Perbedaan Penilaian P3 dan P5 Pada eRapor K13 dan Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Cara melakukan penilaian Profil Pelajar Pancasila (P3) pada rapor kurikulum 2013 dan Cara melakukan penilaian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada rapor kurikulum merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia pada kesempatan kali ini admin ingin berbagi informasi seputar penilaian pada rapor siswa untuk sekolah pengguna kurikulum 2013 maupun sekolah yang telah menerapkan kurikulum merdeka.

 


Saat ini hampir semua satuan pendidikan telah menerapkan kurikulum baru yakni kurikulum merdeka, namun masih ada juga sebagian sekolah yang menerapkan pembelajaran dengan menggunakan kurikulum lama yaitu kurikulum 2013.

 

Dalam melakukan penilaian khususnya pada rapor siswa disekolah, masih banyak guru yang kebingungan dalam melakukan proses penilaian. Perlu untuk di ketahui bahwa memang saat ini penilaian pada rapor siswa khususnya sekolah yang telah menggunakan aplikasi erapor terlihat semakin sangat sederhana sebab guru hanya perlu menyiapkan tujuan pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya serta menginputkan nilai akhir yang di peroleh siswa selama 1 semester sesuai mata pelajaran masing-masing.

 

Selain itu ada satu penilaian yang sering di buat bingung oleh guru dalam melakukan penilaian yakni penilaian P3 pada erapor K13 dan penilaian P5 pada erapor kurikulum merdeka. Nah, melalui kesempatan ini admin kherysuryawan akan mencoba untuk memberikan penjelasan tentang bagaimana sih cara yang benar dalam melakukan penginputan P3 pada erapor K13 dan penginputan P5 pada erapor kurikulum merdeka.

 

Salah satu kunci terbaik untuk bisa memahami tentang cara melakukan penilaian yang benar dan tepat baik pada kurikulum 2013 maupun pada kurikulum merdeka yaitu dengan membaca panduan pembelajaran dan asesmen k13 dan kurikulum merdeka yang telah di keluarkan oleh Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. Disana sangan jelas tentang tahapan dalam melakukan penilaian baik untuk penilaian K13 maupun untuk kurikulum merdeka.

 

PENILAIAN P3 PADA RAPOR SISWA KURIKULUM 2013

Bagi anda pengguna aplikasi erapor khususnya yang masih menggunakan kurikulum 2013 disana sangat jelas bahwa setiap guru mata pelajaran harus mengisikan nilai P3 K13. Didalam penginuptan nilai P3 ada 6 dimensi yang disiapkan untuk di nilai diantaranya yaitu :

1.       Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia

2.       Berkebhinekaan Global

3.       Bergotong royong

4.       Mandiri

5.       Bernalar kritis

6.       kreatif

Nah, dalam penginputan nilai P3 masih banyak sekolah khususnya para guru yang masih bingung apakah ke 6 dimensi yang ada di P3 tersebut harus diisi ?

 

Untuk penilaian P3 pada rapor kurikulum 2013 P3 diisi lengkap diakhir semester 2 berdasarkan hasil pengamatan selama satu tahun ajaran. Ini artinya bahwa disemester ganjil atau di semester satu dari 6 dimensi yang ada pada penilaian sikap P3 boleh tidak diisi/dinilai semua, namun nanti di semester genap maka harus dilakukan penilaian untuk semua dimensi.

 

Dalam hal ini sekolah boleh menentukan dimensi apa saja yang akan di nilai pada semester ganjil dan siswa dimensi yang belum dinilai di semester ganjil nantinya dilengkapi pada semester 2. Intinya bahwa penilaian Sikap P3 pada rapor kurikulum 2013 wajib terisi semua seluruh 6 dimensi pada satu tahun pembelajaran (2 Semester).

 

Sebagai contoh pada semester 1 di rapor siswa untuk penilaian P3 dimensi yang akan di nilai hanya 3 saja yaitu Dimensi Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Dimensi Berkebhinekaan Global dan Dimensi Bergotong royong. Selanjutnya nanti di semester 2 maka pada rapor siswa guru tinggal melanjutkan penilaian P3 pada dimensi yang belum dinilai yaitu pada Dimensi Mandiri, Dimensi Bernalar kritis dan Dimensi kreatif.

 

PENILAIAN P5 PADA RAPOR SISWA KURIKULUM MERDEKA

Bagi guru yang mendapat tugas tambahan sebagai koordinator projek akan mendapat menu input Nilai P5 yang berfungsi untuk menginput Capaian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila masing-masing siswa.

 

Hasil penilaian P5 nantinya akan di cetak tersendiri sebagai rapor P5, dan rapor P5 tersebut dibagikan di akhir tahun atau lebih tepatnya pada semester genap sehingga penilaian Projek dapat di tuntaskan selama 2 semester.

Rapor P5 adalah rapor untuk mengukur ketercapaian dimensi profil pelajar Pancasila pada setiap siswa.

 

Dalam penginputan nilai P5 di semester 1 sekolah boleh belum menuntaskan seluruh projek P5 nya, namun di akhir tahun wajib untuk di tuntaskan sehingga rapor P5 bisa di bagikan pada semester 2.

 

Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan bagikan mengenai penilaian P3 pada kurikulum 2013 maupun penilaian P5 pada kurikulum merdeka. Semoga bisa bermanfaat bagi para guru dalam melakukan penilaian P3 dan P5. Jika terdapat penjelasan yang kurang tepat atau kurang berkenan maka mohon dimaafkan.

Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel