Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) K13 Terbaru

Kherysuryawan.id – Download Panduan pembelajaran dan Asesmen (PPA) kurikulum 2013 Revisi Terbaru Tahun 2022.

Salam sehat dan bahagia buat para pendidik dimanapun berada. Selamat berjumpa kembali pada website pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi terbaru tentang penilaian pada kurikulum merdeka yang juga masih menggunakan kurikulum 2013.

 


Saat ini sekolah telah banyak yang menggunakan dan menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka namun masih banyak juga sekolah yang ternyata masih menggunakan kurikulum 2013. Olehnya itu pihak sekolah dalam melakukan penilaian baik pada kurikulum merdeka maupun kurikulum 2013 harus bisa memahami tentang penilaian atau asesmen yang akan di gunakan pada kedua kurikulum tersebut.

 

Pada pembahasan kali ini admin hanya akan memberikan infoirmasi mengenai panduan pembelajaran dan asesmen untuk kurikulum 2013 edisi revisi terbaru tahun 2022. Bagi anda yang di sekolahnya hingga saat ini masih menggunakan kurikulum 2013 dan akan melakukan penilaian atau penginputan nilai pada aplikasi erapor kurikulum 2013 maka dapat terlebih dahulu membaca dan memahami tentang pembelajaran dan asesmen kurikulum 2013 edisi revisi terbaru tahun 2022.

 

Adapun panduan pembelajaran dan asesmen kurikulum 2013 yang akan admin bahas disini yaitu di peruntukkan bagi sekolah jenjang PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang pembelajaran dan asesmen kurikulum 2013 edisi revisi terbaru maka dapat memperoleh file panduan pembelajaran dan asesmen kurikulum 2013 tahun 2022 yang akan admin bagikan pada postingan ini.

 

Berikut ini penjelasan tentang panduan pembelajaran dan asesmen kurikulum 2013.

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran mempunyai tugas melaksanakan penyiapan kebijakan teknis, penyusunan kurikulum, dan pengembangan pembelajaran. Panduan ini disusun untuk menyesuaikan pelaksanaan pembelajaran dan asesmen Kurikulum 2013 dengan standar nasional pendidikan yang baru, yaitu standar proses dan standar penilaian.

 

Penyusunan panduan ini bertujuan untuk memandu pendidik dan satuan pendidikan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dan asesmen sesuai dengan regulasi terbaru. Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum 2013 ini dikembangkan dengan melibatkan akademisi, praktisi, dan direktorat terkait.

 

Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Kurikulum 2013 merupakan dokumen yang berisi prinsip, strategi, dan contoh-contoh yang dapat memandu guru dan satuan pendidikan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dan asesmen. Pembelajaran yang dimaksud meliputi aktivitas menganalisis Kompetensi Dasar (KD) dan cara mencapai kompetensi dasar tersebut sebagai tujuan pembelajaran. Sementara asesmen adalah aktivitas selama proses pembelajaran untuk mencari bukti ketercapaian kompetensi dasar. Dalam panduan ini, pembelajaran dan asesmen merupakan satu siklus; di mana asesmen memberikan informasi tentang pembelajaran yang perlu dirancang, kemudian asesmen digunakan untuk mengecek efektivitas pembelajaran yang berlangsung. Oleh karena itu, asesmen yang diutamakan adalah asesmen formatif yang berorientasi pada perkembangan kompetensi peserta didik.

 

Panduan Pembelajaran dan Asesmen pada Kurikulum 2013 ini merupakan penyempurnaan panduan-panduan pembelajaran dan panduan-panduan penilaian berdasarkan standar proses dan standar penilaian pendidikan yang baru. Panduan ini akan mengalami revisi dan pembaruan secara berkala.

 

Perencanaan pembelajaran dan asesmen

dalam merencanakan pembelajaran dan asesmen pendidik perlu melakukan analisis kompetensi yang akan dicapai, menentukan tujuan pembelajaran dan asesmen, serta menentukan kriteria ketercapaian dari tujuan pembelajaran dan asesmen tersebut. Tujuan pembelajaran dapat ditentukan dengan dua pilihan yaitu menggunakan rumusan KD secara langsung atau merumuskan secara mandiri.

 

Perencanaan pembelajaran meliputi tujuan pembelajaran, langkahlangkah pembelajaran, dan asesmen pembelajaran yang disusun dalam bentuk dokumen yang fleksibel, sederhana, dan kontekstual. Tujuan pembelajaran merupakan hasil analisis kompetensi dasar yang mempertimbangkan kekhasan dan karakteristik satuan pendidikan. Pendidik juga harus memastikan tujuan pembelajaran apakah sudah sesuai dengan tahapan dan kebutuhan peserta didik.

 

Perencanaan asesmen dilakukan dengan tiga bentuk, yaitu:

1.       pada awal pembelajaran,

2.       pada saat pembelajaran, dan

3.       pada akhir pembelajaran.

 

Perencanaan asesmen awal pembelajaran sangat perlu dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik, mengingat hasilnya digunakan untuk merancang pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian peserta didik.

 

Sementara, asesmen formatif pada saat pembelajaran dapat dijadikan sebagai dasar dalam melakukan refleksi terhadap keseluruhan proses belajar yang dapat dijadikan acuan untuk perencanaan pembelajaran dan melakukan revisi apabila diperlukan.

 

Apabila peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran, maka pendidik dapat meneruskan pada tujuan pembelajaran berikutnya. Namun, apabila tujuan pembelajaran belum tercapai, pendidik perlu melakukan penguatan terlebih dahulu. Selanjutnya, pendidik perlu mengadakan asesmen sumatif untuk memastikan ketercapaian dari keseluruhan tujuan pembelajaran.

 

Pemerintah menetapkan Kompetensi Inti/Kompetensi Dasar sebagai kompetensi yang ditargetkan. Kompetensi Dasar sudah cukup memandu kegiatan pembelajaran sehari-hari, namun pendidik perlu melakukan analisis untuk memahami kompetensi dan lingkup materi yang dituju.

 

Dalam merencanakan pembelajaran dan asesmen, satuan pendidikan dapat :

1.       menggunakan rumusan Kompetensi Dasar yang dibuat oleh pemerintah, atau

2.       melakukan analisis Kompetensi Dasar dan merumuskan tujuan pembelajaran secara mandiri.

 

Di dalam Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Kurikulum 2013 terbaru tahun 2022 juga telah disiapkan format laporan hasil belajar (Rapor) untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMK selain itu di dalam Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Kurikulum 2013 juga di berikan contoh ragam bentuk asesmen untuk jenjang PAUD.

 

Baiklah untuk lebih jelas dalam memahami pembelajaran dan asesmen pada kurikulum 2013 versi terbaru maka bapak dan ibu guru dapat membaca Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Kurikulum 2013 secara lengkap melalui buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Kurikulum 2013 yang akan admin bagikan pada postingan ini.

 

Berikut ini file Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Kurikulum 2013 yang dapat anda miliki di bawah ini :

 

👉 Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) 2013 Terbaru (DISINI)


Demikiankah informarmasi seputar Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Kurikulum 2013 edisi revisi terbaru yang bisa admin bagikan pada postingan ini semoga informasi ini senantiasa bisa membantu dan bermanfaat bapak/ibu guru dalam memahami alur dan tahapan dalam melakukan pembelajaran dan penilaian pada kurikulum 2013 edisi revisi terbaru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel