-->

RPP Daring 1 Lembar VS RPP Tatap Muka 1 Lembar

Kherysuryawan.id pada kesempatan kali ini akan membahas sekaligus memberikan sedikit pandangan mengenai apa itu RPP daring dan apa itu RPP tatap muka khususnya dalam dunia Pendidikan yang sering kali kita dengar sebagai sebuah administrasi seorang guru dalam melakukan aktivitas pembelajaran. Kita ketahui bahwa guru wajib untuk mengetahui tentabg bagaimana cara untuk membuat dan merencanakan RPP sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran apa yang akan di ajarkan oleh guru dapat berkesinambungan antara materi, RPP dan juga media yang akan di pakai dalam proses pembelajaran.

Meskipun kita ketahui bahwa tujuan utama seorang guru membuat RPP tentunya adalah untuk memudahkan guru dalam melihat hasil yang akan di capai melalui sebuah perencanaan dan dapat mengetahui seberapa besar bentuk pencapaian yang di peroleh sehingga melalui RPP yang telah di buat maka guru dapat menjadikan sebagai sebuah bahan evaluasi dalam meraih keberhasilan mengajar.

 


Berbicara mengenai RPP daring sebenarnya bermula dari adanya wabah pandemic covid 19 yang melanda wilayah Indonesia sehingga membuat dunia Pendidikan menjadi salah satu dampak yang mengharuskan guru dan siswa melakukan pembelajaran di rumah atau pembelajaran secara non tatap muka yaitu dengan menggunakan system jaringan internet atau yang biasa di sebut dengan pembelajaran dalam jaringan (DARING).

 

Dalam melakukan pembelajaran daring maka siswa dan guru di wajibkan untuk bisa belajar dengan bantuan internet dan juga dengan menggunakan aplikasi yang sesuai dengan kesepakatan antara guru dan siswa dan yang dirasa dapat memudahkan guru dan siswa dalam berinteraksi baik melalui video maupun melalui chating. Ada begitu banyak aplikasi pembelajaran yang dapat di gunakan dalam membantu para guru dan siswa dalam melakukan pembelajaran secara daring. Sebagai contoh yang umum di gunakan oleh banyak sekolah yang melakukan pembelajaran daring yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi WhatsApp, messenger, zoom, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Berbeda halnya dengan pembelajaran tatap muka yang mana dengan pembelajaran tatap muka maka tentunya tidak perlu harus menggunakan bantuan aplikasi dalam proses pembelajaran sebab system pembelajaran dapat di lakukan secara langsung di dalam kelas. Ada beberapa perbedaan yang sangat mencolok jika di bandingkan antara pembelajaran secara daring dengan pembelajaran secara tatap muka. Pada pembelajaran dengan menggunakan system daring hasil yang di peroleh tentunya kurang masksimal jika dibandingkan dengan system pembelajaran secara tatap muka namun demikian pembelajaran daring juga memberikan pengalaman yang positif baik kepada siswa maupun kepada guru dalam memanfaatkan media dan teknologi berbasis jaringan.

 

Dalam melakukan pembelajaran baik secara daring maupun secara tatap muka maka guru tetap harus membuat RPP atau perangkat pembelajaran. Dalam menyiapkan RPP tentunya ada perbedaan yang terjadi antara RPP daring dengan RPP tatap muka, sebab dalam pelaksanaannya juga sangat berbeda meskipun materi pelajaran yang akan di berikan tentunya memiliki persamaan yaitu sama-sama bersumber dari buku pelajaran yang telah di siapkan oleh sekolah yang dalam hal ini menggunakan buku kurikulum 2013.

 

Meskipun demikian tentunya akan terdapat banyak perbedaan ketika akan menyajikan RPP antara RPP daring dan RPP tatap muka. Seperti yang di ketahui bahwa pada pembelajaran daring kompetensi inti dan kompetensi dasar yang digunakan lebih di sederhanakan dan begitu juga dengan ketuntasan materi yang mana dalam pembelajaran daring selama masa pendemi guru dan siswa tidak di haruskan untuk menuntaskan materi sesuai isi kurikulum melainkan dapat menyesuaikannya dengan keadaan di masing-masing daerahnya.

 

Pada postingan ini saya akan memberikan sedikit gambaran perbedaan antara bentuk RPP daring dengan bentuk RPP tatap muka. Dan selain saya memberikan penjelasannya maka saya pun akan memberikan contoh bentuk RPP daring yang telah menggunakan format 1 lembar dan juga contoh RPP tatap muka yang juga telah menggunakan format 1 lembar.

 

Mengapa RPP 1 lembar saat ini sangat diminati oleh guru ???

Seperti yang kita ketahui bahwa kementerian pendidikan telah mengeluarkan surat edaran mengenai penyederhanaan RPP yang mana untuk membantu guru dalam membuat perangkat pembelajaran khususnya RPP yang lebih simple dan lebih efisien maka guru dapat membuat RPP dengan menggunakan format 1 lembar dengan harapan RPP yang telah di buat dapat berpusat dan berorientasi kepada peserta didik serta dapat lebih memudahkan guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran sehingga jam mengajar tidak terganggu ketika guru membuat perangkat pembelajaran.

 

Baik RPP 1 lembar daring maupun RPP 1 lembar tatap muka dapat di buat oleh guru dengan mudah jika telah mengetahui komponen-komponen yang harus termuat di dalam RPP 1 lembar. Berbeda halnya dengan bentuk RPP pada versi sebelumnya yang mana pada RPP 1 lembar komponen yang harus termuat sangatlah sederhana yaitu cukup memasukkan 3 komponen utama yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran serta bentuk penilaian yang akan di gunakan.

 

Berikut ini beberapa perbedaan yang terlihat pada bentuk RPP daring dan juga RPP tatap muka yang dapat anda lihat dalam pembuatannya, diantaranya yaitu :

1.   Dalam persiapan pembelajaran daring maka siswa dan guru menggunakan aplikasi pembelajaran seperti (Whatsapp, messenger,dll) sedangkan pada pembelajaran tatap muka tidak di perlukan

2.   Penyampaian materi dan pemaparan dilakukan dengan menggunakan video conference atau chat sedangkan pada pembelajaran tatap muka dilakukan secara langsung

3.   Durasi pebelajaran pada system daring lebih di sederhanakan di bandingkan dengan pembelajaran secara tatap muka

4.   Waktu dalam Pembelajaran daring dapat dilakukan sesuai kesepakatan antara guru dan siswa sedangkan jika pembelajaran tatap muka harus sesuai jadwal yang telah di tetapkan di sekolah.

 

Jika bapak dan ibu guru ingin melihat bagaimana bentuk perbedaan antara RPP daring 1 lembar dan juga bentuk RPP tatap muka versi 1 lembar maka bapak dan ibu guru dapat melihat format RPP nya yang akcn saya sediakan di bawah ini :

  • Contoh RPP Daring 1 Lembar (Disini)
  • Contoh RPP Tatap Muka 1 Lembar (Disini)

 

Apabila anda juga ingin mendapatkan file lengkap tentang RPP 1 lembar daring dan juga RPP 1 lembar tatap muka maka untuk semua jenis mata pelajaran mulai dari jenjang SD,SMP,SMA hingga SMK maka anda bisa mendapatkannya pada blog kherysuryawan.id atau jika anda belum mengetahui bagaimana cara mudah untuk bisa memiliki filenya secara lengkap maka silahkan anda kunjungi alamat DISINI.

 

Demikianlah yang bisa saya informasikan melalui postingan ini, semoga apa yang telah saya sampaikan pada kesempatan kali ini dapat menambah pengetahuan anda dalam melihat contoh-contoh jenis RPP dading dan juga RPP tatap muka, dan semoga anda pun dapat dengan mudah untuk mempersiapkan RPP sesuai kebutuhan anda masing-masing.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel