RPP 1 Halaman Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 1 & 2 Revisi 2020

Kherysuryawan.id – Perangkat RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia kelas 9 SMP versi Terbaru Tahun 2020/2021.
RPP 1 halaman merupakan perangkat pembelajaran yang saat ini merupakan hasil dari perubahan jenis RPP terdahulu. Pada tahun-tahun sebelumnya di kurikulum 2013 guru dalam membuat RPP masih banyak yang bingung dan hanya mengambil file dari internet sebagai bahan untuk di jadikan perangkat pembelajaran di sekolahnya. Hal tersebut banyak terjadi akibat dari susahnya dalam membuat dan menyusun perangkat pembelajaran yang membutuhkan banyak item sehingga guru sering kali hanya melakukan copy paste dari sumber yang terkadang kurang jelas.
Dalam proses pembuatan RPP memang tidak ada format baku yang menjadi dasar ataupun patokan bagi seorang guru dalam membuat perangkat pembelajaran. Namun demikian guru di dalam membuat RPP tentunya harus memahami hal-hal penting yang harus termuat dalam proses penyusunan perangkat pembelajaran khususnya RPP. Pada jenis RPP versi lama ada 13 item yang harus di masukkan dalam pembuatan RPP sehingga mau tidak mau hasil dari RPP yang telah dibuat ketika akan di cetak tentunya akan membutuhkan banyak kertas sehingga hal tersebut terkadang membuat banyak guru yang merasa kewalahan dalam membuat RPP bahkan menjadi cuek dengan kegiatan mengajar akibat dari balum tuntasnya pekerjaan dalam membuat RPP yang membutuhkan waktu yang lama. Padahal guru di tuntut untuk bisa memberikan pembelajaran yang tepat waktu sehingga peserta didik tidak di rugikan dalam proses pembelajaran.

Melalui surat edaran mendikbud nomor 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP maka membuat tugas guru akan semakin mudah dalam menyiapkan dan membuat perangkat RPP. Guru tidak lagi harus ribet dalam membuat RPP melainkan guru telah di beri kebebasan dalam menciptakan RPP sesuai dengan kreatifitas guru masing-masing, namun demikian ada beberapa hal penting yang juga harus dipahami oleh seorang guru dalam membuat RPP yang akan di sederhanakan yaitu ada 3 point penting yang harus dimuat dalam pembuatan RPP yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan assesment atau penilaian. Intinya RPP di buat untuk dapat lebih mengedepankan murid dalam memperoleh pendidikan.

RPP k13 yang terdahulu bukan berarti sudah tidak lagi berguna melainkan masih tetap dapat di gunakan oleh guru yang ingin menerapkan model RPP tersebut namun apabila ada guru yang ingin menyederhanakannya dalam bentuk yang lebih minimalis sehingga dalam setiap pertemuan dapat di cetak dalam bentuk 1 lembar atau 1 halaman maka guru dapat melakukan penyederhanaan RPP.
RPP yang akan di sederhanakan oleh setiap guru mata pelalajaran dapat mengacu pada RPP lama yang pernah di buat. Adapun untuk menyesuaikan ke tahapan yang lebih baru maka guru dapat menyesuaikan hal-hal penting yang dapat di terapkan di dalam RPP yang akan di buatnya.

RPP di buat dengan tujuan sebagai bahan untuk guru dalam melakukan analisis ketercapaian guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran di kelas. Jika RPP yang telah di buat ternyata masih banyak kekurangan dan kurang pas dalam menghasilkan tujuan pembelajaran maka guru dapat melakukan revisi sehingga dapat menghasilkan pembelajaran yang lebih baik bagi peserta didik dan dapat menghasilkan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan apa yang di harapkan.

Pada postingan ini, admin akan memberikan salah satu bentuk RPP yang telah di sederhanakan sesuai dengan jenis RPP terbaru di tahun 2020 ini. Adapun RPP yang akan admin bagikan yaitu RPP dalam bentuk 1 halaman atau 1 lembar dan dapat di pakai oleh guru yang mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 9 SMP. RPP yang akan admin bagikan merupakan contoh RPP 1 halaman mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 9 semester 1 dan juga semester 2.
RPP yang admin buat ini dapat di jadikan sebagai bahan referensi atau bahan pembanding sehingga bapak dan ibu guru dapat membuat sendiri RPP yang lebih baik lagi dari apa yang admin telah bagikan pada kesempatan kali ini.

Bagi bapak dan ibu guru yang belum sempat membuat dan memiliki RPP Bahasa Indonesia format 1 lembar terbaru untuk kelas 9 semester 1 dan semester 2 maka dapat memilikinya secara gratis pada postingan ini, admin juga akan membagikannya dengan cara yang mudah untuk di download sehingga bagi guru yang membutuhkannya dapat dengan mudah untuk memilikinya.
Baiklah berikut ini file RPP 1 lembar Bahasa Indonesia kelas 9 SMP semester 1 dan juga semester 2 versi terbaru.
  • RPP 1 halaman Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 1 (Disini)
  • RPP 1 halaman Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 (Disini)
  • Untuk RPP 1 lembar kelas 7 semester 1 & 2 (LINK)
  • Untuk RPP 1 lembar kelas 8 semester 1 & 2 (Link)
RPP 1 lembar Bahasa Indonesia kelas 9 semester 1 dan semester 2 yang admin telah bagikan di atas hanyalah bentuk RPP yang telah di sederhanakan sesuai dengan pemahaman admin sehingga jika bapak dan ibu guru ingin mengembangkannya lagi maka dapat melakukannya sesuai dengan keinginan masing-masing dengan harapan dapat memberikan hasil yang maksimal dan sesuai dengan kebutuhan.
Untuk membuat RPP lainnya maka RPP di atas dapat menjadi referensi bagi bapak dan ibu guru dalam membuat RPP sederhana versi 1 halaman.
Sekian informasi mengenai RPP 1 halaman Bahasa Indonesia kelas 9 SMP semester 1 dan semester 2 yang admin dapat bagikan melalui postingan ini semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkenan mengunjungi postingan ini.
Sampai berjumpa kembali di postingan selanjutnya.

2 Responses to "RPP 1 Halaman Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 1 & 2 Revisi 2020"

  1. RPP nya sangat bagus, tapi yang bisa didownload hanya 1 halaman, untuk satu pertemuan 3 jam pelajaran, sementara yang lainya tidak ada. Apa memang RPPnya yang diapload hanya satu halaman saja untuk contoh, atau ada yang lainnya, hanya keterbatasan saya untuk tidak menemukannya.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas bantuannya, sangat bermanfaat bagi kami sebagai referensi pembelajaran bahasa Indonesia.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->