Rangkuman Materi Informatika Kelas 7 Bab 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Informatika Kelas VII SMP Bab 2 ““Berpikir Komputasional” semester 1 kurikulum merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, berjumpa kembali di postingan yang membahas tentang materi pelajaran informatika. Adapun materi informatika yang akan admin sampaikan disini ialah untuk kelas 7 Bab 2 semester 1 kurikulum merdeka.

 


Admin sengaja membuat artikel tentang materi ringkasan informatika kelas 7 Bab 2 “Berpikir Komputasional” ini dengan tujuan agar bisa memudahkan siswa yang akan menggunakannya sebagai salah satu bahan belajar baik untuk belajar di rumah masin-masing maupun di sekolah.

 

Sebagai informasi bahwa seluruh materi yang telah admin ringkas pada postingan ini ialah materi yang berasal dari buku teks pelajaran informatika kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka tepatnya pada buku siswa informatika kelas 7 kurikulum merdeka.

 

Adapun materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran informatika kelas 7 bab 2 “Berpikir Komputasional” yaitu sebagai berikut :

 

Apa Itu Berpikir Komputasional?

A. Algoritma

B. Optimasi Penjadwalan

C. Struktur Data

D. Representasi Data

 

Baiklah untuk anda yang membutuhkan ringkasan materi informatika kelas 7 bab 2 “Berpikir Komputasional” kurikulum merdeka, maka di bawah ini sajian lengkapnya:


Bab 2 Berpikir Komputasional

Apa Itu Berpikir Komputasional?

Komputer banyak dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk mempermudah kehidupan, atau membantu penyelesaian berbagai permasalahan yang kita hadapi. Cara kerja komputer menyerupai cara kerja manusia.

 

Komputer banyak dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk mempermudah kehidupan, atau membantu penyelesaian berbagai permasalahan yang kita hadapi. Cara kerja komputer menyerupai cara kerja manusia.

 

A. Algoritma

Menurut kalian, apa arti dari pola? Pola dapat digunakan untuk mendeinisikan sebuah bentuk atau struktur yang tetap. Dalam mengerjakan berbagai kegiatan, terkadang kita harus mengikuti pola atau aturan-aturan tertentu. Misalnya: seorang siswa diperbolehkan mengikuti ujian jika membawa kartu bukti peserta ujian. Atau, seorang peserta pertandingan olahraga diperbolehkan mengikuti pertandingan jika sudah menyerahkan formulir pendaftaran dan lolos dari pemeriksaan kesehatan.

 

B. Optimasi Penjadwalan

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita perlu mengatur jadwal untuk berbagai kegiatan. Misalnya, dari pukul 07.00-pukul 12.00, kita sekolah. Setelah sekolah, ada beberapa kegiatan yang bisa kita ikuti, misalnya mengerjakan PR, belajar musik, belajar memasak, bermain bersama teman, dan lainnya. Dengan demikian, kita harus bisa memilih kegiatan mana saja yang akan kita lakukan pada hari tertentu dan tentunya, kita perlu juga mengatur jadwal agar kegiatan-kegiatan tersebut tidak bertabrakan waktunya.

 

C. Struktur Data

Dalam kehidupan sehari-hari, kalian pasti pernah mengetahui data yang disusun dalam bentuk sebuah daftar (dalam bidang Informatika, biasanya disebut list).

Contoh: daftar belanja ibu yang dibawa ketika ibu akan ke pasar, daftar siswa dalam sebuah kelas. Daftar tersebut ada yang memiliki keterurutan dan ada yang tidak. Daftar nama siswa dalam sebuah kelas mungkin terurut berdasarkan alfabet. Daftar belanja ibu mungkin tidak memiliki keterurutan tertentu sehingga tidak menjadi masalah kalau ibu membeli tomat terlebih dahulu sebelum membeli wortel, atau ibu membeli keduanya bersamaan, atau ibu membeli wortel terlebih dahulu sebelum membeli tomat.

 

D. Representasi Data

Dalam kehidupan sehari-hari, sering kali kita dihadapkan pada banyak pilihan. Pilihannya bisa terdiri atas dua kemungkinan atau lebih. Jika hanya terdiri atas dua kemungkinan, biasanya jawabannya adalah ya atau tidak.

Sebagai contoh: Apakah hari ini kalian sarapan roti? Jawabannya ialah ya atau tidak. Apakah kemarin turun hujan? Pertanyaan tersebut tentu berbeda dengan pertanyaan: Apa warna kesukaan kalian? Pertanyaan mengenai warna kesukaan tidak dapat dijawab dengan ya atau tidak. Jika pertanyaannya diubah menjadi “Apakah warna kesukaan kalian adalah biru?”, pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan ya atau tidak.

 

Demikianlah uraian materi informatika untuk kelas 7 SMP Bab 2 “Berpikir Komputasional” yang nantinya akan di pelajari di semester 1 kurikulum merdeka. Seluruh hasil ringkasan materi tersebut merupakan materi yang bersumber dari buku siswa informatika kelas VII SMP Kurikulum Merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel