-->

Mengenal Tipe Soal AKM Sebagai Pengganti Ujian Nasional

Kherysuryawan.id – Contoh soal AKM dan penjelasannya.
Sahabat edukasi yang berbahagia, ujian nasional merupakan bentuk penilaian akhir yang di harapkan bisa memberikan informasi mengenai kemampuan peserta didik dalam memahami, menganalisa, menjawab serta menganalisis soal dan menjawabnya dengan benar dan tepat. Meskipun ujian nasional bukan lagi menjadi tolak ukur kelulusan siswa yang berada pada jenjang akhir namun dengan adanya ujian nasional maka tentunya memberikan pengaruh dan dampak yang positif bagi kemajuan Pendidikan.

Mulai tahun 2020 ujian nasional sudah tidak lagi di lakukan sehingga kementerian Pendidikan akan merubah aturan penilaian pengganti ujian nasional. Adapun perubahan pengganti ujian nasional yaitu asesment kompetensi minimum atau di singkat dengan AKM.
AKM rencananya akan di terapkan pada tahun pelajaran 2020/2021, jenis soal AKM nantinya akan berdasarkan numerasi (matematika), literasi (bahasa) dan survei karakter.
Dengan memberikan soal AKM maka di harapkan siswa mampu menganalisa pertanyaan dengan meningkatkan minat baca atau literasi sehingga kemampuan peserta didik dapat semakin terasah.

Seperti yang telah di jelaskan bahwa soal AKM terdiri dari soal literasi dan numerasi, dimana selain mengembangkan budaya baca siswa juga diasah kemampuannya untuk menganalisa soal yang di tampilkan dalam bentuk perhitungan.
Soal AKM lebih dominan kepada jenis soal yang menuntut siswa agar rajin membaca, sebab soal AKM di sajikan dalam bentuk teks bacaan yang cukup Panjang sebagai sebuah stimulus yang harus di respon oleh siswa.
Berikut ini beberapa gambaran tipe pertanyaan pada soal AKM dalam bentuk literasi dan numerasi yang menjadi pokok pertanyaan, antara lain mengenai :
1.   Gagasan pokok teks
2.   Simpulan teks
3.   Persamaan isi beberapa teks
4.   Pernyataan yang sesuai/tidak sesuai dengan isi teks
5.   Pernyataan benar atau salah
6.   Mengisi data sesuai pertanyaan
7.   Memberi Pernyataan yang disertai alasan jawaban
8.   Soal Survey Karakter
Untuk bisa menjawab soal AKM memang di perlukan penguasaan konsep serta pemahaman pada isi teks sesuai soal yang di sajikan, selain itu untuk menjawab soal AKM dapat membutuhkan waktu yang cepat namun bisa juga membuatuhkan waktu yang lama tergantung dari cara siswa memahami dan menganalisis jenis soal tersebut.

Jenis soal AKM di sajikan dalam 2 model yakni model soal pilihan ganda dan juga model soal essay.
Dari semua jenis soal yang ada pada soal AKM menuntut siswa agar mampu mengukur keterampilan dasar baik kemampuan dalam literasi maupun numerasinya. Artinya bahwa kemampuan yang diukur yaitu dalam bernalar tentang teks dan angka.
AKM dan survei karakter, terdiri dari soal-soal yang mengukur kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter.

Pada postingan kali ini saya akan memberikan file contoh soal AKM yang dapat anda miliki untuk anda jadikan sebagai bahan referensi dalam memahami jenis-jenis soal AKM baik dalam soal literasi mapun soal perhitungan dalam bentuk angka.
Bagi anda yang belum mengetahui jenis soal dalam bentuk soal AKM maka anda bisa melihatnya pada isi file soal AKM yang akan saya berikan di postingan ini.

Baiklah berikut ini jenis atau contoh soal AKM yang di dalamnya telah memuat soal literasi, numerasi dan juga penguatan karakter. Soal AKM ini kiranya dapat membantu anda untuk memahami dan mengetahui jenis-jenis soal AKM. Selain itu soal AKM ini dapat anda pelajari untuk meningkatkan kemampuan anda dalam berliterasi dan menghitung dengan menggunakan soal bentuk AKM.
Demikianlah postingan yang dapat saya berikan pada kesempatan kali ini mengenai pemahaman tentang jenis soal AKM yang nantinya akan di gunakan sebagai pengganti ujian nasional. Kiranya postingan ini dapat bermanfaat bagi anda yang sedang membacanya.
Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel