Materi PPKN Kelas 8 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Susunan Materi Pelajaran PPKN Kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka dan Susunan Materi Pelajaran PPKN Kelas 8 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, Pada postingan kali ini admin akan membagikan file pendidikan yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi guru maupun bagi siswa dalam melakukan pembelajaran di kurikulum merdeka. Disini admin akan memberikan kumpulan/susunan materi pelajaran yang ada pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) kelas 8 Kurikulum Merdeka mulai dari pembelajaran semester 1 hingga pembelajaran semester 2.

 


Saat ini hampir semua sekolah telah menerapkan kurikulum merdeka. Seperti kita ketahui bahwa penerapan implementasi kurikulum merdeka yang dapat di pilih oleh sekolah ada 3 jenis pilihannya yang mana setiap sekolah dapat memilih secara mandiri, yakni mandiri belajar, mandiri berubah dan mandiri berbagi.

 

Apabila di sekolah anda telah menerapkan pembelajaran berbasis kurikulum merdeka maka pastinya pembelajaran yang akan di lakukan juga harus sesuai dengan buku teks pelajaran yang telah menerapkan kurikulum merdeka. Meskipun saat ini masih banyak sekolah yang belum menyiapkan atau belum memiliki buku teks pelajaran kurikulum merdeka namun bukan berarti kita tidak bisa mendapatkannya, sebab saat ini melalui internet kita sudah bisa dengan mudah mendapatkan buku teks pelajaran kurikulum merdeka.

 

Berbicara mengenai buku teks pelajaran kurikulum merdeka, maka pada postingan ini admin kherysuryawan akan mencoba untuk berbagi informasi yang berhubungan dengan materi yang akan di pelajari pada kurikulum merdeka khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) di kelas 8 SMP kurikulum merdeka.

 

Disini admin kherysuryawan akan memberikan susunan materi pelajaran yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran PPKN dikelas 8 SMP semester 1 kurikulum merdeka dan juga materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran PPKN kelas 8 SMP semester 2 kurikulum merdeka. Materi yang akan admin sampaikan ini tentunya sudah di sesuaikan dengan materi yang terdapat di buku guru dan buku siswa PPKN kelas 8 SMP kurikulum merdeka.

 

Materi pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) kelas 8 SMP semester 1 dan semester 2 kurikulum merdeka yang akan admin kherysuryawan bagikan pada postingan ini akan membantu anda dalam mengetahui susunan materi pelajaran yang ada pada mapel PPKN di kelas 8 kurikulum merdeka. Dengan mengetahui susunan materinya maka tentunya akan memudahkan kita dalam menyiapkan bahan maupun referensi yang berhubungan dengan materi yang nantinya akan di pelajari di sekolah.

 

Sebagai informasi bahwa pada mata pelajaran PPKN kelas 8 SMP kurikulum merdeka nantinya materi yang akan di pelajari terdiri atas 6 Bab yaitu Bab 1 sampai Bab 3 akan di pelajari pada semester 1 sedangkan Bab 4 sampai Bab 6 akan di pelajari pada semester 2.

 

Baiklah berikut ini susunan materi pelajaran yang akan di pelajari pada mata pelajaran PPKN kelas 8 SMP kurikulum merdeka untuk pembelajaran di semester 1 hingga pembelajaran di semester 2.

 

MATERI PELAJARAN PPKN KELAS 8 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

Bab I Kedudukan dan Fungsi Pancasila

 A. Pancasila sebagai Dasar Negara

 B. Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa

 C. Pancasila sebagai Sumber dari Segala Sumber Hukum

 D. Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa

 E. Pancasila sebagai Cita-Cita dan Tujuan Bangsa

👉  RANGKUMAN MATERI BAB 1 LENGKAP (DISINI) 

👉  SOAL SUMATIF PPKN KELAS 8 BAB 1 (DISINI)


Bab II Bentuk dan Kedaulatan Negara

 A. Indonesia sebagai Negara Kesatuan

 B. Indonesia sebagai Negara Republik

 C. Indonesia sebagai Negara Hukum

 D. Indonesia sebagai Negara yang Berkedaulatan Rakyat

👉  RANGKUMAN MATERI BAB 2 LENGKAP (DISINI) 


Bab III Tata Negara dan Pemerintahan

 A. Lembaga Penyelenggara Negara

 B. Sistem Pemerintahan

 C. Pemerintahan Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota

 D. Pemerintahan Daerah Istimewa

👉  RANGKUMAN MATERI BAB 3 LENGKAP (DISINI)


MATERI PELAJARAN PPKN KELAS 8 SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA

Bab IV Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda

 A. Sejarah Lahirnya Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda

 B. Nilai-Nilai Luhur dalam Sumpah Pemuda

 C. Sumpah Pemuda dan Kontribusi di Era Reformasi

 

Bab V Jati Diri Bangsa dan Budaya Nasional

 A. Budaya Nasional sebagai Identitas dan Jati Diri Bangsa

 B. Pelestarian dan Pemajuan Budaya Nasional

 C. Budaya Nasional sebagai Alat Pemersatu Bangsa

 D. Tantangan Budaya Nasional di Era Globalisasi

 

Bab VI Literasi Digital dalam Kebinekaan Bangsa

 A. Merawat Kebinekaan Bangsa melalui Literasi Digital

 B. Etika Berinternet (Netiket)

 C. Literasi Digital untuk Kemajuan Bangsa

 

LIHAT JUGA :

  • MATERI PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 8 SEMESTER 1&2 KURIKULUM MERDEKA - ( DISINI )


Bagi anda yang juga membutuhkan file buku guru maupun buku siswa untuk mata pelajaran PPKN kelas 8 SMP kurikulum merdeka, maka anda bisa mendapatkannya melalui judul di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa PPKN Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah susunan/kumpulan materi pelajaran yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran PPKN di kelas 8 SMP kurikulum merdeka mulai dari semester 1 hingga semester 2. Semoga informasi mengenai susunan materi pelajaran yang telah di sajikan diatas bisa membantu rekan guru yang akan mengajar di sekolah dan juga bisa bermanfaat bagi siswa dalam menyiapkan bahan pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan di pelajari nantinya.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel