Cara Menentukan Ranking Kelas di Microsoft Exel

Tutorial ini sengaja saya buat karena saya merasa bahwa isi dari artikel ini sangat bermanfaat bagi para guru dan wali kelas, karena tugas mereke tidak terlepas dari system pembelajaran dan penilaian.
Bagi para guru dan wali kelas, tugas ini memang sangat berat, apalagi jika menyangkut pekerjaan yang berhubungan dengan nilai, tetapi jaman sekarang sudah banyak diuntungkan dengan adanya teknologi yang canggih, sehingga untuk menghitung nilai, rata-rata ataupun ranking sangat mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan keahlian menghitung ataupun alat hitung , cukup dengan memasukkan rumus kedalam komputer, maka secepat kilat akan muncul hasilnya, tanpa harus menghitung manual satu persatu.

Dalam hal dunia computer pasti kita sudah mengenal yang namanya Microsoft, salah satunya adalah Microsoft exel yang umumnya digunakan untuk metode perhitungan,angka dan rumus.
Ketika kita bekerja dengan Microsoft Excel, sering kita temui adanya tanda “$” atau absolute reference. Bisa jadi kita yang belum mengetahui akan bertanya-tanya, apa makna simbol ini dan bagaimana penggunaannya.begitu juga dalam menentukan ranking dalam suatu kelas symbol ini sangatlah berarti karena tanpa symbol ini sia-sialah rumus yang kita buat. 

Tutorial kali ini akan membahas mengenai cara mudah menentukan rangking kelas dengan menggunakan MS Exel.
Tanda “$” digunakan ketika kita membuat sebuah formula atau rumus di mana formula tersebut mengacu kepada sell atau range tertentu. Penambahan tanda “$” dimaksudkan agar sell atau range acuan tersebut bernilai absolut, artinya ketika formula tersebut dicopy ke sell lain maka sell atau range acuan tersebut tidak bergeser. Untuk memahami penggunaan tanda “$” dalam Excel maka kita coba penggunaannya untuk menentukan rangking siswa.
Langkah pertama buka MS exel, kemudian Buatlah tabel NOMOR,NIS, NAMA SISWA,JUMLAH NILAI SISWA dan RANKING seperti pada gambar berikut :


Cara untuk menentukan rangking siswa dengan Excel adalah dengan klik cell E3 kemudian ketikkan formula =RANK(number;ref;order).
Number menunjukkan sell jumlah nilai siswa yang kita cari peringkatnya, sedangkan ref menunjukkan reference atau range yang menjadi acuan. Sehingga untuk range dalam contoh gambar diatas kita gunakan range D3:D15. Agar range ini bersifat absolut maka range pada formula kita blok lalu tekan F4 pada keyboard untuk menghasilkan absolute reference ($). Terakhir tambahkan nilai 0 pada order. Tekan enter kemudian copy rumus sampai sell terakhir di kolom rangking.

Agar lebih jelas, pada cell E3 tulis = RANK è buka kurungèklik cell D3(alias range pertama) è tambahkan tanda titik koma è blok mulai cell D3 hingga cell D15è kemudian tekan F4ètambahkan tanda titik komaè isi angka nolè kemudian tutup kurung è dan tekan enter.
Sebagai gambarannya lihat gambar di bawah ini


Jika rumus ranking pada cell D3 telah berhasil di buat maka silahkan copykan rumus tersebut hingga ke cell terakhir di kolom ranking agar semua siswa bisa memperoleh ranking.
Untuk hasil ranking keseluruhan perhatokan gambar di bawah ini



Demikian tutorial yang bisa saya bagikan melalui blog ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu menguunjungi artikel-artikel lainnya yang ada di dalam blog ini. Terimakasih

0 Response to "Cara Menentukan Ranking Kelas di Microsoft Exel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->