Download Modul Pembatik Level 1 Tahun 2020


Kherysuryawan.id – Kumpulan modul pembatik tahun 2020 level 1.
Sahabat guru dimanapun anda berada, apakah anda merupakan salah satu dari sekian banyak guru yang ikut mendaftar dalam kegiatan pembatik di tahun 2020 ini. Jika anda merupakan salah satu pendaftar pada pelatihan pembatik di tahun 2020 ini maka tentunya anda harus dapat mempersiapkan diri dengan baik guna mengikuti pelatihan tersebut secara rutin agar dapat lulus dan bisa melanjutkan ke level selanjutnya.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai kegiatan pembatik maka anda perlu mengetahui apa itu Pembatik. PembaTIK merupakan kepanjangan dari Pembelajaran berbasis TIK, saat ini di abad 21 guru di harapkan untuk bisa memiliki penguasaan dalam bidang teknologi sebab dunia Pendidikan harus lebih menyeimbangkan antara kemajuan dan perkembangan teknologi dengan sumberdaya manusianya yang dalam hal ini adalah pendidik dan tenaga kependidikan yang menjadi salah satu penggerak keberhasilan dalam mengembangkan Pendidikan berbasis teknologi.

Perlu anda ketahui bahwa kegiatan pelatihan Pembatik merupakan program Peningkatan Kompetensi TIK guru yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK Guru UNESCO. Dalam mengikuti pelatihan pembatik ini bukan hanya di khususkan bagi guru yang mengampu mata pelajaran TIK saja melainkan semua guru bidang study boleh mengikuti pelatihan pembatik ini. Seperti yang kita ketahui Bersama, bahwa saat ini di kurikulum 2013 revisi mata pelajaran TIK merupakan mata pelajaran yang telah menyatu dengan mata pelajaran lainnya, artinya bahwa semua mata pelajaran harus menerapkan konsep yang berbasis TIK sehingga guru yang akan mengajar minimal harus mengetahui dasar-dasar dalam menggunakan alat teknologi yang bisa membantu dalam proses pembelajaran.

Pada kegiatan pelatihan Pembatik Standar kompetensi TIK yang akan di pelajari ini terdiri dari 4 level, yaitu :
1.   Pada level satu yaitu level literasi TIK,
2.   Pada level kedua yaitu level implementasi TIK,
3.   Pada level ketiga yaitu level kreasi TIK, dan
4.   Pada level ke empat yaitu level berbagi TIK (4i leveling).
Bagi guru yang barus pertama kali ingin mengikuti pelatihan pembatik, maka tentunya harus mendaftar pada level yang pertama yaitu level literasi. Apabila pada level pertama telah dinyatakan lulus dan mendapatkan sertifikat, maka barulah ia dapat melanjutkan ke level yang kedua, dan begitu seterusnya hingga dapat menyelesaikan kelevel yang terakhir. Bagi guru yang berhasil hingga menyelesaikan pelatihan pembatik hingga ke level tertinggi dan mendapatkan nilai atau hasil yang baik maka nantinya bisa terpilih sebagai duta rumah belajar.

Kegiatan pelatihan pembatik dapat diikuti oleh semua guru baik guru yang telah berstatus sebagai PNS maupun guru yang masih berstatus sebagai guru honorer, intinya bahwa ia dapat membuktikan bahwa ia adalah guru yang masih aktif dan mengajar minimal 1 bidang study pada sekolah yang di tempatinya.
Mengapa guru harus ikut dalam kegiatan pelatihan pembatik ini, sebab dengan mengikuti pelatihan ini ada banyak manfaat yang bisa di miliki oleh seorang guru setelah selesai mengikuti pelatihan pembatik, diantaranya ialah :
·         Dapat Meningkatkan kemampuan TIK sesuai dengan perkembangan teknologi terkini
·         Guru Mendapatkan sertifikat pada setiap level dengan skala nasional
·         Siapapun yang telah ikut dan berhasil menyelesaikan setiap tahapan pada pelatihan pembatik ini, maka Berkesempatan untuk menjadi Duta Rumah Belajar
Seperti yang kita ketahui Bersama, bahwa di tahun 2020 ini kegiatan Pembatik kembali di buka untuk bisa diikuti oleh setiap guru dimanapun berada, jadi bagi anda yang ingin ikut dalam pelatihan tersebut maka anda dapat segera mendaftarkan diri agar kuota yang di sediakan masih bisa untuk anda ikuti sebab kuota peserta di batasi sehingga siapa cepat dia yang dapat.
Bagi anda yang baru saja ingin mengikuti pelatihan pembatik ini, maka tentunya anda harus memulai dari level satu yaitu level literasi TIK.

Banyak guru yang telah melakukan pendaftaran pelatihan pembatik pada level 1, namun setelah ia berhasil mendaftar ia tidak bisa melakukan pengunduhan modul materi yang akan di jadikan sebagai dasar dalam belajar. Hal itu banyak di keluhkan oleh sebagian guru yang telah berhasil melakukan proses pendaftaran pada level 1.
Melalui postingan ini, saya akan membantu bapak ataupun ibu guru yang mungkin belum sempat memiliki atau belum sempat melakukan download modul pembatik level 1 di tahun 2020 ini, maka pada postingan ini anda dapat memiliki modul atau materi pembatik level 1 tahun 2020.

Adapun jumlah modul yang akan di pelajari pada pelatihan pembatik level 1 tahun 2020 ini, terdiri dari 4 modul yang diantaranya adalah sebagai berikut :
1.   Pada modul 1 yaitu mengenai “pengenalan perangkat TIK dasar”
2.   Pada modul 2 yaitu mengenai “internet sehat, bijak dan aman”
3.   Pada modul 3 yaitu mengenai “internet untuk pembelajaran”
4.   Pada modul 4 yaitu mengenai “aplikasi pembelajaran terbuka”

Baiklah bagi bapak dan ibu guru yang mungkin telah mendaftar pada kegiatan pelatihan pembatik level 1 tahun 2020 dan belum memiliki ke empat modul pembatik level 1 tersebut, maka pada bagian di bawah ini saya telah menyediakan modulnya secara gratis, yang dapat anda miliki dengan mudah sevagai bahan pembelajaran sebelum menghadapi pelatihan di hari yang telah di jadwalkan.
Berikut ini file modul 1 hingga modul 4 pembatik level 1 tahun 2020 :

Demikianlah modul pembatik tahun 2020 level 1 yang bisa saya bagikan kepada anda di kesempatan kali ini, semoga postingan ini, dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya serta semoga anda dapat mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dalam menghadapi kegiatan pelatihan tersebut dan semoga anda dapat berhasil lulus serta bisa mendapatkan sertifikat dari kegiatan pelatihan Pembatik tersebut.
Sekian dan Terimakasih.

0 Response to "Download Modul Pembatik Level 1 Tahun 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel