Rangkuman Materi Bahasa indonesia Kelas 9 Bab 1

Kherysuryawan.id – Ringkasan materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi Bab 1 Melaporkan Hasil Percobaan.

Sahabat pendidikan yang berbahagia, melalui kesempatan ini admin akan membahas seputar materi pelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 9 SMP bab 1 semester 1.

 

Bagi anda para guru ataupun siswa yang sedang membutuhkan informasi seputar materi yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 9 SMP semester 1 khususnya Bab 1, maka melalui postingan ini anda bisa mengetahui ringkasan materinya secara lengkap dan mendetail.

 

Adapun materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 9 Bab 1 tentang Melaporkan Hasil Percobaan ialah sebagai berikut :

1.       Mengidentifikasi informasi laporan percobaan

2.       Menyimpulkan informasi laporan percobaan

3.       Menelaah laporan percobaan

4.       Menyajikan laporan percobaan

5.       Kegiatan literasi

 

Berikut ini tujuan pembelajaran yang harus di capai pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 9 Bab 1 "Melaporkan hasil Percobaan "



Baiklah bagi anda yang saat ini membutuhkan rangkuman materi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IX Bab 1 tentang Melaporkan Hasil Percobaan maka silahkan simak ringkasan materinya di bawah ini :

 

Mengidentifikasi informasi laporan percobaan

Laporan adalah teks yang menyajikan informasi tentang sesuatu sebagaimana adanya. Informasi yang dilaporkan merupakan hasil observasi dan analisis yang sistematis, misalnya laporan informatif yang berisi tentang makhluk hidup seperti tumbuhan dan hewan dan makhluk nonhidup seperti sepeda dan Samudra.

 

Perhatikan ke 3 teks berikut ini :

 



Ketiga teks tersebut laporan, eksplanasi, deskripsi) sepintas terlihat mirip. Namun jika di perhatikan secara seksama, ketiga teks memiliki perbedaan yang jelas. Hal yang harus diingat, dalam kegiatan menulis, semua yang di pelajari secara terpisah-pisah dapat digunakan secara khusus sesuai jenis teks yang dibuat atau penggabungan berbagai jenis teks karena mencakup banyak informasi yang diungkapkan.

 

Menyimpulkan informasi laporan percobaan

 

Untuk menyimpulkan sebuah informasi pada laporan percobaan maka kita harus memahami hal-hal berikut ini:

  •           manakah informasi yang lebih jelas ?
  •           manakah informasi yang lebih lengkap?
  •           Apakah kejelasan informasi berkaitan dengan kelengkapan informasi?
  •           Apakah kejelasan informasi berkaitan dengan struktur penyajian ?
  •           Apakah kejelasan informasi berkaitan dengan unsur kebahasaan ( tata Bahasa, kata dan kalimat) yang digunakan?

 

Menelaah laporan percobaan

 

Kejelasan dan kelengkapan informasi ditentukan oleh struktur penyajian ( tulis/lisan ) dan penggunaan Bahasa.

Untuk dapat menelaah struktur dan kebahasaan teks laoporan percobaan maka kita harus melakukan hal-hal berikut ini:

  1.          Mencermati struktur teks laporan
  2.          Bahasa teks laporan
  3.          Latihan kebahasaan

 

Menyajikan laporan percobaan

 

Setelah menelaah beberapa model teks laporan maka kita dapat membuat teks laporan berdasarkan hasil percobaan (Eksperimen) seperti contoh “membuat pelangi”. Melalui contoh tersebut maka kita akan memahami proses pelangi sebab kita akan membuat pelangi sendiri.

 

Melalui percobaan membuat pelangi tersebut maka kita akan mengetahui bagaimana pelangi bisa terjadi dan apa penyebabnya ? nah, melalui kejadian itulah maka kita bisa berlatih untuk membuat laporan percobaan yakni dengan cara membuat teks laporan dari laporan membuat pelangi dalam bentuk uraian paragraph dan tentunya menggunakan Bahasa sendiri sesuai dengan apa yang kita pahami dari percobaan yang telah di lakukan tersebut.

 

Nah, demikianlah tadi ringkasan atau rangkuman materi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 9 SMP Bab 1 semester 1 tentang melaporkan hasil percoban.

Semoga informasi rangkuman materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas 9 bab 1 semester 1 diatas dapat membantu para siswa yang akan belajar materi bab 1 bahasa Indonesia di kelas 9 sehingga dapat memudahkan para siswa dalam memahami keseluruhan materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 9 semester 1.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel