Soal & Jawaban Uji Kompetensi Pengawas Sekolah

Kherysuryawan.id – Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban Uji Kompetensi (UKOM) Pengawas Sekolah untuk jenjang SD, SMP, SMA, SMK.

Halo sahabat pendidikan, senang rasanya pada kesempatan kali ini admin bisa kembali menulis di website pendidikan ini. Adapun pembahasan yang akan admin sajikan pada postingan ini yaitu mengenai soal uji kompetensi untuk pengawas sekolah. Seperti kita ketahui saat ini bahwa seorang guru yang ingin menjadi pengawas sekolah maka salah satu syaratnya yaitu mengikuti uji kompetensi atau yang biasa di singkat dengan UKOM.

 


Perlu untuk di ketahui bahwa tidak semua guru dapat menjadi pengawas sekolah, melainkan hanya guru yang memiliki kriteria atau persyaratan yang telah di tetapkan untuk menjadi pengawas sekolah. Salah satu tahapan seorang guru dapat diangkat menjadi pengawas sekolah yaitu harus melalui uji kompetensi dan bisa lulus dalam uji kompetensi tersebut sehingga bisa memperoleh sertifikat sebagai pengawas sekolah.

 

Bagi anda yang saat ini terpanggil untuk mengikuti uji kompetensi pengawas sekolah maka anda harus dapat mempersiapkan diri dengan baik khususnya dengan banyak belajar dan berlatih mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan tugas, peran, fungsi dan tanggung jawab sebagai seorang kepala sekolah.

Dengan banyak membaca dan berliterasi maka akan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang materi yang berhubungan dengan tugas dan peran sebagai pengawas sekolah.

 

Melalui postingan ini admin kherysuryawan akan memberikan kumpulan Soal Uji Kompetensi (UKOM) untuk guru yang akan menjadi pengawas sekolah. Kumpulan soal UKOM pengawas sekolah ini bisa menjadi referensi bagi anda untuk meningkatkan pengetahuan anda saat akan mengikuti ujian Uji Kompetensi (UKOM) sebagai pengawas sekolah.

 

Selain Soal Uji Kompetensi (UKOM) pengawas sekolah, disini admin kherysuryawan juga akan memberikan kunci jawaban dari masing-masing soal dengan harapan bisa menjadi bahan pembelajaran yang bermanfaat serta dapat membantu para guru yang kesulitan dalam memahami dan mencari jawaban yang tepat dari setiap soal yang disajikan.

 

Sebagai infromasi juga bahwa jumlah Soal Uji Kompetensi (UKOM) pengawas sekolah yang akan admin kherysuryawan sajikan pada postingan ini yaitu berjumlah 36 soal. Seluruh soal disajikan dalam bentuk soal pilihan ganda sehingga untuk menjawabnya maka anda bisa memilih salah satu jawaban yang paling dianggap benar.

 

Setiap pilihan jawaban memiliki point atau nilai namun jawaban yang paling benar maka akan memiliki point nilai yang paling tinggi. Jadi untuk anda yang ingin mendapatkan nilai maksimal maka anda harus bisa memilih salah satu jawaban yang paling dianggap benar.

 

Baiklah berikut ini admin kherysuryawan sajikan kumpulan Soal Uji Kompetensi (UKOM) pengawas sekolah, bagi anda yang ingin melihatnya maka silahkan lihat sajian kumpulan soal UKOM untuk pengawas sekolah di bawah ini :

 

1. Sebagai pengawas sekolah, Anda mengetahui bahwa salah satu guru di sekolah binaan Anda telah memalsukan laporan penilaian peserta didik agar lebih tinggi. Dalam situasi ini tindakan yang seharusnya Anda lakukan sebagai pengawas sekolah ialah ....

A.      menegur kepala sekolah, karena membiarkan praktik tersebut terjadi serta memberikan sesi mentoring agar kepala sekolah bisa lebih baik lagi pada masa yang akan datang.

B.      menegur guru tersebut secara pribadi, memberikan coaching dan mentoring mengenai pentingnya integritas dalam pekerjaan dan meminta guru tersebut untuk memperbaiki laporan penilaian peserta didik yang telah dipalsukan.

C.      memberitahu kepala sekolah mengenai hal tersebut dan melakukan refleksi bersama agar tidak terjadi lagi pemalsuan laporan penilaian peserta didik pada masa yang akan datang.

D.      memberitahu kepala sekolah, agar kepala sekolah bertindak sesuai integritas dan kejadian tersebut tidak terulang di sekolah binaannya.

 Jawaban : C.  memberitahu kepala sekolah mengenai hal tersebut dan melakukan refleksi bersama agar tidak terjadi lagi pemalsuan laporan penilaian peserta didik pada masa yang akan datang.  


2. Anda sebagai pengawas sekolah mengetahui bahwa salah satu guru di sekolah binaan Anda melakukan pelanggaran etika dengan meminta uang kepada orang tua peserta didik untuk memperbaiki nilai anak mereka. Dalam situasi ini tindakan yang seharusnya Anda lakukan sebagai pengawas sekolah ialah ....

A.      berbicara dengan kepala sekolah untuk memberitahukan pelanggaran yang dilakukan oleh guru tersebut dan bersama-sama merumuskan tindakan yang akan diambil oleh kepala sekolah.

B.      melakukan investigasi terlebih dahulu untuk memastikan kebenaran informasi sebelum melaporkan kepada kepala sekolah dan mengambil tindakan yang tepat.

C.      mengajak kepala sekolah untuk mengadakan rapat dengan guru bersangkutan untuk memberikan teguran secara tegas dan memberikan peringatan agar tidak mengulangi lagi tindakan yang tidak etis tersebut.

D.      mendiskusikan masalah tersebut dengan kepala sekolah dan guru yang bersangkutan secara terpisah, mencari pemahaman yang lebih mendalam mengenai situasi tersebut, dan mencari solusi bersama untuk menghindari terulangnya pelanggaran etika di masa depan.

 Jawaban : D.   mendiskusikan masalah tersebut dengan kepala sekolah dan guru yang bersangkutan secara terpisah, mencari pemahaman yang lebih mendalam mengenai situasi tersebut, dan mencari solusi bersama untuk menghindari terulangnya pelanggaran etika di masa depan.


3. Anda merupakan seorang pengawas sekolah yang memiliki beberapa sekolah binaan. Salah satu sekolah binaan Anda berhasil memperoleh penghargaan dari pemerintah daerah karena berhasil mengembangkan suatu program pembelajaran baru yang inovatif dan efektif. Namun, beberapa waktu kemudian, Anda mengetahui bahwa sekolah binaan Anda menggunakan cara yang kurang etis dan melanggar nilai, norma, dan etika organisasi dalam program tersebut. Dalam situasi ini tindakan yang seharusnya Anda lakukan sebagai pengawas sekolah ialah ....

A.      menyampaikan apa yang ditemui kepada pemberi apresiasi, agar menarik apresiasi yang diberikan karena tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku.

B.      memberikan teguran secara langsung kepada kepala sekolah dan anggota sekolah binaan untuk segera memperbaiki dan menghentikan cara yang melanggar etika organisasi dalam program pembelajaran tersebut, serta melakukan investigasi dan pengawasan secara ketat agar tidak terjadi lagi di masa mendatang.

C.      mengajak sekolah melakukan refleksi dari program pembelajaran yang dilakukan, dan mendiskusikan hal yang etis dan tidak etis dalam menjalankan program tersebut, agar pada masa yang akan datang bisa direfleksikan dan diperbaiki.

D.      memberikan teguran secara tidak langsung kepada kepala sekolah dan anggota sekolah binaan melalui pernyataan umum dalam rapat koordinasi atau pertemuan lainnya, serta menginstruksikan untuk segera memperbaiki dan menghentikan cara yang melanggar etika organisasi dalam program pembelajaran tersebut.

 Jawaban : C.  mengajak sekolah melakukan refleksi dari program pembelajaran yang dilakukan, dan mendiskusikan hal yang etis dan tidak etis dalam menjalankan program tersebut, agar pada masa yang akan datang bisa direfleksikan dan diperbaiki.


4. Saat menganalisis rapor pendidikan bersama kepala sekolah dan guru di sekolah binaan Anda, terdapat beberapa usulan program dari peserta diskusi. Beberapa usulan cukup baik untuk mengatasi masalah yang dipotret dalam rapor pendidikan. Beberapa usulan lain perlu dipertimbangkan kembali. Melihat hal tersebut, sebagai pengawas sekolah, tindakan yang akan dilakukan ialah....

A.      mempertimbangkan usulan yang baik dan mengevaluasi kembali usulan yang memerlukan penyesuaian, kemudian mengambil keputusan yang tepat berdasarkan hasil evaluasi tersebut.

B.      memberikan arahan bahwa tidak semua usulan dapat diterima karena faktor-faktor seperti biaya dan dampak program pada masa yang akan datang. Sehingga peserta bisa lebih menerimanya.

C.      membuat tabel pro dan kontra terhadap usulan yang disampaikan peserta diskusi sehingga pendapat yang ada bisa didiskusikan dan terkait dampaknya terhadap peserta didik.

D.      mempertimbangkan usulan yang kurang sesuai untuk didiskusikan kembali sehingga menjadi usulan yang bisa diterima oleh semua.

 Jawaban : C.  membuat tabel pro dan kontra terhadap usulan yang disampaikan peserta diskusi sehingga pendapat yang ada bisa didiskusikan dan terkait dampaknya terhadap peserta didik.


5. Sekolah binaan Anda sedang menyusun rencana program sekolah. Kepala sekolah menyampaikan bahwa program sekolah yang sedang disusun, tidak mendapat dukungan dari guru-guru. Melihat hal tersebut, sebagai pengawas sekolah, tindakan yang akan dilakukan ialah....

A.      memfasilitasi ruang bagi guru untuk menyampaikan pendapatnya sehingga program sekolah yang sudah dirancang bisa disetujui.

B.      mengajak para guru untuk memberikan masukan dan ide-ide konstruktif dalam perumusan program sekolah sehingga tercipta rasa memiliki terhadap program yang disusun.

C.      meyakinkan guru bahwa usulan dari kepala sekolah akan berdampak baik untuk sekolah pada masa yang akan datang.

D.      mengadakan pertemuan kepala sekolah dengan para guru dan membuka ruang dialog untuk memahami perbedaan pandangan dan mencari solusi bersama guna mendukung program sekolah yang lebih baik.

 Jawaban : D.  mengadakan pertemuan kepala sekolah dengan para guru dan membuka ruang dialog untuk memahami perbedaan pandangan dan mencari solusi bersama guna mendukung program sekolah yang lebih baik.

 

6. Saat menjalankan program "Implementasi Kurikulum Merdeka" di sekolah binaan Anda, ada sebagian guru yang tidak melakukan perannya sesuai yang telah disepakati sehingga membuat implementasi kurikulum merdeka menjadi terhambat. Melihat hal tersebut, sebagai pengawas sekolah, upaya apa yang Anda akan lakukan....

A.      melakukan observasi terhadap kinerja guru-guru dan memberikan umpan balik yang konstruktif kepada mereka.

B.      mengajak kepala sekolah melakukan rapat khusus dengan para guru yang belum melakukan peran mereka, membuka ruang dialog untuk memahami alasan di balik perilaku mereka, dan mencari solusi bersama untuk memperbaiki implementasi kurikulum merdeka di sekolah.

C.      meminta kepala sekolah memberi teguran kepada guru-guru yang tidak bisa mengikuti kesepakatan dalam melakukan implementasi Kurikulum Merdeka.

D.      membentuk kelompok kerja khusus untuk membahas masalah yang muncul dalam implementasi kurikulum merdeka, memperkuat komunikasi antara guru-guru, dan memberikan dukungan untuk mengatasi hambatan yang muncul selama proses implementasi.

 Jawaban : B.  mengajak kepala sekolah melakukan rapat khusus dengan para guru yang belum melakukan peran mereka, membuka ruang dialog untuk memahami alasan di balik perilaku mereka, dan mencari solusi bersama untuk memperbaiki implementasi kurikulum merdeka di sekolah.


7. Anda sebagai seorang pengawas sekolah menerima laporan dari beberapa peserta didik bahwa salah satu guru di sekolah binaan Anda melakukan tindakan diskriminatif terhadap mereka. Informasi ini sangat sensitif dan rumit sehingga memerlukan cara penyampaian dan kondisi yang tepat, agar informasi dapat dipahami dan diterima oleh kepala sekolah. Dalam situasi ini, tindakan yang seharusnya Anda lakukan sebagai pengawas sekolah agar informasi informasi tersebut dapat dipahami dan diterima oleh pihak lain dengan baik ialah ....

A.      menyampaikan apa yang dilihat kepada kepala sekolah agar kepala sekolah mengetahui situasi yang terjadi dan dapat mengambil tindakan yang tepat terkait masalah tersebut.

B.      melakukan sesi coaching dengan kepala sekolah tentang dampak ekosistem yang diskriminatif bagi sekolah dan tumbuh kembang peserta didik pada masa yang akan datang, sehingga kepala sekolah bisa melakukan refleksi dan evaluasi.

C.      Mendorong kepala sekolah untuk mempertimbangkan tindakan-tindakan yang dapat diambil untuk menyelesaikan situasi ini, seperti melakukan investigasi, meminta maaf kepada peserta didik, atau melakukan perubahan dalam pendekatan pembelajaran.

D.      Mengajak kepala sekolah untuk merenungkan kembali nilai-nilai yang dianut oleh sekolah dan berdiskusi bersama tentang bagaimana sekolah dapat mencapai tujuan tersebut dengan menghindari tindakan yang diskriminatif.

 Jawaban : B.  melakukan sesi coaching dengan kepala sekolah tentang dampak ekosistem yang diskriminatif bagi sekolah dan tumbuh kembang peserta didik pada masa yang akan datang, sehingga kepala sekolah bisa melakukan refleksi dan evaluasi.


8. Pemerintah daerah Anda meminta pengawas-pengawas sekolah membuat laporan implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah binaan sebagai bahan refleksi dan evaluasi program pada masa yang akan datang. Upaya Anda sebagai pengawas sekolah agar laporan tahunan Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah Anda bisa digunakan sebagai bahan refleksi dan evaluasi ialah....

A.      membuat laporan disertai dengan infografis dan visual yang mendukung, sehingga mudah dibaca oleh pengawas lainnya.

B.      membuat laporan yang lengkap disertai dokumentasi di setiap kegiatan, sebagai bukti bahwa laporan yang dibuat benar-benar dilakukan oleh sekolah binaan.

C.      menyusun laporan yang sistematis dan menyertakan data-data yang relevan dengan implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah Anda, serta memastikan laporan tersebut dapat membantu pihak terkait dalam melakukan refleksi dan evaluasi program pada masa yang akan datang.

D.      menyusun laporan dengan dilampirkan praktik baik Implementasi Kurikulum Merdeka, agar jika dibaca oleh pengawas lain bisa menjadi sumber inspirasi dan bisa diduplikasi oleh sekolah lainnya.

 Jawaban : C.  menyusun laporan yang sistematis dan menyertakan data-data yang relevan dengan implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah Anda, serta memastikan laporan tersebut dapat membantu pihak terkait dalam melakukan refleksi dan evaluasi program pada masa yang akan datang.


9. Anda sebagai seorang pengawas sekolah sedang mengadakan pertemuan dengan para guru untuk membahas salah satu strategi implementasi Kurikulum Merdeka, yaitu penggunaan platform Merdeka Mengajar. Beberapa guru terlihat kurang menguasai teknologi dan bertanya dengan detail mengenai platform tersebut. Upaya Anda sebagai pengawas sekolah melihat hal tersebut ialah....

A.      membuat panduan sederhana dan jelas tentang penggunaan Platform Merdeka Mengajar serta mengadakan sesi tanya jawab khusus untuk menjawab pertanyaan guru yang kurang menguasai teknologi.

B.      memberikan informasi tentang esensi dan manfaat dari Platform Merdeka Mengajar dan secara bertahap mulai menggunakan platform tersebut sebagai sarana belajar Kurikulum Merdeka.

C.      Menyarankan guru yang kurang menguasai teknologi untuk mencari tutorial atau panduan di internet sendiri tanpa memberikan bantuan lebih lanjut.

D.      memberikan waktu tambahan bagi guru-guru yang masih kurang menguasai teknologi untuk bisa menyelesaikan Platform Merdeka Mengajar.

 Jawaban : B.  memberikan informasi tentang esensi dan manfaat dari Platform Merdeka Mengajar dan secara bertahap mulai menggunakan platform tersebut sebagai sarana belajar Kurikulum Merdeka.


10. Anda mendapat kabar dari kepala sekolah, bahwa sebagian besar guru di sekolahnya menolak untuk menggunakan Platform Merdeka Mengajar karena kendala memahami teknologi. Upaya Anda sebagai pengawas sekolah agar penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Implementasi Kurikulum Merdeka mencapai target ialah...

A.      mendiskusikan dengan kepala sekolah dan guru tentang esensi dari Platform Merdeka Mengajar, dan menetapkan target yang perlu dicapai dalam kurun waktu tertentu, sambil memberikan pelatihan kepada guru-guru yang kesulitan pada waktu tertentu.

B.      memberikan pelatihan kepada guru-guru mengenai cara menggunakan Platform Merdeka Mengajar dan mengatur waktu pelatihan di luar jam kerja sehingga guru-guru dapat lebih memahami teknologi yang digunakan dan merasa lebih nyaman dalam menggunakannya.

C.      memberikan sesi sosialisasi Platform Merdeka Mengajar, dan dampaknya jika menggunakan platform tersebut pada Implementasi Kurikulum Merdeka.

D.      meminta kepala sekolah untuk memotivasi guru yang enggan memakai Platform Merdeka Mengajar, baik dengan apresiasi dan hukuman agar bisa lebih semangat dalam belajar.

 Jawaban : A.  mendiskusikan dengan kepala sekolah dan guru tentang esensi dari Platform Merdeka Mengajar, dan menetapkan target yang perlu dicapai dalam kurun waktu tertentu, sambil memberikan pelatihan kepada guru-guru yang kesulitan pada waktu tertentu.


11. Sebagai pengawas sekolah, Anda melihat di salah satu sekolah binaan Anda sering sekali mengadakan rapat. Rapat-rapat yang dilakukan tidak efektif dan efisien. Sering mengganggu waktu guru dalam merancang pembelajaran, dan setiap rapat tidak ada rencana tindak lanjut yang jelas. Sebagai pengawas sekolah, tindakan yang akan dilakukan melihat hal ini ialah....

A.      Membuat kelompok kerja yang terdiri dari kepala sekolah, guru, dan pengawas sekolah untuk membahas perbaikan proses rapat yang ada dan mengevaluasi alternatif metode kerja yang lebih efektif dan efisien.

B.      Meminta sekolah menunda rapat terlebih dahulu, sampai sekolah memiliki panduan rapat yang jelas untuk bisa membuat rapat pada masa yang akan datang lebih efektif dan efisien.

C.      Memberikan pelatihan kepada kepala sekolah dan guru tentang bagaimana merencanakan dan mengelola rapat yang efektif dan efisien.

D.      Mengajak kepala sekolah untuk meninjau kembali proses rapat dan membuat panduan rapat yang jelas dan efektif. Memastikan setiap rapat memiliki agenda dan tindak lanjut yang jelas untuk memaksimalkan waktu dan usaha yang dikeluarkan.

 Jawaban : D.  Mengajak kepala sekolah untuk meninjau kembali proses rapat dan membuat panduan rapat yang jelas dan efektif. Memastikan setiap rapat memiliki agenda dan tindak lanjut yang jelas untuk memaksimalkan waktu dan usaha yang dikeluarkan.


12. Salah satu sekolah binaan Anda masih belum menggunakan asesmen awal dalam merancang pembelajaran, dampaknya adalah pembelajaran yang seragam dan hanya fokus pada konten. Hal ini berdampak kurang baik untuk peserta didik. Melihat hal ini, sebagai pengawas sekolah upaya yang akan dilakukan ialah....

A.      Mengadakan monitoring dan evaluasi berkala terhadap penggunaan asesmen awal oleh guru-guru, serta memberikan umpan balik yang konstruktif untuk membantu mereka dalam memperbaiki praktik pembelajaran mereka.

B.      Mengadakan rapat dengan kepala sekolah dan guru-guru untuk membicarakan pentingnya penggunaan asesmen awal dalam merancang pembelajaran yang efektif dan efisien, serta memberikan solusi alternatif dan saran yang konstruktif.

C.      Memberikan contoh dan sharing best practice dari sekolah-sekolah lain yang telah berhasil mengimplementasikan asesmen awal dalam merancang pembelajaran yang bervariasi dan efektif.

D.      Memberikan teguran kepada guru-guru yang belum memanfaatkan asesmen awal dalam merancang pembelajaran yang beragam dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik

 Jawaban : A.  Mengadakan monitoring dan evaluasi berkala terhadap penggunaan asesmen awal oleh guru-guru, serta memberikan umpan balik yang konstruktif untuk membantu mereka dalam memperbaiki praktik pembelajaran mereka.


13. Seorang peserta didik di sekolah binaan ialah anak dari pimpinan daerah setempat. Peserta didik ini tergolong anak yang nakal dan sering membuat ulah saat kelas berlangsung. Tetapi, para guru memberikan nilai perilaku baik kepada peserta didik tersebut. Dari hasil penelusuran anda mendapati para guru berbuat demikian karena mereka sungkan dan takut kepada orangtua peserta didik tersebut. Untuk mengatasi hal ini, yang Anda lakukan ialah ....

A.      mendiskusikan masalah tersebut dengan kepala sekolah sebelum disampaikan kepada para guru.

B.      menjelaskan kepada para guru mengenai hubungan organisasi antara guru dan pemerintahan setempat sehingga tidak perlu khawatir menjalankan tugas sebagaimana mestinya.

C.      membina guru agar guru bekerja sesuai tugasnya dengan jujur amanah dan berlandaskan pada tata aturan yang berlaku, sejalan dengan sumpah jabatan yang telah diucapkan.

D.      mengingatkan pentingnya berlaku adil dan memberikan penilaian yang objektif tanpa secara langsung menyebutkan peserta didik yang dimaksud.

 Jawaban : C.  membina guru agar guru bekerja sesuai tugasnya dengan jujur amanah dan berlandaskan pada tata aturan yang berlaku, sejalan dengan sumpah jabatan yang telah diucapkan.


14. Banyak berita mengenai pernikahan anak usia dini dan keluarga dengan jumlah anak yang cukup besar yang terjadi di wilayah pedesaan. Untuk menanggulangi hal ini, pemerintah melalui BKKBN mengeluarkan peraturan usia ideal untuk menikah dan menyosialisasikan program KB. Beberapa sekolah binaan Anda terletak di wilayah perdesaan dan tampaknya memiliki potensi untuk tidak mengikuti anjuran dari BKKBN. Untuk mencegah hal ini, sebagai pengawas sekolah yang Anda lakukan ialah ....

A.      menggunakan sekolah sebaik mungkin dalam mempromosikan kebijakan pemerintah, baik dalam kelas, maupun luar kelas (masyarakat sekitar).

B.      menekankan pentingnya pendidikan kepada para peserta didik sebelum mereka mengambil keputusan besar seperti, menikah.

C.      membagikan selebaran mengenai program BKKBN kepada orang tua peserta didik setiap kali ada kegiatan yang menghadirkan para orang tua tersebut di sekolah.

D.      melaksanakan program penyuluhan mengenai program BKKBN yang secara berkala terhadap masyarakat sekitar.

 Jawaban : A.  menggunakan sekolah sebaik mungkin dalam mempromosikan kebijakan pemerintah, baik dalam kelas, maupun luar kelas (masyarakat sekitar).


15. Kelurahan setempat melalui kepala sekolah mengajak kerja sama dengan pihak sekolah untuk mengadakan penyuluhan terhadap masyarakat sekitar mengenai isu-isu pendidikan dan kesehatan dasar. Hal ini tidak hanya berdampak positif terhadap masyarakat sekitar tetapi juga terhadap warga sekolah dan peserta didik. Sebagai pengawas sekolah, yang Anda lakukan ialah ....

A.      menerima ajakan kerjasama tersebut dan menyerahkan pelaksanaan dan perencanaan kepada kepala sekolah.

B.      mendiskusikan kembali dengan kepala sekolah sembari menyesuaikan dengan program-program yang sudah direncanakan oleh pihak sekolah.

C.      tidak menolak ajakan kerja sama tersebut dan membuat rencana pelaksanaan yang terstruktur dengan melibatkan kelurahan setempat.

D.      mengusulkan kepada kepala sekolah untuk menolak ajakan tersebut karena program yang diadakan sekolah sudah cukup padat di tahun ajaran tersebut.

 Jawaban : B.  mendiskusikan kembali dengan kepala sekolah sembari menyesuaikan dengan program-program yang sudah direncanakan oleh pihak sekolah.


16. Seorang kepala sekolah sudah bekerja dalam waktu yang cukup lama dan selalu dapat menyelesaikan masalah bawahannya dan menjalankan tugas sebagai kepala sekolah dengan kinerja yang memuaskan. Sebagai pengawas sekolah yang sudah mengenal lama kepala sekolah tersebut, untuk memantau kinerja kepala sekolah, yang Anda lakukan ialah ....

A.      hanya meminta laporan kinerja jika dibutuhkan karena Anda sudah sangat memercayai kepala sekolah tersebut.

B.      mengamati kepala sekolah hanya pada waktu tertentu tanpa jadwal yang pasti karena kinerjanya sudah tidak diragukan lagi.

C.      tetap melakukan pengawasan secara berkala dan memberikan umpan balik mengenai kinerjanya dengan melibatkan guru-guru di bawah pimpinan kepala sekolah tersebut.

D.      memberikan umpan balik terhadap kepala sekolah setiap 1 tahun sekali.

 Jawaban : C.  tetap melakukan pengawasan secara berkala dan memberikan umpan balik mengenai kinerjanya dengan melibatkan guru-guru di bawah pimpinan kepala sekolah tersebut.


17. Kepala sekolah Anda memiliki potensi dan kemampuan yang memadai untuk memimpin sekolahnya, namun di beberapa kesempatan, kepala sekolah tersebut ragu dalam mengambil keputusan dan selalu membutuhkan persetujuan dari Anda sebagai pengawas sekolah. Untuk mendorong kepala sekolah agar lebih yakin dengan setiap keputusan yang diambil, yang Anda lakukan ialah ....

A.      mengimbau kepala sekolah untuk mengikuti pelatihan berkaitan dengan keyakinan diri.

B.      memberikan masukan yang membangun saat melakukan evaluasi rutin.

C.      memantau kepala sekolah dengan memberikan tugas tanpa Anda melibatkan diri dalam menyelesaikan tugas tersebut

D.      selalu memberikan masukan kepada kepala sekolah jika dibutuhkan.

 Jawaban : C.  memantau kepala sekolah dengan memberikan tugas tanpa Anda melibatkan diri dalam menyelesaikan tugas tersebut


18. Beberapa sekolah binaan baru saja mengalami perubahan organisasi dan beberapa kepala sekolah baru belum memiliki pengalaman sebelumnya menjadi kepala sekolah. Untuk membantu para kepala sekolah menjalankan tugas di posisi barunya, sebagai pengawas sekolah yang akan Anda lakukan ialah ....

A.      memberikan tugas-tugas yang relevan dengan posisi kepala sekolah dan harus diselesaikan dalam tenggat waktu tertentu.

B.      senantiasa memberikan arahan dan masukan selama masa-masa awal menjadi kepala sekolah.

C.      mengawasi ketat selama 6 bulan pertama masa tugas sebagai kepala sekolah dan secara berkala memberikan evaluasi.

D.      mengimbau kepala sekolah untuk mempelajari tugas dan tanggung jawab kepala sekolah.

 Jawaban : A.  memberikan tugas-tugas yang relevan dengan posisi kepala sekolah dan harus diselesaikan dalam tenggat waktu tertentu.


19. Beberapa guru baru bergabung dan telah bekerja sebagai tenaga pengajar untuk beberapa waktu. Pada masa awal mereka bergabung, Anda melihat ada kompetensi yang harus ditingkatkan sehingga Anda memberikan tugas yang harus dikerjakan dalam tenggat waktu tertentu. Sebagian guru baru sudah menyelesaikan tugas sebelum tenggat waktu yang ditentukan berakhir. Terdapat beberapa tugas lagi yang harus diselesaikan selain mengajar. Yang Anda lakukan ialah ....

A.      memberikan tugas yang baru kepada guru yang sudah menyelesaikan tugas sebelumnya tanpa harus menunggu guru baru yang lain sehingga penyesuaian dilakukan secara fleksibel kapan pun setiap guru baru itu menyelesaikan tugas yang diberikan.

B.      memberikan tugas secara sekaligus karena berdasarkan pengamatan Anda, terdapat perbedaan kecepatan kerja yang signifikan antara guru baru yang satu dan yang lainnya sehingga beberapa guru baru akan kesulitan jika tenggat waktu disamakan.

C.      memberikan tugas berikutnya sesegera mungkin tetapi Anda tidak lagi memantau perkembangan penyelesaian tugas oleh para guru baru, seperti tugas yang pertama.

D.      menunggu hingga tenggat waktu yang ditentukan untuk memberikan tugas yang baru kepada semua guru baru secara bersamaan.

 Jawaban : A.  memberikan tugas yang baru kepada guru yang sudah menyelesaikan tugas sebelumnya tanpa harus menunggu guru baru yang lain sehingga penyesuaian dilakukan secara fleksibel kapan pun setiap guru baru itu menyelesaikan tugas yang diberikan.


20. Setelah pandemi, sistem pembelajaran perlahan lahan mulai pulih namun Anda melihat ada kecenderungan untuk tetap meneruskan kelas dalam bentuk daring. Beberapa guru Anda masih kesulitan dalam menjalankan kelas daring meskipun sudah melaksanakannya selama masa pandemi. Untuk menyiapkan mereka akan kemungkinan diteruskannya kelas secara daring, yang Anda lakukan ialah ....

A.      tetap menjalankan tugas seperti biasanya, kelas daring diteruskan masih berupa kemungkinan sehingga belum merupakan prioritas kerja.

B.      melakukan simulasi kelas daring bersama dengan guru lain untuk perlahan-lahan membiasakan para guru.

C.      melakukan program pelatihan yang diikuti para guru untuk menyiapkan mereka jika kelas daring akan tetap dilanjutkan.

D.      memberikan guru tugas-tugas sederhana yang berkaitan dengan metode pembelajaran daring.

 Jawaban : C.  melakukan program pelatihan yang diikuti para guru untuk menyiapkan mereka jika kelas daring akan tetap dilanjutkan.


21. Kepala sekolah Anda berencana melakukan perubahan di sekolah yang melibatkan seluruh warga sekolah untuk kelancaran proses belajar mengajar. Sebagai pengawas sekolah, yang Anda lakukan ialah ….

A.      tidak memberikan komentar dan masukan apa pun.

B.      menawarkan bantuan dan bersedia membantu kepala sekolah jika dibutuhkan.

C.      mendukung rencana kepala sekolah dan memberikan masukan yang Anda rasa perlu.

D.      mendukung rencana kepala sekolah dan memintanya untuk melaporkan perkembangan yang terjadi.

 Jawaban : B.  menawarkan bantuan dan bersedia membantu kepala sekolah jika dibutuhkan.


22. Seorang kepala sekolah mendatangi Anda dan meminta pendapat Anda mengenai masalah yang dihadapi berkaitan dengan sekolahnya. Sebagai pengawas sekolah, yang Anda lakukan ialah ….

A.      mendukung kepala sekolah melakukan tindakan yang sudah dipikirkan .

B.      langsung memberikan saran yang pertama kali muncul di kepala Anda.

C.      menyarankan solusi setelah Anda membandingkan berbagai macam alternatif jalan keluar yang bisa Anda pikirkan.

D.      mendiskusikan bersama kemungkinan-kemungkinan tindakan yang sudah dipikirkan oleh kepala sekolah.

 Jawaban : C.  menyarankan solusi setelah Anda membandingkan berbagai macam alternatif jalan keluar yang bisa Anda pikirkan.


23. Tenaga guru di salah satu sekolah binaan Anda bertengkar dan berdampak pada suasana di lingkungan sekolah. Kepala sekolah berusaha menyelesaikan masalah ini tetapi meminta pendapat Anda sebagai pengawas sekolah karena kepala sekolah sendiri masih memiliki pertimbangan-pertimbangan. Yang Anda lakukan ialah ....

A.      mengimbau kepala sekolah untuk memberikan teguran kepada guru yang terlibat selain dari melakukan jalan keluar yang sudah didiskusikan bersama.

B.      mendiskusikan permasalahannya bersama dengan kepala sekolah dan memikirkan setiap kemungkinan solusi dengan hati-hati.

C.      menanyakan alternatif solusi yang sudah dipikirkan oleh kepala sekolah dan menyarankan alternatif yang paling baik menurut Anda.

D.      mendukung apa pun keputusan yang dipikirkan oleh kepala sekolah.

 Jawaban : B.  mendiskusikan permasalahannya bersama dengan kepala sekolah dan memikirkan setiap kemungkinan solusi dengan hati-hati.


24. Setelah masa pandemi berakhir, pembelajaran daring mulai dilirik sebagai salah satu alternatif media pembelajaran sehingga tidak setiap hari peserta didik diharuskan datang mengikuti pelajaran secara tatap muka di sekolah. Beberapa sekolah memertimbangkan untuk memasukkan sistem pembelajaran daring ke dalam proses belajar mengajar secara resmi, salah satunya sekolah binaan Anda. Tetapi, sekolah binaan Anda masih memiliki kekurangan terkait sarana dan prasarana untuk melakukan kelas daring yang belum dimiliki oleh semua guru. Demikian pula dengan akses internet. Sebagai jalan keluar terhadap hal ini, yang Anda lakukan sebagai pengawas sekolah ialah ....

A.      tidak memaksakan semua kelas harus ada kelas daring, hanya kelas dengan guru yang memiliki sumber daya memadai yang melakukan kelas daring.

B.      menolak ide ini karena berbagai keterbatasan sumber daya yang dimiliki oleh sekolah binaan Anda.

C.      menyetujui diadakannya kelas daring dan menugasi kepala sekolah untuk melengkapi sarana prasarana yang dibutuhkan.

D.      berdiskusi dengan kepala sekolah mengenai keterbatasan dan kemungkinan gagalnya penyelenggaraan kelas daring, sehingga sebaiknya disarankan untuk melengkapi sarana dan prasarana terlebih dahulu.

 Jawaban : D.   berdiskusi dengan kepala sekolah mengenai keterbatasan dan kemungkinan gagalnya penyelenggaraan kelas daring, sehingga sebaiknya disarankan untuk melengkapi sarana dan prasarana terlebih dahulu.


25. Kepala sekolah berprestasi di sekolah negeri binaan Anda sedang viral di media sosial karena pidatonya pada upacara bendera. Dalam pidatonya dia menceritakan kisah orang yang berpindah kepercayaan, menurutnya hal tersebut adalah keteladanan yang baik, namun masyarakat menganggapnya sebagai keberpihakan pada kepercayaan tertentu dan menyudutkan yang lain. Untuk mengatasi ini tindakan Anda sebagai pengawas sekolah ialah ...

A.      menyampaikan kepada kepala sekolah bahwa pidato tersebut bisa dipandang sensitif dan menyarankan agar memperhatikan kata-kata yang digunakan pada acara-acara selanjutnya.

B.      mengatur pertemuan kepala sekolah tersebut dengan para tokoh masyarakat setempat untuk meminta maaf dan memberi umpan balik agar ada tindakan yang sesuai terhadap situasi ini.

C.      melakukan klarifikasi secara personal kepada kepala sekolah tersebut, lalu menyampaikannya kepada dinas pendidikan setempat untuk meminta saran cara mengatasi masalah ini.

D.      mengambil tindakan tegas terhadap kepala sekolah dengan memberikan peringatan tertulis agar tidak membuat pidato yang menyinggung sensitivitas agama.

 Jawaban : B.  mengatur pertemuan kepala sekolah tersebut dengan para tokoh masyarakat setempat untuk meminta maaf dan memberi umpan balik agar ada tindakan yang sesuai terhadap situasi ini.


26. Anda sebagai pengawas sekolah mengunjungi salah satu sekolah yang terkenal dengan keberagaman peserta didiknya. Di tengah-tengah kunjungan, Anda melihat ada beberapa peserta didik yang berseragam sekolah dipadukan dengan hiasan kepala, tangan, kaki dari pakaian adat yang berbeda-beda. Bagi sekolah tersebut hal ini membanggakan karena mengakomodasi berbagai ekspresi peserta didik, tetapi sebagian rekan pengawas sekolah menganggap hal ini perlu ditertibkan. Tindakan Anda ialah ...

A.      membuat survei kepada peserta didik, orangtua, guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah tentang pendapat mereka terhadap kebebasan berpakaian tersebut.

B.      mendukung kebijakan sekolah yang mengizinkan peserta didik mengekspresikan diri melalui penampilan, karena keberagaman merupakan aset yang perlu diapresiasi.

C.      mengingatkan kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan sekolah bahwa kebijakan pakaian dan aksesoris harus sama persis dengan aturan berseragam yang ada.

D.      membawa cerita dampaknya ke peserta didik pada forum-forum dinas pendidikan daerah maupun saat berkunjung ke sekolah lain. Hal ini agar semakin banyak yang terinspirasi

 Jawaban : D.  membawa cerita dampaknya ke peserta didik pada forum-forum dinas pendidikan daerah maupun saat berkunjung ke sekolah lain. Hal ini agar semakin banyak yang terinspirasi


27. Ada guru baru yang bergabung dengan sekolah binaan Anda mengenakan pakaian khas agama setiap hari di sekolah. Namun, beberapa guru merasa tidak nyaman dengan pakaian tersebut. Hal ini menjadi obrolan besar di sekolah-sekolah binaan Anda, sebagai pengawas sekolah cara anda menanggapinya ialah ...

A.      mengembangkan program pelatihan dan pembinaan tentang keberagaman budaya dan etika di sekolah, untuk meningkatkan pemahaman dan toleransi antar individu dan kelompok, sebagai upaya agar tidak terulang.

B.      membuat tabel identifikasi terkait nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat setempat, tabel tersebut sebagai pedoman berdiskusi dengan guru terkait, sehingga tindakan berikutnya dapat sesuai dengan budaya yang berlaku.

C.      meminta guru baru untuk berkonsultasi dengan Kepala Sekolah dan staf lainnya agar mengetahui aturan dan norma berpakaian di sekolah barunya. Termasuk meminta maaf pada pihak yang dibuat tidak nyaman.

D.      membuat peraturan yang jelas mengenai cara berpakaian dilengkapi dengan batasan-batasannya untuk semua guru dan karyawan sekolah yang harus mempertimbangkan sensitivitas agama, budaya dan etika yang berlaku.

 Jawaban : B.  membuat tabel identifikasi terkait nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat setempat, tabel tersebut sebagai pedoman berdiskusi dengan guru terkait, sehingga tindakan berikutnya dapat sesuai dengan budaya yang berlaku.


28. Guru-guru di beberapa sekolah binaan Anda masih kebingungan menerapkan pembelajaran terdiferensiasi. Padahal Anda sudah menitipkan kepada kepala sekolah untuk mengawal ini dengan baik. Anda pun sudah pernah menjadi narasumber terkait diferensiasi di sekolah tersebut. Maka upaya awal yang Anda lakukan bersama kepala sekolah ialah ....

A.      melakukan identifikasi terkait kendala yang dialami sekolah binaan, menyelenggarakan pelatihan & mentoring untuk menjawab kendala tersebut serta menemukan dan membahas bersama praktik-praktik baik diferensiasi yang sudah dilakukan di sekolah meskipun berskala kecil.

B.      melakukan coaching kepada kepala sekolah, hasil coaching dimanfaatkan untuk mencarikan narasumber pelatihan yang lebih menguasai topik diferensiasi, pelatihan kemudian dilengkapi dengan ajakan melakukan aksi nyata yang menerapkan pembelajaran terdiferensiasi di kelas.

C.      memberikan mentoring kepada guru yang mengalami kebingungan, menyertakan mereka pada pelatihan-pelatihan serta menyelenggarakan lomba pembelajaran terdiferensiasi, agar semakin banyak guru yang termotivasi untuk belajar dan segera menerapkannya di kelas masing-masing.

D.      menyediakan berbagai literatur terkait pembelajaran terdiferensiasi agar para guru dapat memahami secara mandiri sesuai waktu dan kecepatan belajarnya. Setelah itu, menyelenggarakan pekan pembelajaran terdiferensiasi untuk penerapan serentak.

 Jawaban : A.  melakukan identifikasi terkait kendala yang dialami sekolah binaan, menyelenggarakan pelatihan & mentoring untuk menjawab kendala tersebut serta menemukan dan membahas bersama praktik-praktik baik diferensiasi yang sudah dilakukan di sekolah meskipun berskala kecil.


29. Sekolah-sekolah binaan Anda baru kali ini akan menyelenggarakan Pameran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pada saat pendampingan Anda sudah menyampaikan harapan agar pada persiapan, proses hingga pameran nanti mampu menampilkan karya dan aksi anak sebaik mungkin. Sekolah juga sudah Anda dorong belajar melalui pelatihan-pelatihan. Seiring perjalanan Anda mendapati kepala sekolah, guru dan fasilitator projek menjadikan pameran sebagai sarana lomba, sejak awal sekolah menjanjikan hadiah untuk kriteria tertentu. Menanggapi situasi ini, yang Anda lakukan ialah ....

A.      melakukan perbaikan secara bertahap untuk mengatasi miskonsepsi dalam penerapan projek penguatan profil pelajar pancasila serta penguatan terhadap praktik yang mendorong motivasi intrinsik peserta didik.

B.      membuat panduan yang jelas dan terstruktur tentang konsep dan penyelenggaraan pameran projek penguatan profil pelajar pancasila, untuk diberikan kepada guru dan fasilitator projek.

C.      mendorong kepala sekolah, guru dan fasilitator projek untuk menghapus lomba dalam pameran karya projek serta membuat ajakan untuk merefleksikan tujuan dan manfaatnya

D.      memberikan apresiasi terhadap sekolah-sekolah binaan yang telah membuat perkembangan dalam penerapan program tersebut, terutama yang telah berhasil membuat keputusan cepat.

 Jawaban : A.  melakukan perbaikan secara bertahap untuk mengatasi miskonsepsi dalam penerapan projek penguatan profil pelajar pancasila serta penguatan terhadap praktik yang mendorong motivasi intrinsik peserta didik.


30. Salah satu sekolah favorit binaan Anda sering menjuarai lomba, di sana banyak aktivitas drilling soal baik untuk mata pelajaran sehari-hari maupun untuk persiapan lomba maupun olimpiade. Ketika Anda mendorong untuk meningkatkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik Kepala Sekolah dan Guru khawatir akan mengubah budaya dan prestasi sekolah selama ini. Maka sebagai pengawas sekola hal yang selanjutnya Anda lakukan ialah ....

A.      mengatur sesi mentoring dan berbagi antar guru yang sudah berhasil menerapkan strategi pembelajaran berpusat pada peserta didik dengan guru yang masih kesulitan, lalu menyelenggarakan lomba terkait inovasi pembelajaran

B.      membuat lomba praktik pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, sehingga sekolah-sekolah favorit tetap dapat tampil sebagai pemenang dan bangga terhadap prestasinya serta memberi pendampingan persiapan kepada sekolah sebelum lomba tersebut

C.      mendiskusikan bersama sekolah terkait tujuan dan dampak pembelajaran berpusat pada peserta didik serta menyelenggarakan pelatihan terkait yang dilengkapi dengan pameran karya lintas sekolah sebagai ruang menunjukkan keunggulan masing-masing sekolah

D.      menyelenggarakan sesi diskusi dengan sekolah bahwa perubahan budaya adalah hal yang hakiki, tak dapat dihindari, sehingga sekolah perlu siap berubah dari budaya lama ke baru, lalu sekolah yang favorit dijamin akan tetap jadi favorit.

 Jawaban : C.  mendiskusikan bersama sekolah terkait tujuan dan dampak pembelajaran berpusat pada peserta didik serta menyelenggarakan pelatihan terkait yang dilengkapi dengan pameran karya lintas sekolah sebagai ruang menunjukkan keunggulan masing-masing sekolah


31. Sebagai pengawas sekolah, Anda ingin sekolah-sekolah binaan Anda makin dikenal, salah satunya dengan mengajak para kepala sekolah untuk lebih sering tampil di publik sebagai narasumber. Selain berdampak ke sekolah, harapannya dapat memberi kesempatan kepala sekolah untuk mengembangkan karier. Kepala sekolah setuju dengan upaya agar sekolah semakin dikenal, namun ada yang menolak jika tampil di forum yang lebih luas. Maka hal yang Anda lakukan ialah ....

A.      mengidentifikasi praktik-praktik baik para kepala sekolah dan mengategorikan topiknya untuk meyakinkan mereka menjadi narasumber sesuai dengan kapasitasnya

B.      membiarkan para kepala sekolah/madrasah yang menolak tawaran Anda kemudian mencari alternatif orang lain untuk diajak sebagai narasumber seminar/webinar.

C.      mempengaruhi para kepala sekolah/madrasah dengan memberikan insentif atau hadiah bagi mereka yang mau bergerak menjadi narasumber seminar/webinar.

D.      memberi motivasi kepada kepala sekolah/madrasah untuk tidak takut mengambil kesempatan dan menyampaikan pengalaman bahwa zaman dulu pun saya berani.

 Jawaban : A.  mengidentifikasi praktik-praktik baik para kepala sekolah dan mengategorikan topiknya untuk meyakinkan mereka menjadi narasumber sesuai dengan kapasitasnya


32. Kepala dinas memberi arahan agar pameran karya peserta didik antar sekolah se-kabupaten dapat dilaksanakan segera. Namun rekan kerja Anda tidak merespon komunikasi Anda dan cenderung mengabaikan ide-ide Anda. Menurut mereka tinggal laksanakan program expo pendidikan seperti tahun lalu dan diubah namanya menjadi pameran karya, terlebih waktu deadline pelaksanaan tinggal sebentar lagi. Pada situasi ini yang Anda lakukan ialah ....

A.      meminta bantuan kepada kepala dinas dengan menjelaskan kondisi di lapangan dan hal-hal yang sudah terjadi, lalu memintanya untuk membantu mengatasi masalah ini

B.      meminta umpan balik dari kepala dinas terkait kondisi dan cara yang sudah Anda lakukan, tetapi mengalami kegagalan sehingga dapat menemukan cara baru

C.      menegur rekan kerja tersebut secara langsung dan meminta mereka untuk lebih menghargai ide-ide dan kontribusi Anda, lalu mengajak menerapkan salah satu ide

D.      mencari cara-cara baru untuk membangun komunikasi dengan rekan kerja, termasuk meminta saran tindakan yang langsung diterapkan dari kepala dinas

 Jawaban : B.  meminta umpan balik dari kepala dinas terkait kondisi dan cara yang sudah Anda lakukan, tetapi mengalami kegagalan sehingga dapat menemukan cara baru


33. Sebagai pengawas sekolah Anda mendapati ada satu kepala sekolah binaan sudah mampu menerapkan coaching kepada guru di sekolah. Di lain sisi, Anda melihat banyak pengawas sekolah lain yang belum mampu menerapkan coaching. Namun di daerah Anda pengawas sekolah belajar dari kepala sekolah belum menjadi budaya, sehingga khawatir ditolak. Upaya yang Anda lakukan ialah ....

A.      menyelenggarakan pendidikan & pelatihan untuk para pengawas sekolah terkait coaching serta menjadikan kepala sekolah tersebut sebagai narasumbernya.

B.      membujuk para pengawas sekolah agar memahami pentingnya coaching, sehingga mau belajar coaching dari kepala sekolah yang sudah menerapkannya.

C.      menjelaskan kepada para pengawas sekolah bahwa ada kepala sekolah binaan Anda yang menerapkan coaching, sehingga jangan sampai pengawas sekolah kalah.

D.      mengidentifikasi program di organisasi profesi pengawas sekolah yang tepat digunakan sebagai sesi berbagi dari kepala sekolah tersebut ke rekan pengawas.

 Jawaban : D.  mengidentifikasi program di organisasi profesi pengawas sekolah yang tepat digunakan sebagai sesi berbagi dari kepala sekolah tersebut ke rekan pengawas.


34. Sebentar lagi diselenggarakan acara besar pendidikan di daerah Anda. Hal ini muncul dari inisiasi Anda menyelenggarakan program untuk meningkatkan kolaborasi antara kepala sekolah/madrasah dan guru-guru di satuan pendidikan. Namun di media sosial timbul protes dari pihak yang merasa tidak dilibatkan di acara tersebut. Maka sikap Anda ialah ...

A.      mendengarkan dengan seksama keluhan pihak-pihak tersebut dan mengakui kesalahan.

B.      membuka kembali komunikasi dengan para pihak terkait alasan mereka tidak diikutsertakan.

C.      meminta mereka mendaftar alasan-alasan melakukan protes di media sosial.

D.      menjelaskan kembali tujuan dari program tersebut serta prosedur keikutsertaan.

 Jawaban : A.  mendengarkan dengan seksama keluhan pihak-pihak tersebut dan mengakui kesalahan.


35. Menghadapi kondisi sekolah binaan yang berbeda satu sama lain, sebagai pengawas sekolah Anda menerapkan pendampingan gradual maupun penguatan perubahan sesuai kondisi sekolah. Namun secara kasat mata rekan pengawas sekolah belum melihat dampak pendampingan tersebut, maka yang Anda lakukan ialah ...

A.      meminta waktu kepada rekan pengawas sekolah lain, karena strategi pendampingan sekolah yang Anda lakukan baru akan menunjukkan dampak pada jangka waktu tertentu.

B.      memaparkan bukti-bukti dampak ragam strategi pendampingan sekolah yang sudah Anda lakukan dari waktu ke waktu, lalu meminta masukan dari pengawas sekolah lainnya.

C.      meminta umpan balik dari para rekan pengawas sekolah, dilengkapi daftar aktivitas yang Anda lakukan saat pendampingan. Hasil umpan balik dianalisis dan disampaikan kepada pengawas sekolah lainnya.

D.      mengadakan sesi diskusi bersama rekan pengawas lainnya untuk mengetahui perkembangan yang Anda hasilkan selama melakukan berbagai upaya pendampingan kepada para kepala sekolah.

 Jawaban : C. meminta umpan balik dari para rekan pengawas sekolah, dilengkapi daftar aktivitas yang Anda lakukan saat pendampingan. Hasil umpan balik dianalisis dan disampaikan kepada pengawas sekolah lainnya.


36. Anda sudah berhasil mendorong sekolah-sekolah binaan untuk memiliki pojok baca di tiap kelas serta menyelenggarakan pelatihan menulis untuk para guru, hingga menghasilkan karya berupa buku antologi guru. Namun rapor pendidikan sekolah binaan menunjukkan literasi yang masih rendah. Menghadapi ini yang Anda lakukan sebagai pengawas sekolah ialah ...

A.      merefleksikan hasil rapor pendidikan bersama serta meminta kepala sekolah untuk memastikan pojok baca membuat peserta didik mau membaca buku-buku yang ada. Karena keberadaan pojok baca tanpa aktifitas tidak akan berdampak.

B.      mendiskusikan fenomena ini dengan kepala sekolah, untuk merefleksikan penerapan program tersebut di sekolah, lalu meminta masukan terkait kesesuaian pendampingan yang selama ini dilakukan dengan kondisi sekolah.

C.      meminta maaf kepada kepala sekolah terkait saran-saran dan upaya yang selama ini Anda berikan tidak memberikan dampak baik pada rapor pendidikan. Lalu mendiskusikan upaya lain yang bisa segera diterapkan.

D.      mendiskusikan dengan kepala sekolah terkait pengaruh program pada proses pembelajaran di kelas serta meminta umpan balik terkait kelebihan maupun kekurangan diri dalam mendampingi program tersebut selama ini.

Jawaban : D.  mendiskusikan dengan kepala sekolah terkait pengaruh program pada proses pembelajaran di kelas serta meminta umpan balik terkait kelebihan maupun kekurangan diri dalam mendampingi program tersebut selama ini.


Meskipun di setiap option yang akan dipilih memiliki nilai, namun pilihan jawaban diatas merupakan pilihan jawaban terbaik yang memiliki point nilai tertinggi. Jadi kunci jawaban diatas dapat membantu para calon pengawas dalam mengetahui jawaban pada soal yang disajikan sehingga bisa menjadi referensi pembelajaran yang bermanfaat.


Demikianlah informasi mengenai kumpulan Soal Uji Kompetensi (UKOM) untuk pengawas sekolah yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan kali ini, semoga sajian soal UKOM ini dapat menjadi bahan pembelajaran dan referensi bagi para guru yang ingin menjadi pengawas sekolah dan bisa lulus dalam mengikuti UKOM pengawas sekolah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel