Instrumen Supervisi Pembelajaran K13 Tahun 2021/2022

Kherysuryawan.id – Download instrument supervisi pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013.

Sahabat pendidikan, sebagai seorang guru maka dalam melakukan proses pembelajaran ada kalanya guru akan di supervisi baik oleh kepala sekolah maupun oleh pengawas sekolah. Supervisi dilakukan dengan tujuan agar mengetahui apakah guru telah melakukan proses pengajaran yang sesuai dengan item yang harus di ajarkan pada pembelajaran di kurikulum 2013.

 


Yang akan melakukan supervisi pembelajaran bagi guru ialah kepala satuan pendidikan yang dalam hal ini ialah kepala sekolah atau biasa juga akan di lakukan oleh pengawas sekolah. Jika anda merupakan seorang kepala sekolah atau pengawas sekolah dan anda akan melakukan supervisi pembelajaran kepada guru anda maka tentunya anda harus menyiapkan format instrument supervisi pembelajaran.

 

Melalui postingan ini kherysuryawan.id akan memberikan contoh format instrument supervisi pembelajaran yang dapat di gunakan baik oleh kepala sekolah maupun oleh pangawas sekolah yang akan melakukan supervisi kepada para guru yang ada di sekolah binaan masing-masing. Format instrument supervisi pembelajaran yang akan di bagikan ini ialah untuk pembelajaran yang menggunakan kurikulum 2013.

 

Adapun format instrument supervisi pembelajaran K13 yang akan di bagikan ini sudah tersimpan dalam bentuk MS Word sehingga akan sangat mudah untuk digunakan dan juga bisa di edit sesuai kebutuhan masing-masing. Bagi bapak dan ibu kepala sekolah yang mungkin saat ini sedang membutuhkan format instrument supervisi pembelajaran kurikulum 2013 maka kiranya dengan format yang akan saya bagikan ini bisa membantu aktivitas anda dalam melakukan supervisi bagi guru di sekolah.

 

Di dalam format instrument supervisi pembelajara kurikulum 2013 yang akan di bagikan ini ada beberapa item yang akan di amati dan di berikan penilaian diantaranya yaitu :

1. kegiatan pendahaluan yang meliputi apersepsi dan motivasi, yang meliputi :

-  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran

-  Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik.

-  mengajukan pertanyaan menantang (motivasi).

-  Memberikan permasalahan atau tugas yang akan dilakukan.

-  Menyampaikan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai.

-  menyampaikan garis besar cakupan materi.

-  Menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas.

 

2. kegiatan inti (menguasai materi pembelajaran), yang meliputi :

-  Kemampuan menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran.

-  Kemampuan mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, perkembangan iptek dan kehidupan nyata.

-  Menyajikan pembahasan materi pelajaran dengan tepat.

-  Menyajikan materi secara sistematis (mudah ke sulit dan dari konkret ke abstrak).

 

3. kegiatan inti (menerapkan strategi pembelajaran yang mendidik), yang meliputi :

-  Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai.

-  Memfasilitasi kegiatan yang memuat pendekatan saintifik.

-  Melaksanakan pembelajaran secara runtut.

-  Menguasai kelas (pengelolaan kelas).

-  Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual.

-  Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect).

-  Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direnanakan.

 

4. kegiatan inti (menerapkan pendekatan saintifik), yang meliputi :

-  Memfasilitasi peserta didik untuk mengamati melalui kegiatan melihat, menyimak, mendengar, dan membaca hal-hal yang penting dari suatu benda atau obyek. (Mengamati).

-  Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya mengenai apa yang sudah dilihat, disimak, dibaca atau dilihat. (Menanya).

-  Memfasilitasi peserta didik untuk menggali dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber melalui berbagai cara. (Mengumpulkan informasi/ eksperimen).

-  Memfasilitasi peserta didik mengolah informasi yang sudah dikumpulkan baik terbatas dari hasil kegiatan mengumpulkan/eksperimen maupun dari kegiatan mengamati dan mencari solusi. (Mengasosiasi/mengolah informasi).

-  Menyampaikan hasil pengamatan, kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis atau media lainnya. (Mengomunikasikan).

 

4. kegiatan inti (menerapkan PBL), yang meliputi :

-  Melakukan orientasi peserta didik kepada masalah.

-  Mengorganisasikan peserta didik.

-  Memfasilitasi peserta didik melakukan penyelidikan.

-  Memfasilitasi peserta didik mengembangkan dan menyajikan hasil karya.

-  Melakukan analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah.

 

5. kegiatan inti (Memanfaatkan sumber belajar/ Media pembelajaran), yang meliputi :

-  Menggunakan buku peserta didik dan buku guru.

-  Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar.

-  Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar.

-  Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran.

-  Memanfaatkan media pembelajaran yang bervariasi (baik sederhana maupun canggih).

-  Menghasilkan pesan yang menarik

-  Media yang digunakan sesuai dengan materi pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran saintifik.

 

6. kegiatan inti (Melibatkan peserta didik dalam pembelajaran), yang meliputi :

 

-  Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, media pembelajaran.

-  Merespon secara positif partisipasi/keaktifan peserta didik.

-  Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon peserta didik.

-  Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif.

-  Menumbuhkan keceriaan peserta didik dalam belajar.

 

7. kegiatan inti (Menggunakan Bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran), yang meliputi :

-  Menggunakan bahasa lisan secara jelas, lancar, baik, dan benar.

-  Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar.

 

8. Kegiatan penutup (menutup pembelajaran) yang meliputi :

-  Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.

-  Memberikan tes sesuai dengan teknik dan bentuk penilaian autentik.

-  Penilaian sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.

-  Penilaian sesuai dengan pedoman penskoran dengan soal.

-  Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan tugas individual maupun kelompok, remedial, program pengayaan, dan layanan konseling.

-  Menyampaikan rencana pada pertemuan berikutnya.

 

Itulah item yang nantinya akan di nilai pada saat akan melakukan supervisi penilaian pembelajaran bagi guru oleh kepala sekolah. Adapun hasil penilaian nantinya akan di lihat dari seberapa besar item yang telah termuat tersebut di penuhi atau di kerjakan oleh para guru yang akan melakukan supervisi pembelajaran.

 

Baiklah bagi anda yang membutuhkan format instrument supervisi pembelajaran kurikulum 2013, maka anda bisa mendapatkan filenya yang akan saya bagikan di bawah ini :


  • Instrumen Supervisi Pembelajaran K13 (DISINI


Demikianlah informasi mengenai instrument supervisi pembelajaran kurikulum 2013 yang bisa saya bagikan pada kesemapatan kali ini, semoga file yang telah di bagikan diatas bisa membantu para kepala sekolah maupun pihak yang berwenang yang akan melakukan supervisi pembelajaran di sekolah masing-masing.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel