Rangkuman B. Indonesia Kelas 11 Bab 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA Bab 1 “Mengenalkan Dan Mempromosikan Produk Pangan Lokal Indonesia” semester 1 kurikulum merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, postingan kali ini admin akan membahas materi pelajaran Bahasa Indonesia yang akan di pelajari di jenjang SMA yaitu dikelas 11 kurikulum merdeka.

 


Melalui artikel ini admin kherysuryawan telah menyiapkan rangkuman atau ringkasan materi untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia yang akan di pelajari di kelas 11 semester 1 kurikulum merdeka. Di dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 11 kurikulum merdeka keseluruhan materi yang akan di pelajari terdiri atas 6 Bab.

 

Dikesempatan ini admin hanya akan memberikan ringkasan materi Bahasa Indonesia kelas 11 untuk Bab 1 yang berjudul “Mengenalkan Dan Mempromosikan Produk Pangan Lokal Indonesia”. Materi ini nantinya akan dipelajari disemester 1 kurikulum merdeka.

 

Adapun materi pokok yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 11 Bab 1 kurikulum merdeka yaitu sebagai berikut :

A.      Membaca Kritis Teks Argumentasi

B.      Menemukan Ide Pokok dan Ide-Ide Pendukung dalam Teks Argumentasi

C.      Menemukan Kalimat Fakta dan Kalimat Opini yang Digunakan dalam Teks Argumentasi

D.      Menulis Teks Argumentasi dengan Tema Ketahanan Pangan Lokal

E.       Memahami Poster sebagai Jenis Teks Persuasi

F.       Proyek Membuat Poster untuk Mempromosikan Produk Pangan Lokal Indonesia

 

Rangkuman/ringkasan materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas 11 Bab 1 semester 1 kurikulum merdeka yang telah admin siapkan ini sengaja di buat dengan tujuan agar bisa menjadi bahan belajar yang memudahkan siswa dalam melakukan aktivitas pembelajaran baik untuk belajar di rumah maupun belajar di sekolah. Rangkuman materi yang telah admin siapkan ini bersumber dari buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas 11 kurikulum merdeka.

 

Baiklah bagi anda yang ingin melihat ringkasan/rangkuman materi pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 11 Bab 1 “Mengenalkan Dan Mempromosikan Produk Pangan Lokal Indonesia” untuk pembelajaran semester 1 di kurikulum merdeka, maka silahkan lihat sajian ringkasannya di bawah ini :

 

BAB 1: MENGENALKAN DAN MEMPROMOSIKAN PRODUK PANGAN LOKAL INDONESIA

A. Membaca Kritis Teks Argumentasi

Membaca dan memahami teks argumentasi bertema ketahanan pangan nasional untuk menemukan ide-ide pokok dan ide-ide penjelas dari penulis serta memberikan tanggapan kritis berdasarkan permasalahan yang ada pada teks tersebut.

 

Dengan memahami pokok-pokok pikiran yang disampaikan oleh penulis, maka diharapkan mampu memberi tanggapan secara kritis terhadap permasalahan yang diberikan.

 

B. Menemukan Ide Pokok dan Ide-Ide Pendukung dalam Teks Argumentasi

Pada bagian ini kalian akan mengidentifikasi ide-ide pokok dan ide-ide penjelas dari setiap paragraf dalam teks argumentasi dan menulis teks argumentasi dengan pola pengembangan tertentu.

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ide adalah rancangan yang tersusun dalam pikiran, gagasan atau cita-cita sedangkan pokok adalah pusat. Jadi, ide pokok adalah rancangan pokok yang tersusun di dalam pikiran, gagasan atau merupakan suatu pikiran utama dari sebuah paragraf.

 

Dalam satu paragraf hanya ada satu ide pokok. Ide pokok tersebut dituangkan dalam kalimat utama. Kemudian, ide pokok tersebut dijabarkan dalam ide-ide penjelas yang dituangkan dalam kalimat-kalimat penjelas. Nama lain untuk kalimat utama adalah kalimat topik.

 

Pola pengembangan paragraf deduksi adalah apabila kalimat utama terletak di awal paragraf dan diikuti dengan kalimat-kalimat penjelas. Namun, apabila sebuah paragraf diawali dengan kalimat-kalimat penjelas dan diakhiri dengan kalimat utama, pengembangan seperti ini dinamakan pengembangan paragraf induksi.

 

C. Menemukan Kalimat Fakta dan Kalimat Opini yang Digunakan dalam Teks Argumentasi

Pada bagian ini kalian akan memahami bahwa tujuan menulis paragraf argumentasi adalah untuk menyampaikan pendapat atau opini penulis tentang suatu masalah. Agar orang percaya pada opini-opini penulis, data atau fakta yang mendukung harus disertakan. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kalian akan diajak untuk mengenali kalimat fakta dan kalimat opini yang digunakan dalam teks argumentasi.

 

Paragraf argumentasi biasanya dipakai oleh penulis untuk menyampaikan opini berupa ide-ide atau gagasan-gagasannya tentang suatu hal. Agar pembaca mengikuti opini penulis perlu disertakan data berupa fakta-fakta. Sebagai pembaca, kita harus dapat membedakan antara fakta dan opini sehingga informasi yang diperoleh tidak tercampur aduk antara fakta atau kenyataan dengan sebuah opini atau pendapat.

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, fakta adalah sesuatu hal yang benar-benar ada dan terjadi. Fakta sering juga disebut dengan kenyataan. Fakta dapat diperoleh melalui suatu pengamatan terhadap suatu objek atau peristiwa/kejadian tertentu. Kalimat fakta adalah suatu kalimat yang di dalamnya terdapat sebuah informasi yang sebenarnya dan dapat dibuktikan kebenarannya.

 

Contoh kalimat fakta sebagai berikut.

1.       Salah satu daerah penghasil beras terbesar di Pulau Jawa adalah Jawa Barat.

2.       Sekitar 70% penduduk Indonesia mengonsumsi beras sebagai sumber makanan pokok.

3.       Sagu dikonsumsi oleh masyarakat di wilayah Papua dan sebagian Maluku.

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia opini mempunyai tiga pengertian, yaitu pendapat, pikiran, dan pendirian. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa opini adalah pendapat atau pikiran seseorang yang belum tentu benar karena tidak/belum ada bukti kebenarannya. Opini merupakan lawan atau kebalikan dari fakta, dan sering juga disebut juga sebagai pendapat. Kalimat opini adalah suatu kalimat yang berisi hasil gagasan, pendapat, atau perkiraan orang baik perorangan maupun kelompok.

 

Contoh kalimat opini sebagai berikut.

1.     Apabila dikembangkan dengan baik, sagu dapat menggantikan beras sebagai makanan pokok di Indonesia.

2.     Sebagian warga negara Jepang mulai menyukai ubi ungu sebagai makanan pokok pengganti nasi.

3.     Jika memungkinkan, dalam waktu dekat Indonesia bisa mengekspor umbi ke beberapa negara di Eropa.

 

D. Menulis Teks Argumentasi dengan Tema Ketahanan Pangan Lokal

Teks argumentasi digunakan untuk menuangkan ide-ide atau gagasan-gagasan dari penulis. Oleh karena itu, opini penulis harus didukung dengan data dan fakta yang valid. Di samping itu, dalam menulis teks argumentasi juga harus menggunakan kalimat dan paragraf yang padu.

 

Di dalam menulis sebuah teks argumentasi penulis harus memperhatikan hubungan antarkalimat dan antarparagraf sehingga teks tersebut menjadi padu. Kepaduan teks dibangun oleh kohesi dan koherensi.

Kohesi adalah keserasian hubungan antarunsur dalam sebuah paragraf. Kohesi dapat berupa pengacuan, subtitusi, pelesapan, penggunaan konjungsi, repetisi, sinonim, antonim, dan lain-lain.

Koherensi adalah kepaduan antargagasan di dalam suatu paragraf. Di dalam menyusun sebuah paragraf, seorang penulis harus memperhatikan kohesi dan koherensi sehingga paragraf yang disusun tersebut memiliki kesatuan makna yang utuh.

 

Salah satu penanda sebuah teks mempunyai hubungan yang koheren biasanya digunakan konjungsi atau kata hubung.

Berikut adalah beberapa jenis kata hubung dalam bahasa Indonesia.


E. Memahami Poster sebagai Jenis Teks Persuasi

Terdapat berbagai media yang bisa digunakan untuk memberi tahu masyarakat dan mengajak masyarakat untuk mengikuti dan melakukan sesuatu. Salah satu media tersebut adalah poster.


Berikut ini contoh Poster dengan Tema Potensi Pangan Lokal Indonesia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan).

Tujuan dari poster adalah memberikan informasi, mengajak, dan mengimbau banyak orang melakukan sesuatu seperti apa yang digambarkan atau dituliskan pada poster tersebut. Melalui poster di atas kalian diajak untuk mengonsumsi produk makanan lokal. Hal itu terlihat dari kalimat ajakan Pertahankan Potensi Pangan Lokal Sejahterakan Masyarakat Indonesia. Kalimat ajakan tersebut dilengkapi dengan gambar yang menarik tentang beberapa produk pangan lokal yang dihasilkan di Indonesia.

 

F. Proyek Membuat Poster untuk Mempromosikan Produk Pangan Lokal Indonesia

Pada bagian ini kalian akan diajak melakukan kegiatan membuat poster dengan tema tertentu. Kalian akan bekerja dalam kelompok dan akan menuangkan ide dan kreativitas kalian untuk mengaplikasikan teori tentang poster dalam bentuk nyata.

 

Perhatikan langkah-langkah membuat poster berikut.

1.     Bacalah teks yang berjudul “Dari Padi ke Beras Analog” yang ada pada buku siswa. Teks tersebut akan menjadi inspirasi atau ide bagi poster yang akan kalian buat. Silakan berdiskusi dengan teman satu kelompok untuk merumuskan apa permasalahan pokok yang ada dalam teks.

2.     Buatlah poster secara berkelompok yang terdiri atas 3-4 siswa!

3.     Pilih dan susun kalimat yang singkat, padat, menarik, dan mempersuasi pembaca!

4.     Sertakan gambar yang sesuai dengan tema!

5.     Pilih jenis huruf yang jelas dengan ukuran yang proporsional!

6.     Gunakan warna yang menarik sehingga pembaca tertarik untuk membaca postermu!

7.     Media yang digunakan adalah kertas ukuran A3.

8.     Teknik pembuatan bisa secara manual yaitu dengan cara ditulis dan dilukis dengan tangan atau menggunakan media digital lewat komputer.

9.     Poster akan dipresentasikan di depan kelas dan akan dipajang dalam majalah dinding di kelas. 

 

Itulah ringkasan/rangkuman materi Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1 Bab 1 “Mengenalkan Dan Mempromosikan Produk Pangan Lokal Indonesia” yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka.

Bagi anda yang ingin mengetahui materi keseluruhan secara lengkap, maka anda bisa mendapatkannya pada buku teks pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA Kurikulum merdeka, yang akan admin bagikan filenya pada judul di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka – (DISINI)

 

Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan bagikan melalui artikel ini, semoga ringkasan/rangkuman materi Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA Semester 1 Bab 1 “Mengenalkan Dan Mempromosikan Produk Pangan Lokal Indonesia” yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka ini dapat membantu para pendidik maupun peserta didik dalam melakukan aktivitas belajar mengajar di sekolah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel