembelajaran, guru harus memilih salah satu dari 8 indikator observasi pembelajaran. Adapun ke 8 indikatotor tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1.       Penerapan Disiplin Positif

2.       Keteraturan Suasana Kelas

3.       Umpan balik konstruktif

4.       Perhatian dan kepedulian

5.       Ekspektasi pada peserta didik

6.       Aktivitas interaktif

7.       Instruksi yang adaptif

8.       Indtruksi pembelajaran

 

Dalam melakukan pengelolaan kinerja maka nantinya guru di haruskan mengupload 3 Jenis dokumen pada Pengelolaan Kinerja. Dokumen tersebut mencakup :

1. Dokumen RPP / Modul Ajar

2. Bukti Dukung Pengembangan Kompetensi

3. Bukti Dukung Tugas Tambahan

 

Nah, pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan membahas tentang modul ajar yang menjadi salah satu dokumen yang harus di upload pada perencanaan observasi pembelajaran. Disini admin telah menyiapkan contoh modul ajar yang telah terintegrasi dengan salah satu indikator yang ada dalam perencanaan observasi pembelajaran.

 

Apabila bapak/ibu guru pada saat melakukan perencanaan observasi pembelajaran akan fokus pada indikator Instruksi yang Adaptif, maka bapak ibu guru harus menyiapkan modul ajar atau RPP yang sesuai dengan fokus perkembangan perilaku yang ingin di capai oleh peserta didik yaitu tentunya perilaku yang berhubungan dengan Instruksi yang Adaptif.

 

Nah, disini admin kherysuryawan telah menyiapkan contoh Modul Ajar/RPP yang telah terintegrasi pada indikator Instruksi yang Adaptif Untuk Kelengkapan Dokumen Pada Pengelolaan Kinerja di PMM.

Pada penerapan Instruksi yang Adaptif ada 3 fokus perilaku yang yang nantinya akan di observasi, diantaranya yaitu :

 

Fokus Perilaku 1 : Guru melakukan strategi pembelajaran yang responsif terhadap peserta didik

  • Guru memulai pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan untuk memahami pemahaman awal peserta didik:
  • Guru melakukan penyesuaian pembelajaran sesuai respon dari peserta didik:
  • Guru melakukan penyesuaian penjelasan agar lebih relevan dan dipahami peserta didik:

 

Fokus Perilaku 2 : Guru melakukan penyesuaian pembelajaran mengacu kondisi, kebutuhan, dan karakteristik peserta didik

  • Guru menggunakan strategi pembelajaran berdasarkan hasil asesmen awal/diagnosis:
  • Guru melakukan diferensiasi pembelajaran dengan setidaknya dua metode yang berbeda:
  • Guru menyediakan dukungan belajar bagi peserta didik yang membutuhkan:

 

Fokus Perilaku 3 : Guru merefleksikan praktik pembelajaran yang melibatkan peserta didik

  • Guru mengkomunikasikan analisis terhadap hasil asesmen formatif:
  • Guru mengkomunikasikan hasil survei umpan balik terhadap praktik pembelajaran:
  • Guru memandu diskusi refleksi untuk menilai efektivitas praktik pembelajaran:

 

Nah, jika bapak ibu memilih indikator Instruksi yang Adaptif pada saat melakukan observasi praktik pembelajaran maka modul ajar yang harus dibuat juga telah termuat fokus perilaku yang ingin di lakukan.

 

Pada contoh modul ajar yang akan admin bagikan disini didalamnya telah memuat fokus perilaku yang ingin di lakukan saat melakukan observasi pembelajaran khususnya pada indikator penerapan Instruksi yang Adaptif. Modul ajar yang akan di bagikan ini kiranya bisa menjadi referensi bagi bapak/ibu guru yang ingin membuat modul ajar untuk keperluan di PMM.

 

Bagi bapak/ibu guru yang dalam persiapan observasi penilaian kinerja di PMM memilih indikator penerapan Instruksi yang Adaptif dan sedang membutuhkan RPP atau modul ajar yang telah terintegrasi dengan penerapan Instruksi yang Adaptif maka bisa melihat contoh sajian modul ajar yang akan di bagikan pada artikel ini.

 

Baiklah di bawah ini sajian file contoh Modul Ajar/RPP yang telah terintegrasi dengan penerapan Instruksi yang Adaptif Untuk Kelengkapan Dokumen Pada Pengelolaan Kinerja di PMM.

 

  • Modul Ajar/RPP Terintegrasi Instruksi yang Adaptif Untuk Kelengkapan Dokumen Observasi Pembelajaran di PMM - (DISINI)
  • Kumpulan Laporan Bukti Dukung di PMM - (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai contoh modul ajar untuk observasi praktik pembelajaran pada pengelolaan kinerja di PMM. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi bapak/ibu guru yang ingin membuat RPP atau Modul Ajar untuk di upload di PMM pada kegiatan observasi praktik pembelajaran.

Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel