Rangkuman Materi Informatika Kelas 7 Bab 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Informatika kelas 7 SMP Bab 1 “Informatika dan Keterampilan Generik” kurikulum merdeka.

Sahabat kherysuryawan, mata pelajaran informatika merupakan salah satu mata pelajaran yang nantinya akan di pelajari di kelas 7 pada kurikulum merdeka.

 


Untuk memudahkan siswa dalam belajar maka disini admin akan mencoba untuk membagikan ringkasan/rangkuman materi informatika kelas 7 SMP bab 1 “Informatika dan Keterampilan Generik” yang nantinya akan di pelajari di semester 1 pada kurikulum merdeka.

 

Sebenarnya mata pelajaran informatika hampir sama dengan mata pelajaran TIK, namun demikian terdapat perbedaan antara mata pelajaran informatika dan TIK. Untuk mengetahui perbedaannya maka berikut ini penjelasannya:

 

Menurut Unesco (2006), yang dimaksud dengan TIK adalah semua bentuk teknologi yang dipakai untuk mengirim kan, menyimpan, menciptakan, membagikan, atau mempertukarkan informasi. TIK mencakup teknologi seperti radio, televisi, video, DVD, telepon (telepon saluran tetap dan telepon genggam), sistem satelit, komputer dan jaringan komputer, serta peralatan dan layanan yang berhubungan dengan teknologi ini, seperti video-conference dan surel.

 

Informatika adalah bidang ilmu yang mencakup 5 elemen, yaitu Berpikir Komputasional (BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Teknik Komputer (TK), Jaringan Komputer dan Internet (JKI), Analisis Data (AD), Algoritma dan Pemrograman (AP), Dampak Sosial informatika (DSI), dan Praktika Lintas Bidang (PLB). Jadi, informatika lebih luas artinya. TIK adalah salah satu bagian yang dipelajari dalam informatika.

 

Pada mata pelajaran informatika yang akan di pelajari di kelas 7 SMP Bab 1 kurikulum merdeka, ada beberapa materi yang nantinya akan di pelajari didalamnya, diantaranya adalah sebagai berikut :

A. Informatika untuk Pelajar SMP

1. Apa dan Mengapa Perlu Belajar Informatika?

2. Apa yang akan Dipelajari dalam Mata Pelajaran Informatika?

3. Informatika dan Proil Pelajar Pancasila

B. Pengantar Keterampilan Generik

1. Bekerja dalam Kelompok

2. Mengomunikasikan Hasil Kerja

 

Baiklah untuk mengetahui lebih jelas tentang isi materi pada mata pelajaran informatika di kelas 7 Bab 1 tentang “Informatika dan Keterampilan Generik” maka berikut ini ringkasan materinya yang dapat anda lihat di bawah ini:

 

Bab 1 Informatika dan Keterampilan Generik

A. Informatika untuk Pelajar SMP

1. Apa dan Mengapa Perlu Belajar Informatika?

Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut.

Komputasi adalah ilmu yang berkaitan dengan pemodelan matematika dan penggunaan komputer untuk menyelesaikan masalah-masalah sains. Istilah informatika sepadan dengan istilah dalam bahasa Inggris informatics, computing, atau computer science.

 

Apa itu komputasi?

Menurut KBBI, komputasi adalah: (1) penghitungan dengan menggunakan komputer; (2) dalam matematika, penghitungan dengan menggunakan bilangan-bilangan atau peubah-peubah yang dilaksanakan berdasarkan urutan langkah yang diberikan.

 

Landasan berpikir untuk belajar Informatika dinamakan berpikir kom[1]putasional (computational thinking). Berpikir komputasional ini merupakan suatu kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan menalar (reasoning) mengenai sistem dan persoalan.

 

Setelah melalui perkembangan lebih dari 20 tahun, Informatika telah menjadi salah satu disiplin ilmu yang saat ini sudah berdiri sendiri. Informatika dapat dipandang sebagai sebuah cabang ilmu yang tersendiri karena membawa seseorang ke suatu cara berpikir yang unik dan berbeda dari bidang ilmu lainnya (computational thinking), sudah tahan lama (ide dan konsepnya sudah berusia 20 tahun atau lebih, dan masih terpakai sampai sekarang), dan setiap prinsip inti dapat diajarkan tanpa bergantung pada teknologi tertentu.

 

Melalui mata pelajaran informatika, diharapkan di masa mendatang, kita tidak hanya bisa mempergunakan teknologi komputer, tetapi juga tahu kapan teknologi tepat dimanfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan, bahkan juga tahu bagaimana membuat aplikasi teknologi untuk mengatasi berbagai persoalan.

 

2. Apa yang akan Dipelajari dalam Mata Pelajaran Informatika?

Informatika mencakup aspek teoretis dan praktis, mendorong kalian untuk mengembangkan daya pikir kritis dan kreatif untuk menghasilkan penemuan (invention) terkait komputer dan sistem komputasi.

 

Bidang-bidang pengetahuan informatika, dikelompokkan menjadi Berpikir Komputasional (BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK), Jaringan Komputer dan Internet (JKI), Analisis Data (AD), Algoritma dan Pemrograman (AP), Dampak Sosial Informatika (DSI), dan Praktika Lintas Bidang (PLB). Dalam bahasa Inggris, bidang itu disebut: Computational Thinking (CT), Information and Communication Technology (ICT), Computing System (CE), Computer Network (NW), Data Analysis (DA), Algorithms & Programming (AP), Social Impact of Informatics (SOC), Computing Practices (CP).

 

Berikut ini menggambarkan bidang-bidang pengetahuan atau elemen pengetahuan informatika tersebut.

 

Berikut ini yang akan di pelajari pada mata pelajaran informatika di kelas VII

1.       Berpikir Komputasional: dalam materi ini, kalian akan belajar menyelesaikan persoalan-persoalan sehari-hari yang di baliknya mengandung berbagai macam konsep keilmuan seperti informatika, matematika, sains, atau ilmu sosial.

2.       Teknologi Informasi dan Komunikasi: dalam bagian ini, kalian akan belajar cara membuat karya digital, berkomunikasi via surel, menggunakan peramban untuk mencari informasi, serta mengelola ile dalam folder.

3.       Sistem Komputer: dalam materi ini, kalian akan belajar mengenai deinisi komputer, Komputasi dan sistem komputasi, bagian-bagian utama komputer dan fungsinya, interaksi perangkat keras dan perangkat lunak dengan piranti lain yang terhubung.

4.       Analisis Data: dalam bagian ini, kalian akan belajar tentang pengelolaan dan penyajian data bervolume kecil untuk tujuan tertentu.

5.       Algoritma dan Pemrograman: dalam materi ini, kalian akan belajar membuat program dengan menggunakan blok visual untuk menghasilkan suatu karya kreatif.

6.       Dampak Sosial Informatika: dalam materi ini, kalian akan belajar mengenai sejarah perkembangan, peranan, dan dampak positif maupun negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

7.       Praktika Lintas Bidang: selain mempelajari materi-materi di atas, kalian juga akan belajar bekerja sama dengan teman-teman kalian untuk membuat karya dan mencoba memenyelesaikan masalah menggunakan pengetahuan yang kalian dapatkan di atas.

 

3. Informatika dan Proil Pelajar Pancasila

Bagi pelajar Indonesia, karakter yang baik ini dirumuskan sebagai Proil Pelajar Pancasila, yang memiliki ciri-ciri berikut ini.

1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

2. Berkebinekaan global

3. Mandiri

4. Bergotong Royong

5. Bernalar kritis

6. Kreatif

 

Nah, melalui mata pelajaran informatika, kalian akan belajar juga menumbuhkan karakter-karakter tersebut, sebagai warga dunia nyata dan sebagai warga dunia maya. Saat membahas materi tentang berpikir komputasional, analisis data, pemrograman, dan dampak sosial informatika, kalian akan mengasah kemampuan bernalar kritis dan kreatif.

 

B. Pengantar Keterampilan Generik

Dalam konsep kurikulum informatika, dikenal adanya 7 aspek praktika lintas bidang, di mana 2 di antaranya bersifat umum dan akan dipraktikkan di mana-mana. Tentunya, tidak semuanya harus dipraktikkan sekaligus pada satu aktivitas. Tujuh aspek praktika informatika itu adalah seperti berikut.

1.       Membina budaya kerja masyarakat digital dalam tim yang inklusif.

2.       Berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan tema Komputasi.

3.       Mengenali dan mendeinisikan persoalan yang penyelesaiannya dapat didukung dengan sistem komputasi.

4.       Mengembangkan dan menggunakan abstraksi.

5.       Mengembangkan artefak komputasi, misalnya membuat program sederhana untuk menunjang model komputasi yang dibutuhkan di pelajaran lain.

6.       Mengembangkan rencana pengujian, menguji, dan mendokumentasikan hasil uji artefak komputasi.

7.       Mengomunikasikan suatu proses, fenomena, solusi TIK dengan mempresentasikan, memvisualisasikan, dan memperhatikan hak kekayaan intelektual.

 

1. Bekerja dalam Kelompok

Tugas diberikan untuk dikerjakan dalam kelompok agar kalian dapat berdiskusi dan mengerjakan suatu tugas yang lebih besar, dibandingkan dengan hanya mengerjakan seorang diri. Jumlah anggota kelompok akan ditentukan oleh guru, sesuai dengan tugas yang diberikan. Makin besar tugasnya, biasanya makin banyak anggota kelompoknya. Secara umum, tujuan kerja kelompok adalah agar kalian dapat menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan memupuk semangat bergotong royong.

 

Agar bekerja dalam kelompok menjadi eisien, efektif, dan menghasilkan solusi yang baik, lakukanlah hal-hal berikut.

1.       Pahami persoalan dan tujuan bersama yang akan dicapai kelompok.

2.       Lakukan pembagian peran dalam kelompok sehingga setiap anggota mendapat peran dan pembagian tugas. Jika semua mengerjakan hal yang sama, tugas tidak akan selesai. Harus ditunjuk ketua kelompok jika anggotanya banyak atau hasilnya perlu dikumpulkan dan diintegrasikan.

3.       Kerjakan tugas sesuai peran masing-masing. Jangan khawatir kalau perannya berbeda. Kalian dapat berganti peran pada tugas berikutnya.

4.       Setelah masing-masing mengerjakan bagian sesuai perannya, tim harus berkumpul untuk mengintegrasikan hasil kerja masing-masing.

5.       Kelompok dipimpin oleh ketua kelompok atau diskusi, merumuskan kesimpulan semua kelompok dengan berdiskusi.

 

2. Mengomunikasikan Hasil Kerja

Hasil kerja yang telah kita kembangkan atau dibuat perlu dikomunikasikan dengan baik kepada pihak yang berkepentingan, seperti: pemberi kerja, khalayak umum, dan lainnya. Komunikasi hasil kerja bisa dilakukan dengan presentasi dan demo produk atau dalam bentuk produk tampilan seperti infograis.

 

a. Infograis

Infograis berisi informasi teks dan gambar atau graik lain yang akan mempermudah pembaca menangkap pesan yang dimaksud. Ilustrasi visual lebih mudah untuk ditangkap maknanya dan diinterpretasi ketimbang hanya tekstual.

 

Sebuah infograis mempunyai komponen konten dan tampilan. Konten dan tampilan akan menjadikan sebuah infograis menjadi paparan untuk mengomunikasikan hasil yang baik dan berhasil.

Perancangan konten infograis perlu memperhatikan hal berikut.

1.       Tujuan infograis dibuat: untuk mengedukasi, himbauan, ajakan, atau lainnya.

2.       Kepada siapa infograis ditujukan. Misalnya, membuat infograis untuk adik-adik TK akan berbeda dengan infograis paparan proyek sains kalian. Infograis saintiik kontennya harus lebih saintiik dan sesuai kaidah sains.

3.       Konten harus benar, masuk akal, dan jelas sumbernya. Konten bergantung pada tujuan infograis dibuat.

 

b. Presentasi

Laporan tertulis atau sebuah artefak komputasional, yaitu produk yang akan kalian hasilkan dalam aktivitas praktik informatika, perlu dijelaskan agar dapat lebih mudah dipahami. Sebuah bahan presentasi yang baik adalah gabungan antara penjelasan murni tekstual dan infograis (jika dipandang per halaman presentasinya). Biasanya, bahan presentasi disampaikan dalam ringkasan butir-butir penting dari paparan (oleh sebab itu, perkakas pembuatnya disebut “Power Point”). Kriteria dari sebuah bahan presentasi yang baik ditentukan oleh konten dan tampilannya.

Berikut ini contoh gambar presentasi:


Dari Segi Konten

1. Mengandung bagian penting berikut yang menunjukkan alur logika dari paparan yang mengalir dengan runtut:

a. Ringkasan

b. Latar belakang

c. Paparan utama

d. Penutup/kesimpulan

 

2. Ditulis dalam bahasa yang sesuai dan dalam bentuk butir-butir kata kunci serta ringkasan teks. Sering kali bahkan bukan dalam kalimat lengkap.

 

Dari Segi Tampilan

1.       Ukuran huruf cukup besar untuk dapat dilihat oleh penyimaknya.

2.       Seimbang antara teks dan gambar/ilustrasi. Terlalu banyak ilustrasi mengharuskan banyak narasi. Terlalu banyak teks akan sulit ditangkap dalam waktu singkat.

3.       Jumlah lembar yang sesuai dengan waktu yang disampaikan. Makin singkat, perlu sedikit lembar presentasi dan harus padat.

 

Demikianlah informasi seputar ringkasan/rangkuman materi untuk mata pelajaran informatika kelas 7 SMP Bab 1 tentang “Informatika dan Keterampilan Generik” yang akan di pelajari di semester 1 kurikulum merdeka. Semoga infiormasi ini dapat membantu siswa dan guru dalam mempelajari materi informatika di kelas VII SMP kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel