12 Langkah Cara Menampilkan/Menghilangkan Kotak Pesan Pada exel


Kherysuryawan.id – langkah-langkah menampilkan info agar muncul pada exel.
Apakah anda sering menggunakan Microsoft exel sebagai teman kerja anda???
Seperti yang kita ketahui bahwa exel sangat membantu pengguna computer yang akan melakukan pengetikan dalam bentuk angka atau memberi cara cepat bagi pengguna untuk menghitung sebuah data dengan menggunakan rumus yang terdapat di Microsoft exel.

Sebagian orang senang menjadikan exel sebagai alat untuk membuat sebuah aplikasi yang bisa memudahkan orang dalam menggunakannya. Sebagai contoh banyak aplikasi exel yang telah di buat dengan tujuan untuk memudahkan seseorang dalam melakukan proses penginputan data sebab dengan aplikasi exel maka tentunya pembuat aplikasi telah melakukan seting atau pengaturan sehingga aplikasi yang akan digunakan nantinya bisa mempermudah pekerjaan seseorang.

Di dalam menggunakan exel ada sebuah informasi yang perlu di ketahui yaitu bahwa kita dapat membuat kotak pesan atau message box yang dapat menampilkan sebuah pesan atau info ketika seseorang melakukan klik pada kolom sheet yang telah di tentukan untuk bisa menampilkan pesan yang akan di buat tersebut. Pada postingan ini saya akan memberikan penjelasan mengenai bagaimana cara untuk membuat atau menghilangkan kotak pesan atau kotak info yang tampil pada sebuah sheet di exel.

Postingan ini sengaja saya buat sebagai bentuk pengingat bagi saya sendiri sebab saya pernah mengalami masalah yang ada hubungannya denga isi dari postingan ini. Namun semoga selain bermanfaat bagi diri sendiri, kiranya postingan ini juga bisa bermanfaat bagi orang lain yang mungkin juga mengalami masalah yang ada hubungannya denga nisi dari postingan ini.

Singkat cerita ketika itu saya pernah memiliki sebuah aplikasi yang saya ambil dari sebuah web di internet dan isi dari aplikasi tersebut salah satunya yaitu menampilkan sebuah kotak pesan atau sebuah informasi pada salah satu sheet yang ada ketika sheet tersebut di klik sehingga saya berusaha untuk mencari tahu mengenai bagaimana cara membuat kota pesan tersebut bisa muncul dan bagaimana pula cara untuk menghilangkan kotak pesan tersebut dari aplikasi exel yang saya telah miliki tersebut.

Ternyata cara untuk melakukan hal tersebut sangatlah sederhana, dan pada kesemapatan kali ini dan melalui postingan ini saya akan memberikan penjelasannya mengenai bagaimana cara untuk menampilkan message box atau untuk menghilangkannya dari sebuah sheet di exel.
Baiklah untuk lebih jelasnya maka berikut ini penjelasannya :
1.   Silahkan anda buka lembar kerja exel
2.   Kemudian silahkan anda pilih sebuah kolom yang ingin buat untuk bisa menampilkan kotak pesan
3.   Sebagai contoh disini saya akan menampilkan kotak pesan pada salah satu kolom sheet yang terletak pada sel B2 jadi silahkan anda klik sel B2 dan berikan sebuah warna sebagai tanda saja (lihat gambar di bawah ini)

4.   klik pada sel B3, selanjutnya klik menu “Data“ lalu pilih Data Validation > Data validation.

5.   Selanjutnya akan tampil jendela Data Validation, pada tab Setting bagian Allow pilih “text length”, kemudian pada bagian data pilih” equal to”, dan pada length ketikkan angka 3 (jika anda hanya membutuhkan 3 angka saja yang akan di input ke dalam kolom sheet tersebut), seperti pada gambar di bawah ini

6.   Selanjutnya silahkan anda klik tab Input Message, centang bagian “Show input message when cell is selected”, kemudian pada bagian Title tuliskan “Masukkan Data” dan pada Input Message tuliskan “Silahkan anda masukkan angka sebanyak 3 digit”, seperti pada tampilan di bawah ini

7.   Langkah Selanjutya klik tab Error Alert, lalu berikan tanda centang pada bagian “Show error elert after invalid data is entered”, lalu pada bagian Style pilih Stop, dan pada kolom Title ketikkan tulisan”Peringatan”, kemudian pada bagian Error Message ketikkan tulisan “Data yang anda masukkan tidak sesuai !”, langkah terakhir klik “OK”

8.   Sekarang silahkan anda coba klik cel B2, maka akan tampil seperti pada gambar di bawah ini

9.   Nah untuk menguji munculnya kotak pesan peringatan seperti yang telah anda buat tadi maka silahkan anda coba masukkan 4 angka pada kolom cel B2 maka akan muncul sebuah kotak pesan seperti pada gambar di bawah ini

10.   Namun jika anda memasukkan angka sebanyak 3 digit saja maka tentunya kotak pesan tersebut tidak akan lagi muncul.
11.   Jika anda ingin menghilangkan semua kotak pesan tersebut dari sel B2 maka anda bisa mengulangi hal diatas dengan menghapus semua kalimat yang ada, maka seluruh pesan akan hilang atau tidak akan muncul ketika anda mengklik cel B2.
12.   Selesai.

Demikianlah informasi mengenai cara mudah untuk menampilkan kotak pesan atau kotak info pada sebuah kolom yang terdapat di sheet exel. Cara ini kiranya bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda tentang exel dan manfaat dari sebuah kotak pesan yang dapat di buat pada kolom exel.
Sekian dan semoga bermanfaat !

0 Response to "12 Langkah Cara Menampilkan/Menghilangkan Kotak Pesan Pada exel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->