Materi Seni Teater Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka Semester 1&2

Kherysuryawan.id – Materi Pelajaran Seni Teater Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka untuk pembelajaran semester 1 dan semester 2.

Halo sahabat kherysuryawan dimana pun berada, bagaimana kabar anda hari ini?

Semoga kita semua masih selalu dalam keadaan sehat wal afiat. Oh ya pada kesempatan kali ini admin akan kembali mengulas tentang salah satu mata pelajaran yang akan di pelajari di jenjang SD.

 


Seperti di ketahui bahwa di jenjang SD salah satu mata pelajaran yang sangat penting untuk di pelajari adalah mata pelajaran seni budaya. Pada mata pelajaran ini nantinya siswa akan mempelajari salah satu dari keempat aspek seni yang ada. Adapun keempat seni tersebut ialah seni tari, seni music, seni teater dan seni rupa.

 

Pada tulisan ini admin hanya akan membahas seputar mata pelajaran seni teater pada kelas 4 SD kurikulum merdeka. Bagi bapak/ibu guru maupun siswa-siswi yang di sekolahnya telah menerapkan atau menggunakan kurikulum merdeka serta ingin mengetahui daftar susunan materi yang ada pada mata pelajaran seni teater kelas 4 SD semester 1 dan semester 2 kurikulum merdeka, maka pada artikel ini admin akan menyampaikan dan menjabarkannya secara lengkap.

 

Tahukan anda apa itu Seni Teater ?

Seni teater merupakan ekspresi manusia terhadap berbagai fenomena. Seni teater menggabungkan semua bidang seni, baik seni tari, musik, akting, rupa, dan mulimedia. Sejak dini, teater dapat diajarkan sebagai bentuk pengenalan, pemahaman, pengolahan, peniruan, dan pengekspresian emosi melalui tubuhnya.

 

Dengan bermain seni teater, siswa dapat mengasah daya pikir (berimajinasi dan bernalar kritis), mengenali dan mengembangkan potensi diri untuk meningkatkan cita rasa dan kepercayaan diri yang tinggi. Seni teater juga dapat melatih siswa berkomunikasi baik secara verbal maupun nonverbal agar siswa berinteraksi lebih baik dengan lingkungan sekitar. Hal tersebut dipraktikkan dalam bentuk eksperimen pertunjukan di kelas. Siswa dapat mengobservasi fenomena kehidupan yang dikomunikasikan dengan mengungkap nilai kehidupan sehingga melahirkan empati kepada sesama manusia.

 

Seni teater yang diajarkan di sekolah dasar kelas IV ini merupakan cara memahamkan berbagai teknik dasar akting (pemeranan) melalui proses meniru (mimesis), memahami gerak tubuh, dan suara/vokal secara lebih mendalam sesuai tokoh/peran.

 

Untuk bisa mempelajari mata pelajaran seni teater di kelas 4 SD kurikulum merdeka maka tentunya kita terlebih dahulu harus bisa mengetahui isi materi yang akan di pelajari. Nah untuk mengetahui isi materi maka tentunya kita harus memiliki buku teks pelajarannya terlebih dahulu.

 

Bagi bapak/ibu guru dan para siswa yang mugkin saat ini belum memiliki buku teks pelajaran seni teater kelas 4 SD kurikulum merdeka maka tentunya tidak bisa mengetahui susunan materinya. Namun tenang saja sebab disini admin akan memberikan uraian tentang daftar susunan materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran seni teater di kelas 4 SD kurikulum merdeka secara lengkap mulai dari materi semester 1 hingga materi semester 2.

 

Baiklah berikut ini susunan/daftar materi pelajaran seni teater kelas 4 SD kurikulum merdeka yang diambil dari buku teks pelajaran seni teater kelas 4 SD kurikulum merdeka.

 

MATERI PELAJARAN SENI TEATER KELAS 4 SD KURIKULUM MERDEKA SEMESTER 1 DAN SEMESTER 2

 

Unit 1

Belajar Bermain Peran Menjadi Binatang dan Peristiwa Alam

Kegiatan 1 : Mengimitasi Gerak dan Suara Lingkungan Sekitar

Kegiatan 2 : Melakukan Pantomim Binatang

Kegiatan 3 : Mendongeng

Kegiatan 4 : Menggambar Karakter Binatang

Kegiatan 5 : Mementaskan Pantomim Peristiwa Alam dan Karakter Binatang

 

Unit 2 

Belajar Bermain Peran dari Kehidupan Sehari-hari

Kegiatan 1 : Menebak Dialog dan Gerak Tubuh 

Kegiatan 2 : Menebak dan Memerankan Gambar

Kegiatan 3 : Menulis Dialog pada Gambar Cerita dan Memperagakannya

Kegiatan 4 : Menyiapkan Properti dan Kostum Pementasan

Kegiatan 5 : Mementaskan Cerita Kehidupan Sehari-hari

 

Unit 3 

Bermain Peran dari Cerita Fabel dan Legenda

Kegiatan 1 : Membaca dan Memperagakan Cerita

Kegiatan 2 : Menebak Karakter pada Cerita Dongeng

Kegiatan 3 : Berdialog Sesuai Adegan

Kegiatan 4 : Membentuk Tim Pementasan

Kegiatan 5 : Menyiapkan Properti dan Kostum Pementasan

Kegiatan 6 : Mementaskan Cerita Fabel dan Legenda

 

Untuk memiliki buku teks pelajaran Seni Teater Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka, silahkan dapatkan di bawah ini :

  • Buku Guru & Siswa Seni Teater Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah susunan atau daftar materi pelajaran yang nantinya akan dipelajari oleh siswa-siswi pada mata pelajaran seni teater di kelas 4 SD kurikulum merdeka. Seluruh materi diatas merupakan materi seni teater yang akan di pelajari pada pembelajaran semester 1 hingga pembelajaran semester 2 di kelas 4 SD kurikulum merdeka. Semoga apa yang bisa admin bagikan pada kesempatan ini dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel