Cara Cek Rapor Pendidikan Tahun 2022

Kherysuryawan.id - Cara mengecek Rapor Pendidikan Hasil Asesmen Nasional Tahun 2022.

Tahun 2021, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menyelenggarakan Asesmen Nasional (AN) sebagai salah satu bentuk evaluasi sistem pendidikan yang berfokus pada kompetensi literasi, numerasi, dan karakter, serta penilaian kondisi lingkungan belajar yang mendukung proses pembelajaran yang efektif.

 


Kini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menghadirkan platform Rapor Pendidikan yang berisi laporan hasil Asesmen Nasional dan analisis data lintas sektor untuk masing-masing satuan pendidikan dan daerah.

Rapor Pendidikan mengintegrasikan berbagai data pendidikan untuk membantu satuan pendidikan dan dinas pendidikan mengidentifikasi capaian dan akar masalah, melakukan refleksi, serta merancang langkah-langkah pembenahan yang efektif berbasis data.

 

Asesmen Nasional menggantikan Ujian Nasional dengan penyempurnaan pengukuran aspek kognitif dan non-kognitif, serta penggunaan teknologi.

 

Berikut ini perbedaan ujian nasional dengan ujian asesmen nasional di lihat dari pengukuran aspek kognitif, Pengukuran aspek di luar kognitif, Penggunaan teknologi, dan Cakupan jenjang pendidikan.

 

UJIAN NASIONAL

1.       Mengukur pengetahuan konten spesifik terhadap mata pelajaran

2.       Hanya mengukur hasil belajar kognitif di satuan pendidikan

3.       Pelaksanaan belum sepenuhnya berbasis komputer, beberapa masih paper-based dan terbatas pada pertanyaan yang konvensional

4.       Belum dilaksanakan di level SD/ MI/sederajat (hanya SMP/MTs/ sederajat dan SMA/SMK/MA/ sederajat)

 

ASESMEN NASIONAL

1.       Mengukur kompetensi dasar literasi dan numerasi menggunakan metode berstandar internasional

2.       Mengukur karakter peserta didik dan kualitas lingkungan belajar selain kompetensi literasi dan numerasi

3.       Pelaksanaan sepenuhnya berbasis komputer memungkinkan penggunaan pertanyaan / media yang lebih komprehensif dan interaktif

4.       Sudah dilaksanakan di level SD/ MI/sederajat dan juga SMP/MTs/ sederajat dan SMA/SMK/MA/ sederajat

 

Bagi sekolah yang telah melaksanakan ujian asesmen nasional di sekolah masing-masing maka kini setiap sekolah dapat mengecek dan melihat hasilnya dalam bentuk rapor pendidikan.

Rapor Pendidikan adalah sebuah platform yang menyajikan hasil asesmen nasional dan data lain mengenai capaian hasil belajar satuan pendidikan ke dalam suatu tampilan terintegrasi. Platform ini ditujukan untuk satuan pendidikan dan pemerintah daerah agar bisa mengidentifikasi tantangan pendidikan di satuan Pendidikan dan menjadi bahan untuk refleksi sehingga bisa menyusun rencana perbaikan pendidikan secara lebih tepat dan berbasis data.

 

Lantas Apa saja yang ada di dalam Rapor Pendidikan?

Rapor Pendidikan terdiri dari indikator-indikator yang merefleksikan 8 Standar Nasional Pendidikan dan mencakup area yang berkaitan dengan input, proses, dan output pembelajaran. Kedelapan standar nasional pendidikan yang dimaksud yaitu sebagai berikut :

1.       Standar Kompetensi Lulusan

2.       Standar Isi  

3.       Standar Proses

4.       Standar Penilaian

5.       Standar Pengelolaan

6.       Standar GTK

7.       Standar Pembiayaan

8.       Standar Sarpras

 

Setelah memahami tentang apa itu rapor pendidikan, lantas bagaimana cara untuk mengakses atau melihat/mengecek rapor pendidikan ???


Berikut ini cara untuk mengecek rapor pendidikan sekolah SD, SMP, SMA, SMK.

 

1.       Silahkan kunjungi alamat berikut : https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/app

2.       Klik tombol “Masuk dengan akun belajar.id”



3.       Selanjutnya Pilih akun Google dengan alamat email berakhiran @dinas.belajar.id atau @admin.belajar.id (khusus untuk sekolah gunakan akun belajar.id kepala sekolah)

4.       Jika berhasil login, maka anda akan melihat hasil rapor pendidikan sekolah anda (sebagai contoh lihat tampilan gambar di bawah ini )



5.       Untuk Mendownload Hasil Rapor Pendidikan, Maka Silahkan Cek caranya di bawah ini :

       ==>> CARA DOWNLOAD HASIL RAPOR PENDIDIKAN TAHUN 2022

6.       Selesai.

 

Demikianlah informasi mengenai rapor pendidikan yang dapat di akses oleh setiap satuan pendidikan untuk bisa mengetahui hasil rapor pendidikan setiap sekolah. Semoga informasi diatas serta cara yang telah admin jelaskan untuk mengakses rapor pendidikan sekolah dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel