-->

Cara Mengatasi Nilai Rapor Siswa Tidak Muncul di Aplikasi eRapor

Kherysuryawan.id – Solusi Nilai sudah diinput di erapor tapi hasil akhir kosong.

Apakah di sekolah anda telah menggunakan aplikasi erapor dalam melakukan penginputan nilai rapor sekolah???

Jika sekolah anda telah menggunakan aplikasi erapor maka perlu anda ketahui bahwa tidak semua orang yang menggunakan aplikasi erapor bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari apa yang di kerjakannya melainkan ada saja kendala atau masalah yang di hadapi baik oleh guru maupun wali kelas ketika akan melakukan proses pengisian di aplikasi erapor.

 

Sahabat pendidikan, pada postingan ini saya akan membahas salah satu masalah yang sering di hadapi oleh para guru maupun wali kelas yang melakukan penginputan nilai di aplikasi erapor. Sebagai informasi bahwa aplikasi erapor merupakan aplikasi yang digunakan untuk membantu para guru dan wali kelas dalam melakukan pengisian nilai kedalam rapor siswa dan juga aplikasi erapor memiliki banyak fitur yang sangat membantu guru dan wali kelas dalam melakukan pengisian rapor siswa serta wali kelas juga bisa langsung melakukan print out hasil cetak rapor siswa melalui aplikasi erapor.

 

Aplikasi erapor digunakan oleh semua jenjang sekolah, yakni mulai dari sekolah jenjang SD, sekolah jenjang SMP, sekolah jenjang SMA dan juga sekolah jenjang SMK. Untuk penggunaannya sendiri aplikasi erapor sangat mudah untuk di gunakan sebab bisa di gunakan baik secara offline maupun secara online. Selain itu aplikasi erapor juga bisa dikerjakan oleh banyak guru dalam waktu yang bersamaan.

 

Dalam melakukan pengisian nilai pada aplikasi erapor harus sesuai dengan alur yang seharusnya dilakukan yaitu mulai dari melakukan penyetinggan pada kompetensi dasar , melakukan perencanaan penilaian yang meliputi rencana penilaian pengetahuan, rencana penilaian keterampilan, rencana sikap spiritual, rencana sikap social dan rencana pemberian bobot pada penilaian harian, penilaian tengah semester (PTS), dan penilaian akhir semester (PAS). Setelah rencana penilaian di buat maka selanjutnya ialah melakukan penginputan nilai sesuai rencana yang telah di buat, dan jika semuanya telah selesai maka langkah terakhir ialah melakukan pengiriman nilai ke masing-masing wali kelas bagi guru mata pelajaran.

 

Setelah Nilai harian baik pengetahuan maupun keterampilan, PTS, PAS, Bobot Nilai, dan proses deskripsi pada aplikasi e-rapor selesai di kerjakan, maka akan tampil hasil pengolahan Nilai nilai siswa, Per kd dan rapor siswa. Permasalahannya adalah ketika di cek pada menu pengolahan Nilai, tabel nilai kosong padahal sudah di entri didalam aplikasi erapor.

 

Salah satu kendala yang sering di hadapi oleh para guru ketika mengerjakan erapor ialah tidak munculnya nilai pada saat akan melakukan pengiriman nilai ke wali kelas padahal semua nilai telah diinputkan kedalam aplikasi erapor. Nah masalah ini sebenarnya sangat mudah untuk mengatasinya sebab masalah ini dapat di selesaikan apabila guru mata pelajaran dapat melakukan kerjasama yang baik dengan admin erapor sebab biasanya masalah ini sering terjadi akibat dari kesalahan yang dilakukan oleh guru mata pelajaran yang melakukan input nilai atau dari admin erapor.

 

Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan solusi pada masalah yang sering terjadi di erapor yaitu masalah nilai sudah diinputkan kedalam erapor tapi nilai dan deskripsi tidak muncul atau kosong saat di cek pada nilai akhir sehingga guru mata pelajaran tidak bisa melakukan pengiriman nilai ke masing-maisng wali kelas.

 

Bagi para guru yang mengalami kasus nilai tidak muncul di aplikasi erapor padahal sudah melakukan penginputan dan pengisian nilai, maka berikut ini solusi nilai rapor siswa tidak muncul di aplikasi erapor :

1. Guru mapel harus sudah membuat rencana penilaian dierapor

2. Guru mapel harus sudah memberi bobot Penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PTS), dan penilaian alhir semester (PAS) di erapor

3. Guru mapel harus sudah mengecek proses deskripsi siswa dan melakukan penyimpanan data jika sudah sesuai pada proses deskripsi siswa

4. Jika semua langkah diatas sudah dikerjakan maka silahkan lihat nilai akhir.

 


Apabila nilai masih kosong padahal guru mapel sudah melakukan penginputan nilai (seperti pada gambar diatas), maka untuk langkah selanjutnya ialah sebagai berikut :

1. Silahkan login keaplikasi erapor menggunakan akun admin (operator/admin erapor)

2. Selanjutnya silahkan pilih menu “Data referensi lokal

3. Kemudian Klik menu “Mapping Mapel K2013, cek apakah mapping sudah dibuat, jika belum silahkan buat kemudian klik simpan



4. Selanjutnya klik menu “KKM Mapel” dan cek apakah semua mata pelajaran sudah menginput KKM, jika belum maka silahkan input KKM nya.

Untuk melakukan input KKM maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

-     Buka menu “Data ferensi lokal”, lalu pilih “KKM mapel

-     Kemudian klik + Input KKM mata pelajaran



-     Lalu isi kolom mata pelajaran, kelas, program pengajaran (reguler), dan masukkan nilai KKM



-     Terakhir klik “SIMPAN”

 

Jika semua langkah-langkah diatas semuanya telah dilakukan, maka silahkan kembali login kea kun erapor guru mata pelajaran dan silahkan cek, apakah nilai sudah muncul. Sebagai pengalaman jika semua langkah-langkah diatas sudah dilakukan maka nilai pastinya akan muncul dan masalah akan teratasi dengan baik.

 

Demikianlah informasi ini saya bagikan, semoga bisa bermanfaat dan bisa membantu para guru dan walii kelas yang mengalami masalah seperti ini dalam mengerjakan aplikasi erapor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel