[ TERBARU ] Susunan Upacara Penutupan MPLS SD,SMP,SMA/SMK Tahun 2023/2024

Kherysuryawan.id - Urutan susunan upacara penutupan MPLS Tahun Pelajaran 2023/2024 untuk jenjang SD,SMP,SMA/SMK.
Pada postingan saya sebelumnya saya telah membagikan file penting yang berhubungan dengan pelaksanaan upacara pada kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah atau MPLS.

Jika pada artikel sebelumnya saya telah membagikan urutan atau susunan upacara pembukaan pada kegiatan MPLS maka pada postingan ini kembali saya akan memberikan file berikutnya yaitu file susunan upacara penutupan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS).




Bagi anda yang di sekolahnya selalu rutin melakukan kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah maka pastinya pernah melakukan upacara pembukaan dan upacara penutupan MPLS.
Upacara penutupan MPLS di lakukan sebagai bentuk berakhirnya pelaksanaan kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah yang kemudian sekaligus dirangkaikan dengan melepas seluruh atribut yang di gunakan selama kegiatan MPLS bagi peserta didik baru sehingga keesokan harinya dapat memulai aktivitas yang sama dengan peserta didik yang lainnya dan di anggap telah lulus dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan MPLS.

MPLS merupakan singkatan dari masa pengenalan lingkungan sekolah, yang mana kegiatan MPLS di tujukan bagi siswa yang baru diterima disekolah baru yang di masukinya. Kegiatan MPLS merupakan suatu kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh setiap sekolah yang melakukan proses penerimaan peserta didik baru.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya, setelah selesainya kegiatan penerimaan siswa baru maka akan dilanjutkan dengan kegiatan masa orientasi sekolah atau yang sering di sebut dengan MOS.
Kegiatan MOS lebih identik kepada sebuah aturan yang menjadikan senior sebagai penguasa dalam kegiatan MOS tersebut, sehingga tak jarang dari kegiatan MOS tersebut ada saja masalah yang timbul dan pada umumnya terdapat kekerasan baik secara fisik maupun non fisik yang mengakibatkan adanya korban yang timbul dari kalangan peserta didik baru.

Dengan adanya kejadian tersebut pada pelaksanaan Masa orientasi sekolah (MOS) maka saat ini kegiaatn MOS sudah tidak lagi di lanjutkan dan telah di ganti dengan kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS).
Kegiatan MPLS adalah merupakan kegiatan positif yang akan dilaksanakan disetiap sekolah untuk memberikan gambaran bagi siswa baru tentang sekolah baru mereka saat ini ,sekolah yang akan menentukan keberhasilan Pendidikan mereka pada jenjang tersebut,sekolah yang akan menjadi harapan keberhasilan mereka dimasa yang akan datang, Oleh sebab itu kegiatan MPLS sangat penting untuk diisi dengan kegiatan yang menyenangkan agar siswa baru merasa nyaman berada disekolah ,jika siswa merasa nyaman maka harapan kedepannya adalah ketika proses belajar sudah berlangsung siswa akan rajin kesekolah.

Kegiatan MPLS biasanya dilakukan kurang lebih selama 1 minggu, dan kegiatan ini di lakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri bagi peserta didik baru agar dapat beradaptasi dengan baik terhadap sekolah yang baru yang akan di tempati nantinya.

Setelah kegiatan MPLS berakhir maka peserta didik baru juga harus melalui tahapan akhir yaitu melakukan penutupan kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah dengan melakukan upacara penutupan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS).

Sebagai guru terutama panitia yang masuk sebagai panitia kegiatan MPLS perlu mempersiapkan rangkaian upacara penutupan tersebut agar seluruh kegiatan MPLS yang telah dilakukan dapat di akhiri dengan baik.

Apabila anda saat ini merupakan salah satu panitia kegiatan MPLS dan belum memiliki susunan pelaksananaan upacara penutupan dalam kegiatan MPLS di sekolah anda, maka postingan ini kiranya dapat membantu anda dalam mempersiapkan susunan atau tata upacara penutupan masa pengenalan lingkungan sekolah di sekolah anda masing-masing.

Susunan urutan rangkaian upacara penutupan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) yang akan saya bagikan pada postingan kali ini dapat di gunakan pada sekolah SD, sekolah SMP, sekolah SMA dan sekolah SMK.

Baiklah bagi anda yang membutuhkan urutan rangkaian susunan upacara penutupan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) maka berikut ini saya berikan urutan susunannya mulai dari awal hingga akhir:

 PEMERINTAH KABUPATEN MANA SAJA
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Jalan Tidur No.3 Desa Mimpi Kecamatan Hayalan
NPSN: 456789 Email : carisendiri@gmail.com

SUSUNAN UPACARA PENUTUPAN MPLS

1.   Pemimpin upacara memasuki lapangan upacara;
2.   Pemimpin upacara menyiapkan pasukannya;
3.   Pembina upacara memasuki lapangan upacara;
4.   Laporan pemimpin upacara kepada Pembina upacara bahwa upacara penutupan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Tahun Pelajaran 20../20.. akan dimulai;
5.   Laporan Panitia Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah;
6.   Amanat Pembina upacara sekaligus menutup dengan resmi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Tahun Pelajaran 20../20..;
7.   Pencopotan secara simbolis Label tanda peserta MPLS, (barisan diistirahatkan)
8.   Pembacaan Doa;
9.   Laporan Pemimpin Upacara kepada Pembina Upacara bahwa upacara penutupan MPLS telah selesai dilaksanakan;
  10.   Penghormatan umum kepada Pembina Upacara dipimpin oleh Pemimpin Upacara;
11. Pembina Upacara meninggalkan lapangan upacara;
12.   Pengumuman-pengumuman;
13.   Upacara Selesai, Pemimpin Upacara Membubarkan Barisannya.

Apabila anda membutuhkan file dari susunan upacara penutupan masa pengenalan lingkungan sekolah diatas maka anda dapat mendownloadnya melalui link download yang akan saya sediakan di bawah ini, namun sebelum anda mendownloadnya, maka silahkan anda lihat terlebih dahulu tampilannya pada bagian di bawah ini :




Apabila anda menginginkan file susunan upacara penutupan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) diatas, maka silahkan anda download pada judul di bawah ini :

  • File susunan Upacara penutupan MPLS (disini)
  • SK PANITIA MPLS TERBARU (DISINI)
  • Kartu Peserta MPLS Terbaru (DISINI)
  • Materi MPLS Terbaru (DISINI)

BACA JUGA :

  • SK Pemateri MPLS Terbaru (DISINI
  • Daftar Hadir Panitia/Pemateri MPLS Terbaru (DISINI)
  • Format Contoh Tata Tertib MPLS Terbaru (DISINI)
  • Contoh Format Jadwal MPLS Terbaru (DISINI)
  • Program Kerja MPLS Terbaru (DISINI)
  • Formulir Peserta MPLS Terbaru (DISINI)

Demikianlah urutan susunan upacara penutupan masa pengenalan lingkungan sekolah atau susunan upacara pembukaan MPLS yang dapat saya bagikan, semoga susunan upacara penutupan masa pengenalan lingkungan sekolah yang telah saya bagikan tersebut dapat bermanfaat buat anda yang membutuhkannya khususnya bagi sekolah yang sedang mengadakan kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel