Materi Agama Katolik Kelas 8 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi Pelajaran Pendidikan Agama Katolik Kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka dan Materi Pelajaran Pendidikan Agama Katolik Kelas 8 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, pada postingan kali ini admin akan memberikan informasi mengenai materi pelajaran yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka.

 


Setiap satuan pendidikan saat ini telah menggunakan kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka, sehingga dalam melaksanakan proses pembelajaran guru dan siswa pastinya akan belajar menggunakan buku teks pelajaran yang telah menggunakan kurikulum merdeka.

 

Melalui artikel ini admin kherysuryawan akan membantu rekan pendidikan yang disekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka dan sedang membutuhkan informasi seputar materi pelajaran kurikulum merdeka khususnya untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka.

 

Pendidikan pada dasarnya merupakan tanggung jawab utama dan pertama orang tua, demikian pula dalam hal pendidikan iman anak. Pendidikan iman pertama-tama harus dimulai dan dilaksanakan di lingkungan keluarga, tempat dan lingkungan dimana anak mulai mengenal dan mengembangkan iman. Pendidikan iman yang dimulai dalam keluarga perlu dikembangkan lebih lanjut dalam Gereja (Umat Allah), dengan bantuan pastor paroki, katekis dan guru Pendidikan Agama Katolik di Sekolah.

 

Belajar Pendidikan Agama Katolik mendorong peserta didik menjadi pribadi beriman yang mampu menghayati dan mewujudkan imannya dalam kehidupan sehari-hari. Mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik membekali peserta didik dengan pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang bersumber dari Kitab Suci, Tradisi, Ajaran Gereja (Magisterium), dan pengalaman iman peserta didik.

Pendidikan Agama Katolik ini diharapkan mampu mengembangkan kemampuan memahami, menghayati, mengungkapkan dan mewujudkan iman para peserta didik. Mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti disusun secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memperteguh iman dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sesuai ajaran iman Gereja Katolik, dengan tetap memperhatikan penghormatan terhadap agama dan kepercayaan lain. Hal ini dimaksudkan juga untuk menciptakan hubungan antar umat beragama yang harmonis dalam masyarakat Indonesia yang majemuk demi terwujudnya persatuan nasional.

 

Pada kesempatan ini admin akan memberikan daftar susunan materi pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka secara lengkap yang memuat materi pelajaran Agama Katolik Kelas 8 SMP semester 1 dan semester 2. Dengan mengetahui daftar susunan materi pelajaran maka akan memudahkan bagi guru maupun siswa dalam mendapatkan referensi inti materi yang nantinya akan dipelajari.

 

Sebagai informasi bahwa materi pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka terdiri atas 7 Bab yang mana untuk Bab 1 hingga Bab 4 dapat di ajarkan di semester 1 kemudian Bab 5 hingga Bab 7 dapat diajarkan disemester 2. Intinya guru dapat menyesuaikan dengan kondisi yang ada disekolah serta dengan memperhatikan kebutuhan murid/siswa dalam belajar.

 

Baiklah bagi anda yang ingin mengetahui daftar susunan materi pelajaran yang akan di pelajari pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka mulai dari semester 1 hingga semester 2, maka silahkan lihat susunan materinya di bawah ini :

 

MATERI PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK KELAS 8 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

Bab I Yesus Mewartakan Kerajaan Allah

A. Yesus Pemenuhan Janji Allah

B. Yesus Mewartakan Kerajaan Allah Melalui Perumpamaan

C. Yesus Mewartakan Kerajaan Allah Melalui Tindakan atau Mukjizat

 

Bab 2 Panggilan dan Perutusan Murid Yesus

A. Panggilan Murid Yesus

B. Tugas Perutusan sebagai Murid Yesus

 

Bab 3 Konsekuensi Pewartaan Yesus

A. Sengsara dan Wafat Yesus

B. Kebangkitan Yesus

C. Yesus Naik ke Surga

 

Bab 4 Peran Roh Kudus bagi Murid Yesus

A. Yesus Mengutus Roh Kudus

B. Roh Kudus Memberi Daya Kekuatan 


MATERI PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK KELAS 8 SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA

Bab 5 Gereja sebagai Komunitas Orang Beriman

A. Gereja sebagai Komunitas yang Hidup

B. Karya Pastoral Gereja

C. Gereja sebagai Tanda dan Sarana Keselamatan

 

Bab 6 Sakramen Inisiasi

A. Sakramen Baptis

B. Sakramen Ekaristi

C. Sakramen Penguatan

 

Bab 7 Sakramen Penyembuhan

A. Sakramen Tobat

B. Sakramen Pengurapan Orang Sakit


Bagi anda yang juga membutuhkan buku teks pelajaran pendidikan agama katolik kelas VIII SMP kurikulum merdeka, maka dapatkan filenya di bawah ini :

  • Buku Guru & Siswa Pendidikan Agama Katolik Kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai susunan materi pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa membantu rekan pendidikan yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel