-->

Contoh Laporan Belajar Dirumah Secara Daring


kherysuryawan.id-Laporan kegiatan pembelajaran di rumah secara online/daring dengan menggunakan aplikasi mesenger,Whatsapp, atau aplikasi pembelajaran lainnya.
Seperti yang kita ketahui saat ini, bahwa semua sekolah yang ada di seluruh indonesia melakukan proses pembelajaran dari sistem tatap muka yang biasanya di lakukan di sekolah di alihkan menjadi model pembelajaran daring atau secara online dengan menggunakan jaringan internet.
Hal tersebut dilakukan agar para peserta didik masih dapat menikmati pembelajaran dari guru-guru mereka seperti ketika mereka berada di sekolah sehingga mereka masih tetap memiliki kesempatan untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Memang dengan sistem pembelajaran yang berbasis online atau secara daring memiliki banyak perbedaan di bandingkan dengan belajar secara tatap muka di sekolah, namun hal tersebut dilakukan agar proses pendidikan masih tetap berjalan seperti biasanya.

Dengan adanya proses pembelajaran secara daring, maka tentunya guru harus membuat sebuah laporan sebagai bentuk pertanggung jawaban dalam melakukan tugas mengajarnya yaitu mengajar secara daring. Untuk kegiatan pembelajaran secara daring sebenarnya ada beberapa aplikasi yang bisa dimanfaatkan agar siswa dan guru masih tetap bisa terhubung sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan lancar.

Beberapa aplikasi yang bisa di manfaatkan selama melakukan pembelajaran daring yaitu dengan menggunakan whatssapp, mesenger, cisco webex, Zoom, dan masih banyak yang lainnya. Selain itu siswa juga bisa di arahkan untuk bisa belajar atau mencari materi pelajaran secara online melalui situs rumah belajar, ruang guru dan situs-situs pembelajaran lainnya yang sudah di sarankan oleh kemendikbud. Selain itu untuk siswa yang tidak bisa belajar dengan menggunakan sistem online maka dapat di arahkan untuk belajar melalui televisi TVRI atau belajar melalui buku paket yang telah di bagikan oleh sekolah masing-masing.

Pada kesempatan kali ini dan melalui postingan ini saya akan memberikan salah satu contoh format laporan pembelajaran daring atau belajar dari rumah yang dapat di jadikan sebagai bahan rujukan oleh guru yang membutuhkan contoh laporan pembelajaran daring atau pembelajaran sistem jarak jauh (dari rumah masing-masing). Laporan pembelajaran daring ini dapat menjadi konsep bagi bapak dan ibu guru yang membutuhkan laporan pembelajaran daring.

Biasanya guru-guru akan dimintai laporan selama melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah yaitu dalam bentuk laporan yang di lengkapi dengan bukti fisik yaitu berupa foto atau video kagiatan belajar mengajar antara guru dan siswa. Untuk bukti fisik dalam bentuk foto atau video maka dapat disimpan sebagai lampiran yang di letakkan pada bagian belakang atau bagian akhir dari sebuah laporan sehingga guru wajib melakukan foto sebagai bukti telah melakukan pembelajaran daring. Foto yang dimaksud dapat di buat dalam bentuk screenshoot yang nantinya disimpan dalam sebuah file dan nantinya di satukan dalam laporan pembelajaran daring.

Baiklah bagi bapak ibu guru yang membutuhkan contoh bentuk laporan pembelajaran dari rumah secara daring maka di bawah ini saya telah menyediakan jenis contoh laporan belajar secara daring. Adapun item yang di jelaskan dalam laporan yaitu meliputi kata pengantar, hasil pembelajaran daring (meliputi peran kepala sekolah, peran guru, peran siswa dan peran orang tua siswa), permasalahan dan kendala yang di hadapi selama melakukan pembelajaran daring, kesimpulan dan terakhir adalah lampiran yaitu bukti fisik dalam bentuk foto atau video.

Untuk lebih jelasnya, maka berikut ini contoh laporan pembelajaran daring yang dapat saya berikan kepada anda yang membutuhkannya.

PENGANTAR

Saat ini di Indonesia sedang mengalami dampak dari penyebaran virus mematikan  yang mengakibatkan banyak warga Indonesia yang sakit akibat terpapar virus tersebut bahkan tidak cukup sampai disitu, dampak dari virus tersebut bahkan mengakibatkan adanya beberapa warga yang telah meninggal akibat terserang virus yang sangat berbahaya ini. Hingga saat ini korban yang meninggal dunia, di negara Indonesia akibat terserang virus tersebut telah mencapai ribuan orang. Dari kejadian tersebut pemerintah telah mengambil tindakan yang bertujuan memutus rantai penyebaran virus dengan menghimbau masyarakat untuk bisa menjaga kesehatan dengan rajin berolahraga ,mandi minimal 2 kali sehari ,rajin mencuci tangan dengan sabun baik sebelum dan sesudah makan atau setelah menyentuh uang  dan yang paling penting adalah makan makanan yang bergizi agar system imun tubuh tetap kuat,badan tetap sehat  dan tidak mudah  terserang virus. selain itu pemeritah juga menghimbau agar warga tetap berada di rumah,jaga jarak agar tidak tertular,tidak menulari dan tetap sehat. Hal ini menyebabkan segala aktivitas dikerjakan dari rumah mulai dari belajar, bekerja dan beribadah dengan tujuan bisa memutus mata rantai penyebaran virus yang sangat berbahaya ini. Virus merupakan parasit  yang paling kecil dengan ukuran 0.02 – 0,3 mm, virus hanya dapat hidup dan memperbanyak diri didalam tubuh hewan yang hidup sehingga diharapkan menjaga diri agar tidak terpapar oleh virus  yang telah mengakibatkan jatuhnya banyak  korban jiwa.

Dengan adanya kasus tersebut dunia Pendidikan pun menjadi salah satu yang harus mengantisipasi agar seluruh warga sekolah tidak terkena wabah tersebut,  kementerian Pendidikan mengeluarkan himbauan agar proses pembelajaran di sekolah untuk sementara di alihkan dari pembelajaran tatap muka menjadi pembalajaran secara daring yang dapat dilakukan di rumah. Hal tersebut menjadi salah satu alternative yang dapat menyelamatkan jutaan warga negara Indonesia dalam hal ini guru dan anak sekolah dari wabah tersebut.karena anak sekolah adalah generasi penerus bangsa yang diharapkan mampu tetap bertahan dari wabah yang sudah menjangkiti ribuan manusia didunia.Dengan tujuan menyelamatkan generasi penerus bangsa maka tetap berada dirumah adalah alternative atau cara yang paling baik untuk mencapai tujuan tersebut ,hal inilah yang membuat pemerintah mengambil kebijakan untuk belajar dirumah untuk sementara sampai kondisi dapat membaik.

Dengan mengikuti anjuran pemerintah dalam hal ini Menteri Pendidikan untuk melaksanakan pembelajaran dari rumah maka SMPN ………. melaksanakan pembelajaran daring yang dilakukan sesuai dengan jadwal pembelajaran disekolah yaitu dari hari senin sampai sabtu dimulai pada pukul 07.15 pagi sampai dengan pukul 13.00 dan jika bertepatan dengan hari raya maka pembelajaran daring juga tidak dilaksanakan. Pembelajaran daring yang dilaksanakan  ini diharapkan mampu memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa sehingga meskipun dirumah masing -masing mereka juga tetap belajar seperti biasanya.
                                   

                                 HASIL PEMBELAJARAN DARING

Pembelajaran daring dimulai pada tanggal ….. maret dan berakhir pada tanggal  ….. maret namun karena kondisi belum memungkinkan untuk melaksanakan proses pembelajaran disekolah maka pembelajaran daring kembali dilanjutkan ….. hari lagi sehingga berakhir pada tanggal …
Berikut adalah uraian kegiatan pembelajaran daring yang dilaksanakan oleh guru, siswa serta melibatkan orang tua dari masing – masing siswa.

-          PERAN KEPALA SEKOLAH

Kepala sekolah memberikan arahan kepada guru – guru untuk melaksanakan proses pembelajaran daring  dan menghimbau agar menyertakan bukti pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui dokumentasi hasil kegiatan belajar , Selain itu kepala sekolah juga selalu memonitoring pelaksanaan daring yang dilakukan oleh guru kepada peserta didik.

-          KEGIATAN GURU

Guru memberikan arahan pembelajaran daring melalui aplikasi messenger ,hal ini dilakukan agar siswa bisa tetap mengikuti pembelajaran meskipun tidak memiliki kuota internet ,selain aplikasi messenger guru juga memberikan panduan kepada siswa agar dapat mengakses ruang guru sehingga siswa dapat melaksanakan pembelajaran secara mandiri melalui aplikasi ruang guru dalam hal ini guru menyampaikan materi apa yang akan dipelajari sehingga pada proses pembelajaran daring ini siswa juga dapat belajar secara aktif,kreatif,mandiri dan inovatif
Guru memberikan tugas melalui aplikasi messenger dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada yang kurang dipahami.
Guru memantau hasil belajar siswa dari hasil jawaban atas tugas yang diberikan serta memantau keaktifan siswa pada proses pembelajaran melalui tanggapan siswa selama proses pembelajaran daring berlangsung .

-          KEGIATAN SISWA

Melaksanakan arahan guru saat proses pembelajaan daring sedang berlangsung sehingga meskipun tetap berada dirumah namun proses belajar siswa tetap terlaksana dengan baik ,sehingga siswa mendapatkan nilai dan memahami pembelajaran yang dipelajari pada proses belajar daring

-          PERAN ORANG TUA SISWA
Orang tua berperan untuk mengawasi anaknya agar tetap berada dirumah dan mengikuti proses belajar daring selain itu orang tua juga dapat memantau perkembangan belajar siswa karena belajar dilaksanakan dirumah.

Kegiatan pembelajaran daring membutuhkan kerja sama antara guru ,siswa dan juga orang tua siswa sehingga proses pembelajaran dapat berhasil selain itu dengan belajar dirumah diharapkan mampu memutus rantai penyebaran virus tersebut.

PERMASALAHAN DAN KENDALA

Selama proses pembelajaran daring berlangsung masih ada kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa sehingga hasil yang diperoleh kurang maksimal beberapa diantaranya adalah :

1.   Tidak semua siswa memiliki hp android sehingga mereka tidak memiliki alat komunikasi untuk melaksanakan pembelajaran daring.
2.   Terkadang ada sebagian siswa yang tidak mengumpulkan hasil pekerjaannya dalam bentuk jawaban dari setiap soal yang di berikan.
3.    Saat pembelajaran sedang berlangsung tiba- tiba jaringan internet hilang  hal ini menyebabkan proses belajar menjadi terganggu apalagi bila pembelajaran saat itu adalah sesi diskusi atau tanya jawab .
4.   Masih ada orang tua siswa yang belum memahami proses belajar daring dan menganggap siswa diliburkan sehingga tidak memantau perkembangan belajar siswa serta tidak mengawasi siswa agar tetap berada dirumah
5.   Orang tua siswa belum sepenuhnya memahami maksud dan tujuan dari pemerintah untuk memindahkan proses belajar siswa kerumah masing – masing sehingga orang tua memberikan tugas bagi anaknya pada saat anaknya sedang belajar dirumah dan hal ini dapat menyebabkan proses belajar anak menjadi terganggu.


KESIMPULAN
Kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah salah satunya dalam bidang pendidikan yaitu membelajarkan peserta didik dirumah selama 14 hari, dan setelah 14 hari sudah dilalui belum memungkinkan untuk melaksanakan proses belajar disekolah sehingga ditambah lagi selama ….. hari kedepan. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah penularan dan penyebaran virus tersebut dilingkungan sekolah, sehingga kegiatan proses belajar bagi peserta didik yang tadinya dilakukan disekolah akhirnya di pindahkan kerumah masing-masing peserta didik. Langkah tersebut dilakukan agar kegiatan proses belajar mengajar tetap berjalan sesuai dengan kurikulum yang ada. Dengan adanya peristiwa tersebut maka SMPN ……… melakukan pembelajaran kepada setiap peserta didik dengan menggunakan system daring. Yang mana guru mengajar melalui aplikasi messenger dan siswa pun terhubung dalam group messenger tersebut, sehingga cara belajar  dilakukan secara Daring dimana tugas yang di berikan oleh guru kepada siswa diunggah melalui grup mesengger dan peserta didik pun merespon dengan mengirimkan jawaban.
        Program yang telah dijalankan selama …. hari yaitu kegiatan pembelajaran dirumah yang bertujuan untuk mengganti system pembelajaran tatap muka yang bisanya dilakukan di sekolah. Dengan dialihkannya pembelajaran dari sekolah ke rumah masing-masing maka harus menjadi perhatian kita semua terutama orang tua peserta didik, orang tua harus lebih mengawasi anak-anaknya dirumah, membatasi kegiatan anak diluar rumah, dan mengajarkan perilaku hidup bersih dan sehat kepada anak, agar program ini bisa berhasil guna untuk memutus mata rantai penyebaran virus terutama dilingkungan sekolah.
Kegiatan pembelajaran daring diharapkan mampu menggantikan pembelajaran tatap muka sehingga siswa tetap menguasai materi pembelajaran meskipun tetap berada dirumah .namun pembelajaran daring ini diharapkan dapat menjadi sarana belajar siswa dan bukan beban bagi siswa sehingga peran guru untuk menciptakan pembelajaran daring yang menyenangkan sangat dibutuhkan .

LAMPIRAN-LAMPIRAN
Untuk lampirannya maka anda dapat menyiapkan foto ataupun video hasil dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan antara siswa dan guru dan dapat di buat dalam bentuk disusun kedalam word atau dapat di jadikan dalam sebuah file.

Demikianlah contoh laporan pembelajaran dari rumah yang bisa saya bagikan kepada anda sekalian, kiranya bila anda membutuhkannya maka dapat menjadikan contoh laporan tersebut sebagai bahan referensi dalam membuat laporan pembelajaran secara daring/pembelajaran dari rumah.
Sekian yang bisa saya sampaikan lebih dan kurangnya mohon di maafkan dan semoga postingan ini dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel