Instrumen Penilaian Isi Dokumen Refleksi Tindak Lanjut Guru di PMM

Kherysuryawan.id - Rubrik Penilaian pada Pengisian Dokumen Refleksi Tindak Lanjut Guru di PMM.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia pada postingan kali ini admin akan membahas tentang pengelolaan kinerja guru yang menjadi kewajiban bagi seorang guru dalam melakukan pengelolaan kinerja dan kewajiban bagi kepala sekolah dalam melakukan penilaian atas kinerja guru.

 


Ada beberapa tahapan yang harus di lalui oleh guru dan kepala sekolah dalam melakukan pengelolaan kinerja di PMM. Bagi guru hal terpenting ialah menyelesaikan semua tahapan pada praktik kinerja hingga mengumpulkan semua dokumen yang harus di penuhi sesuai rencana hasil kerja yang telah di pilih di PMM hingga bisa memperoleh presentase 100%.

 

Dikesempatan kali ini admin akan membahas pengelolaan kinerja guru pada tahap penilaian praktik kinerja bagian kedua yakni mengenai Pelaksanaan Tindak lanjut. Perlu untuk di ketahui bahwa setelah guru melakukan observasi pembelajaran maka guru harus mengisi dokumen tindak lanjut kemudian melaksanakan apa yang menjadi tindak lanjut dan setelah itu guru harus mengisi dokumen refleksi tindak lanjut.

 

Setelah guru mengisi dokumen refleksi tindak lanjut, maka selanjutnya adalah tugas kepala sekolah untuk melakukan penilaian atas pengisian dokumen refleksi tindak lanjut yang telah di lakukan oleh guru dipengelolaan kinerja PMM. Kepala sekolah memiliki hak dan kewajiban untuk melakukan penilaian pada hasil pengisian dokumen refleksi tindak lanjut pada masing-masing guru di pengelolaan kinerja PMM.

 

Lantas apa saja yang akan di nilai oleh kepala sekolah pada tahap pengisian isi dokumen refleksi tindak lanjut guru ?

Apa saja point-point penilaiannya ?

Berikut ini panduan penilaiannya :


Nilai Upaya Refleksi Guru

Bagaimana kesadaran guru ketika berefleksi?

Sadar tantangan dan penyebabnya berada di luar kendali diri

  • Menjelaskan penyebab tantangan yang berasal dari faktor eksternal (sarana prasarana, anggaran, koneksi sinyal, dll).

Sadar tantangan dan penyebabnya berada di dalam kendali diri

  • Menjelaskan penyebab tantangan yang berasal dari kemampuan atau keterbatasan dirinya, bukan dari faktor eksternal.

Sadar tantangan dan penyebabnya berada di dalam kendali diri serta dampaknya

  • Menjelaskan penyebab tantangan yang berasal dari kemampuan atau keterbatasan dirinya, bukan dari faktor eksternal.
  • Menjelaskan dampak kualitas pembelajaran yang dirasakan murid disertai data, bukti lapangan, riset, atau Rapor Pendidikan.

 

Nilai Upaya Mempelajari Guru

Bagaimana upaya guru mempelajari dan menguasai kompetensi yang dibutuhkan untuk peningkatan kinerja berdasarkan hasil observasi kelas dan hasil refleksi?

Melakukan upaya tindak lanjut

  • Melakukan upaya tindak lanjut yang sudah disepakati.

Mempraktikkan inspirasi dari upaya tindak lanjut

  • Mendapatkan inspirasi dari upaya tindak lanjut yang telah dilakukan.
  • Mempraktikkan inspirasi dari upaya tindak lanjut yang telah dilakukan.

Membagikan praktik baik hasil inspirasi dari upaya tindak lanjut

  • Mempraktikkan inspirasi dari upaya tindak lanjut yang telah dilakukan.
  • Membagikan praktik baik melalui komunitas belajar di dalam dan/atau luar sekolah.

 

Itulah point-point penilaian yang nantinya akan di pilih oleh kepala sekolah dalam melakukan penilaian dokumen refleksi tindak lanjut guru. Selain itu kepala sekolah juga harus menuliskan sebuah catatan yang menggambarkan perilaku guru dan respon murid yang sesuai dengan hasil penilaian yang telah di lakukan.

 

Bagi para kepala sekolah yang akan melakukan penilaian di PMM khususnya pada bagian isi dokumen refleksi tindak lanjut guru dan membutuhkan instrument atau format penilainnya, maka anda bisa mendapatkan rubrik penilaiannya melalui artikel ini sebab disini admin kherysuryawan telah menyiapkan formatnya dalam bentuk file PDF.

 

Baiklah bagi anda yang membutuhkan Instrumen Penilaian Pengisian Dokumen Refleksi Tindak Lanjut Guru di PMM, maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Instrumen Penilaian Pengisian Dokumen Refleksi Tindak Lanjut Guru di PMM – (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai format/Instrumen/rubrik Penilaian Pengisian Dokumen Refleksi Tindak Lanjut Guru di PMM yang bisa digunakan oleh kepala sekolah dalam melakukan penilaian kinerja guru di PMM. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu bapak/ibu kepala sekolah yang akan melakukan penilaian kinerja guru di PMM.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel