Rangkuman Matematika Kelas 5 Bab 14 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id - Rangkuman Materi Matematika Kelas 5 SD Bab 14 “ Bangun Ruang” Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, dikesempatan kali ini admin akan kembali berbagi informasi pendidikan yang mana pada kesempatan ini admin akan mencoba untuk menyajikan sebuah materi pelajaran matematika kelas 5 SD kurikulum merdeka yang telah di rangkum sehingga akan sangat membantu bagi para guru maupun siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan belajar.

 


Adapun materi yang telah admin siapkan dalam bentuk rangkuman di kesempatan ini ialah materi pelajaran matematika kelas 5 SD Bab 14 dengan judul materi “ Bangun Ruang” yang mana materi ini merupakan materi yang akan di pelajari di semester 2 kurikulum merdeka.

 

Admin sengaja membuat rangkuman materi Bab 14 “ Bangun Ruang” Semester 2 Kurikulum Merdeka ini dengan maksud agar bisa menjadi sebuah referensi belajar yang akan memudahkan guru maupun siswa yang akan melakukan aktivitas belajar pada mapel matematika di kelas 5 SD versi kurikulum merdeka.

 

Bagi anda yang saat ini sedang membutuhkan ringkasan atau rangkuman materi matematika Bab 14 “ Bangun Ruang” pada kelas 5 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka maka anda bisa mendapatkan rangkuman materinya secara lengkap pada postingan ini.

 

Dalam materi matematika Bab 14 “ Bangun Ruang” Semester 2 Kurikulum Merdeka, ada beberapa materi inti yang akan di pelajari didalamnya, diantaranya yaitu sebagai berikut ;

1.       Prisma dan Tabung

2.       Sketsa dan Jaring-jaring

 

Nah, melalui kesempatan ini admin kherysuryawan telah menyiapkan ringkasan/rangkuman materinya secara lengkap dan semoga bisa membantu rekan pendidik dan peserta didik dalam mempelajari materi yang ada di semester 2 Kelas 5 SD kurikulum merdeka. Sajian rangkuman materi matematika Kelas 5 SD semester 2 Bab 14 kurikulum merdeka yang telah admin kherysuryawan buat ini hendaknya bisa di jadikan sebagai salah satu sumber belajar yang bisa membantu rekan pendidikan dalam belajar baik untuk belajar di sekolah maupun untuk belajar di rumah masing-masing.

 

Sebelum admin kherysuryawan membagikan dan menyajikan rangkuman/ringkasan materi pelajaran matematika Kelas 5 SD Semester 2 pada Bab 14 tentang Bangun Ruang, maka ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu isi dari tujuan pembelajaran yang ingin di capai pada pembelajaran di Bab 14 ini.

 

Tujuan Unit Pembelajaran Bab 14, yaitu sebagai berikut :

  • Memahami komponen (bidang, rusuk, titik sudut) bangun ruang melalui permainan tebak bangun ruang. 
  • Memahami definisi, penamaan, dan komponen penyusun prisma dan tabung.

 

Baiklah untuk lebih jelasnya maka silahkan di simak sajian ringkasan/rangkuman materi matematika Kelas 5 SD Bab 14 semester 2 kurikulum merdeka di bawah ini :

 

UNIT 14 BANGUN RUANG

Prisma dan Tabung

Perhatikan beberapa gambar di bawah ini :

Bangun ruang seperti , , , dan disebut prisma.

 

Kedua bidang yang kongruen dan sejajar dari prisma disebut sisi alas, dan bidang segi empat yang mengitari alas disebut sisi tegak.

Jadi, prisma adalah bangun ruang yang mempunyai dua bidang yang sejajar dan kongruen.

 

Jika sisi alas adalah segitiga, segi empat atau segi lima, maka prisma tersebut berturut-turut dinamakan prisma segitiga, prisma segi empat atau prisma segi lima. Kubus dan balok merupakan jenis-jenis prisma.

 

Bangun seperti ditunjukkan di bawah ini disebut tabung.

Dua sisi kongruen yang sejajar berbentuk lingkaran disebut sisi alas, dan bidang lengkung yang mengitari alas disebut sisi tegak. Panjang garis yang menghubungkan 2 alas dan tegak lurus dengan kedua alas prisma atau tabung berturut-turut dinamakan tinggi prisma atau tinggi tabung.

 

Sketsa dan Jaring-jaring

sketsa

Ayo, menggambar sketsa bangun ruang berikut.


Jaring-jaring

Berikut ini jarring-jaring prisma segitiga


Itulah sajian rangkuman materi matematika Kelas 5 SD Bab 14 Semester 2 Kurikulum Merdeka yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan ini.

 

Bagi anda yang ingin melihat materinya lebih lengkap pada mata pelajaran matematika Kelas 5 SD Bab 14 semester 2 kurikulum merdeka maka anda bisa melihat sajian materinya pada judul di bawah ini :

 

  • Buku Siswa Matematika Kelas 5 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka Lengkap – (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai rangkuman materi pelajaran matematika Kelas 5 SD semester 2 khususnya pada materi yang ada di Bab 14 yang akan di pelajari di kurikulum merdeka pada pembelajaran semester 2. Semoga sajian materi ini dapat membantu rekan guru dan siswa dalam belajar matematika di Kelas 5 SD semester 2 kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel