CARA MUDAH MENDAPATKAN KARTU INDONESIA PINTAR ( KIP ) TERBARU

Apa itu kartu KIP ?
KIP merupakan singkatan dari kartu Indonesia pintar yang mana degan memiliki kartu KIP tersebut maka seorang siswa dapat memperoleh bantuan tunai pendidikan berupa yang yang dapat di ambil melalui bank penyalur yang telah di tetapkan oleh pemerintah.
Kartu KIP dapat dimiliki oleh siswa mulai dari jenjang SD, jenjang SMP,jenjang SMA dan SMK, selain itu kartu KIP juga akan di berikan bagi mahasiswa yang layak dan masuk sebagai calon penerima bantuan program indonesia pintar.
Bagi pemilik kartu KIP yang bisa mendapatkan bantuan PIP maka harus dinyatakan benar-benar aktif pada satuan pendidikan dan perguruan tinggi serta kartu yang di peroleh juga harus di registrasi pada satuan pendidikan tempat siswa tersebut bersekolah.

Kartu KIP di peruntukkan bagi anak usia sekolah yaitu anak sekolah yang masih berumur 6 – 21 tahun dan merupakan anak yang berasal dari keluarga miskin atau keluarga yang tergolong kurang mampu. Pemberian kartu KIP bagi anak sekolah yang kurang mampu merupakan program pemerintah yang di beri nama dengan PIP ( program Indonesia pintar )yang sangat membantu orang tua yang selama ini mengeluhkan tidak dapat menyekolahkan anaknya karena tidak memiliki biaya. Dengan adanya program ini diharapkan tidak ada lagi anak usia sekolah yang putus sekolah atau bahkan tidak bersekolah.
PIP merupakan bagian dari penyempurnaan program Bantuan Siswa Miskin (BSM).
Sasaran Utama penerima PIP adalah Peserta didik pemegang kartu KIP yang merupakan peserta didik dari keluarga miskin.
Bagi yang memiliki kartu KIP dapat memanfaatkan kartu tersebut untuk bisa memperoleh bantuan pendidikan berupa uang tunai dengan cara kartu KIP tersebut harus didaftarkan terlebih dahulu di sekolah tempat siswa tersebut terdaftar dan menginputkan nomor KIP  beserta nama penerima kartu KIP tersebut melalui aplikasi dapodik sekolah masing-masing.

Program Indonesia Pintar (PIP) adalah program bantuan uang tunai bagi anak usia sekolah dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau yang memenuhi kriteria sebagai anak dari keluarga tidak mampu. Kartu Indonesia Pintar (KIP) adalah kartu yang diberikan kepada anak yang berusia 6-21 tahun dari keluarga pemegang KKS, sebagai identitas untuk mendapatkan PIP. Bantuan pendidikan yang diberikan pemerintah kepada pemegang KIP berbeda-beda untuk tiap jenjang pendidikan. Untuk tingkat SD/MI/sederajat sebesar Rp.225.000/semester (Rp450.000 per tahun), tingkat SMP/MTs/sederajat Rp.375.000/semester (Rp750.000 per tahun), dan tingkat SMA/SMK/MA/sederajat sebesar Rp.500.000/semester (Rp1.000.000 per tahun).

Bagi yang belum memiliki kartu KIP dan ingin mendapatkannya dapat membaca penjelasan di bawah ini :

CARA 1 :
Bagi siswa yang tergolong siswa miskin dan berasal dari keluarga tidak mampu serta belum memperoleh kartu KIP dapat memperoleh bantuan PIP dengan cara menggunakan kartu KKS atau kartu keluarga sejahtera. Dengan KKS tersebut siswa yang tergolong tidak mampu juga akan dapat merasakan program PIP dari pemerintah.
Cara yang harus dilakukan yaitu membawa kartu KKS tersebut ke satuan pendidikan tempat siswa tersebut bersekolah dan di input datanya agar anak yang bersangkutan dapat di usulkan sebagai calon penerima PIP melalui aplikasi dapodik.

CARA 2 :
Apabila tidak memiliki kartu KKS maka orang tua siswa dapat membuatkan surat keterangan tidak mampu ( SKTM ) yang dapat di peroleh melalui Desa dan kemudian membawa SKTM tersebut ke satuan pendidikan untuk dapat menjadi bukti fisik bahwa siswa tersebut benar-benar merupakan siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu sehingga melalui SKTM tersebut nantinya sekolah mengusulkan ke dinas pendidikan dan pihak dinas meneruskan usulan tersebut ke kementerian pendidikan agar diproses dan bisa memperoleh kartu KIP.

Apabila anda ingin mengetahui cara dan syarat untuk bisa mencairkan bantuan PIP dengan mudah secara mandiri ataupun secara kolektif, maka silahkan baca tutorial dan penjelasannya DISINI.
Demikianlah cara agar dapat memperoleh bantuan program pendidikan Indonesia pintar, semoga dengan melakukan cara – cara tersebut dapat membantu para siswa yang berasal dari keluarga miskin yang belum memiliki kartu KIP untuk dapat merasakan bantuan Program Indonesia Pintar ( PIP ).

42 Responses to "CARA MUDAH MENDAPATKAN KARTU INDONESIA PINTAR ( KIP ) TERBARU"

  1. semoga prosedur dipermudah untuk mendapatkan bantuan melalui KIP dan sejenisnya bagi anak keluarga kurang mampu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga sependapat dengan anda, semoga penerima kartu KIP merupakan orang2 yang benar2 berasal dari keluarga yang tidak mampu sehingga program bantuan pemerintah tepat sasaran.

      Delete
    2. Saya mau nanya.kan saya waktu di Bogor saya mendapatkan kartu Kio,PKH,tapi yang suka ngambil dananya itu kakak saya.yang saya tanyakan apa saya bisa ngambil sendiri sedangkan saya sekarang tinggal di Bekasi,dan kartunya dipegang sama kakak saya.

      Delete
  2. Saya gak dapet ga tau kenapa padahal anak saya sekolah.

    ReplyDelete
  3. Saya anak yatim orang tua saya berkerja serabutan saya sekolah di SMP terbuka Pulo gadung. Orang tua saya sudah mengurus surat KIP dan ditandatangani pejabat setempat. Disuruh tunggu sampai sekarang blm pernah ad a informasi atau kabar dari sekolah dan pejabat RT/kelurahan mereka bilang surat dikirim ke sekolah. Sekarang saya sudah lulus dan hampir putus sekolah tapi Tuhan begitu baik. Saya dapat jaminan dari gereja untuk melanjutkan ke sekolah SMK. Nah yang saya pertanyakan kapan dan dimana saya mendapatkan kejelasan tentang KIP.

    ReplyDelete
  4. Saya punya ponakan yang memiliki KIP waktu masih SD dapat terus bantuan KIP... Tpi setelah msuk di Madrasah terputus dan tidak dapat lagi... Ada apa kenapa bisa terputus... Terima kasih

    ReplyDelete
  5. Anak saya sekolah SD dari anak saya bayi hingga sekarang blm pernah dapat kartu apapun namanya sampe kartu sehat pun aku ga pernah dapet.gmn y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya bersyukur... anda tergolong oeang mampu

      Delete
  6. saya mendapatkan KKS tapi KIP Tidak.
    mengapa orang yang BISA malah diberikan KIP, tetapi yang KURANG tidak?

    ReplyDelete
  7. Anak saya kelas 1 mendapat bantuan KIP tapi sampai saat ini kelas 3 belum mendapat bantuan kenapa....??

    ReplyDelete
    Replies
    1. MUNGKIN SUDAH MAMPU. JADI JATAH BANTUAN KIP DIALIHKAN KE ANAK YANG KURANG MAMPU YG LEBIH MEMBUTUHKAN. JIKA KURANG PAHAM, TANYAKAN KE SEKOLAHNYA

      Delete
  8. Saya sampai hari ini tidak pernah tahu atau dapat KKS apalagi KIP untuk anak saya sekolah, kami keluarga tidak mampu,merasa tidak di perhatikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. KALO TIDAK TAHU YA...TANYA. JANGAN KEBURU MENYALAHKAN ORANG LAIN. KALO MERASA TIDAK DIPERHATIKAN, BERARTI ANDA HARUS MERASA SUDAH MAMPU. DAN ALHAMDULILLAH....TIDAK JADI BEBAN ORANG LAIN. BUKANKAH SAMPAI HARI INI ANDA MASIH MAMPU MENYEKOLAHKAN ANAK ANDA ???? MAKA SYUKURILAH.....

      Delete
  9. Tolong donk pihak pemerintah lgsg turun dan cek lgsg yg mendapatkn kartu KIP itu org mampu atw org berada, ke banykan yg mendapatkn kartu KIP itu org berada atw org mampu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas partisipasinya,
      Semoga keluh kesah ini dapat di perhatikan oleh pihak yang berwewenang agar bantuan PIP benar-benar di rasakan oleh mereka yang sangat membutuhkan sehingga dapat tepat sasaran.

      Delete
  10. Kalau untuk mendapatkan kip kuliah gmn caranya,soalnya anak saya 4, untuk biaya kuliah rasanaya tidak mampu karna masih banyak adik2 nya yg lain padahal anak sy termasuk anak yg berprestasi dr sd sampai sekarang smk kelas tiga dapat juara terus....?

    ReplyDelete
  11. KKS KIP kis saya tidak punya semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdhulillah dong... brarti anda golongan orang mampu... jgn bangga jd orang tdk mampu

      Delete
  12. bantuan KKS PKH saya tidak punya semua. padahal saya trmasuk bukan orang brada.saya cuma sbagai ibu rumah tangga yg stiap hari d ruma ngurus anak dan sedangkan suami saya cuma seorang kuli dgn penghasilan jauh d bawah UMR. ingin mencoba ngurus/buat/mengajukan KIP k desa sudah d kasi keterangan tidak mampu tp susah ngurusnya terlalu rumit brbelit. dari desa katanya stela jadi SKTM lngsung d bawa k skolah tp pihak skola latanya cuma bisa trima barang jadi langsung brupa KIP.

    ReplyDelete
  13. Saya juga keluarga tidak mampu, bagaimana caranya mendapat kan KIP anak saya ada 4 ne pak/bu tolong dong saya pak/bu

    ReplyDelete
  14. Nggak tau lagi mau comment apa karena hanya aq dan Tuhan lah yg tau bagai mana kehidupan sehari2 keluarga kami dgn anak 4 orang yg masih kecil2 dan suami yg sudah berumur๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  15. Di sekolah anak saya banyak yg salah sasaran banyak dari keluarga mampu tapi dapat bantuan KIP.
    Sedangkan yg benar benar butuh tidak dapat apa apa.

    ReplyDelete
  16. agar mendapatkan bantuan PIP harus punya kartu PIP .. bisakah pihak sekolah mengajukan pencetakan kartu PIP bagi siswa kurang mampu ? bagaimana caranya ?

    ReplyDelete
  17. apakah anak smk masih bisa membuat kip?

    ReplyDelete
  18. Saya ngk dapatan kmi benar2 rnk msiskin dan tidak mampu, ibu saya sudah meninggal dan ayah sayah seorang petani

    ReplyDelete
  19. Saya mencoba mengurus ke sekolah pake SKTM tapi pas saya tanya kata guru saya sekolah gak pernah melayani pembuatan KIP, tapi sekolah cuma mengkonfirmasi kalau anak tersebut bersekolah di sekolah tersebut biar dana PIP nya cair.

    ReplyDelete
  20. Kak gimana klo aku yg belum dpt KIP trus mau daftar tpi sdh duduk di kls 3 smk supaya aku bisa dpt KIP kuliah, kira2 msih bisa gk kk? Trmksh

    ReplyDelete
  21. Saya dulunya mendapatkan pip dari sekolah SMA. Apakah berhak mendapatkan KIP itu.

    ReplyDelete
  22. Dulu saya dapat pip dari sekolah tapi saya tidak mendapatkan KIP. Apakah saya bisa mendaftar diri mendapatkan bantuan dari KIP untuk golongan mahasiswa krna dari SD saya mendapatkan pip

    ReplyDelete
  23. Saya mau nanya apakah program KIP kuliah itu hanya untuk lulusan tahun 2020/2019 sedangkan saya lulusan tahun 2018 dan ingin mendaftar KIP kuliah sedangkan baru2 d adakan tahun ini KIP kuliah apakah bisa????

    ReplyDelete
  24. Saya mau nanya apakah program KIP kuliah itu hanya untuk lulusan tahun 2020/2019 sedangkan saya lulusan tahun 2018 dan ingin mendaftar KIP kuliah sedangkan baru2 di adakan tahun ini KIP kuliah apakah bisa????dan belum pernah mendapatkan KIP dari semenjak sekolah,apakah bisa saya mendaftar

    ReplyDelete
  25. ambil kartu kip dimana ya pak .. adik saya sudah terdaftar

    ReplyDelete
  26. Sya dpt kartu KKS dan PKH tapi kok tdk dpt kartu indonesia pintar (KIP) padahal kartu itu sangat sya dan keluarga sya butuhkan untuk melanjutkan diri sya keliah.
    Tolong bantuan dan tanggapannya

    ReplyDelete
  27. Bagi saya butuh kali KIP namun tdk bisa mendapatkannya karma anggapan pemerintah saya mampu.padahal tdk sedangkan anak saya berprestasi jadi pendidikan terkendala

    ReplyDelete
  28. Bagi saya butuh kali KIP namun tdk bisa mendapatkannya karma anggapan pemerintah saya mampu.padahal tdk sedangkan anak saya berprestasi jadi pendidikan terkendala

    ReplyDelete
  29. Anak sy wktu SD kls 6 dpt dana pip dn pada saat masuk smp dr pusat ada nama sy tp dcatatan smp ega ada nama anak sy krn pihak sekolah sudah tidak krj sama lagi sm pip.mohon bantuan nya

    ReplyDelete
  30. Nah,ini ada yg udah dapet PIP tapi tidak mempunyai KIP
    Bagaimana cara mendapatkan Kartu KIP tsb, makasih

    ReplyDelete
  31. Saya orang susah saya ingin mendapatkan KIP semoga bisa aminn

    ReplyDelete
  32. Kedua orang tua saya hanya buruh tani dan saya sd dan kakak smp ,adik tk ingin mempunyai mempunyai kartu kip ,bagai mana cara mendapatkan kartu kip tersebut

    ReplyDelete
  33. Saya mohon semoga mendapat bantuannya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel