-->

Panduan Menggunakan Aplikasi e-Rapor SMP Versi 2.2

Kherysuryawan.id – Buku Panduan mengerjakan aplikasi e-Rapor SMP Versi 2.2 Tahun pelajaran 2020/2021.

Sahabat pendidik dimana pun berada, semoga anda yang sedang mengunjungi blog Pendidikan ini selalu dalam keadaan sehat wal afiat dan semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat.

Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai penggunaan aplikasi erapor versi terbaru yang baru saja dirilis oleh tim pengembang erapor yakni tentang cara menggunakan dan mengerjakan aplikasi erapor SMP Versi 2.2

 


Melalui blog kherysuryawan.id saya telah membagikan beberapa aplikasi erapor untuk jenjang SMP mulai dari aplikasi erapor versi lama hingga yang saat ini yaitu aplikasi erapor versi 2.2 yang merupakan aplikasi erapor terbaru untuk tahun 2020/2021. Aplikasi erapor selalu mengalami pembaharuan dan di sesuaikan dengan keadaan saat ini serta di sesuaikan dengan kebutuhan sekolah.

 

Aplikasi e-rapor untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), telah dikembangkan sejak

tahun 2017. Aplikasi e-rapor dikembangkan dalam rangka memudahkan sekolah untuk

melaksanakan tugas penilaian, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, pemanfaatan,

dan pelaporan hasil penilaian. Sejalan dengan dinamika kebijakan Kementerian dan Kebudayaan,

maka aplikasi e-rapor juga selalu disesuaikan dengan tuntutan atau perubahan yang ada. Pada

tahun 2020 Aplikasi e-rapor kembali mengalami penyesuaian karena adanya perubahan sistem

pada Dapodik, serta mengakomodasi kebijakan penyesuaian kurikulum di masa pandemi covid19, berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 719/P/2020 yang

memberikan fleksibilitas pelaksanaan kurikulum pada kondisi khusus bagi satuan pendidikan. Dengan keadaan tersebut maka aplikasi erapor versi 2.2 dirasa dapat membantu sekolah dalam melakukan pengolahan nilai yang di sesuaikan dengan kondisi pandemic seperti sekarang ini.

 

Bagi anda yang belum melakukan download aplikasi erapor versi 2.2 maka anda bisa langsung melakukan unduh aplikasinya melalui laman resmi erapor atau anda juga bisa langsung memiliki file aplikasinya pada postingan yang telah saya bagikan sebelumnya yang membahas tentang aplkasi erapor versi 2.2

 

Jika anda telah melakukan update ke aplikasi erapor versi 2.2 maka anda tentunya akan membutuhkan sebuah panduan tentang bagaimana cara untuk mengerjakan aplikasi erapor versi 2.2 maka oleh sebab itu pada kesempatan kali ini saya akan membagikan buku panduan cara menggunakan dan cara mengerjakan aplikasi erapor versi 2.2 agar anda yang ingin melakukannya tidak salah dalam menggunakannya.

 

Dengan adanya buku panduan maka tentunya akan mudah bagi operator erapor serta para pendidik dalam menggunakan dan mengolah nilai pada aplikasi erapor versi 2.2. buku Panduan penggunaan erapor versi 2.2 ini bertujuan untuk memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan dalam menggunakan aplikasi e-Rapor dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian, mengolah dan memanfaatkan hasil penilaian, serta membuat laporan pencapaian kompetensi peserta didik. Panduan ini berisi petunjuk penggunaan aplikasi e-Rapor berbasis web, yang memuat tentang mekanisme hingga kewenangan dari pengguna aplikasi e-Rapor tersebut. Panduan ini juga dilengkapi dengan petunjuk penggunaan eRapor untuk Admin, Guru Mata Pelajaran, Guru Bimbingan dan Konseling, Wali Kelas, dan Peserta Didik.

 

Sebagai informasi bahwa disini saya akan membagikan 3 jenis buku panduan yang berhubungan dengan penggunaan pada aplikasi erapor versi 2.2, diantaranya yaitu :

1.   Buku panduan lengkap tentang penggunaan aplikasi erapor SMP Versi 2.2

2.   Buku panduan singkat penggunaan aplikasi erapor versi 2.2 untuk sekolah yang penyelenggarannya menggunakan system paket

3.   Buku panduan singkat penggunaan aplikasi erapor versi 2.2 untuk sekolah yang penyelenggarannya menggunakan system SKS

 

Baiklah untuk mengetahui lebih lengkap tentang isi yang terdapat pada ketiga buku panduan penggunaan aplikasi erapor SMP versi 2.2 tersebut diatas, maka bagi anda yang membutuhkan file panduan lengkapnya maka saya telah menyediakannya di bawah ini :

  • Buku Panduan Aplikasi e-Rapor SMP Versi 2.2 (Disini)
  • Buku Panduan Aplikasi e-Rapor SMP Versi 2.2 Sistem Paket (Disini
  • Buku Panduan Aplikasi e-Rapor SMP Versi 2.2 Sistem SKS (Disini)

 

Semoga dengan anda mengambil file buku panduan penggunaan aplikasi erapor versi 2.2 diatas dan mempelajarinya dengan baik maka anda bisa menggunakan aplikasi erapor tersebut dengan baik dan benar sehingga dapat memudahkan anda dalam melakukan pengolahan nilai rapor dan melakukan pencetakan rapor untuk siswa di sekolah anda masing-masing.

 

Dengan adanya buku panduan penggunaan aplikasi erapor maka pastinya akan semakin memudahkan para guru, wali kelas, operator erapor sekolah dan juga kepala sekolah dalam mengelola dan memahami cara menggunakan aplikasi erapor untuk keperluan di sekolah.

Sekian yang bisa saya informasikan melalui postingan ini dan selamat mengerjakan aplikasi erapor khususnya untuk jenjang SMP dan semoga sukses selalu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel