Ketentuan Kelulusan dan Kenaikan Kelas Siswa Tahun 2020


Kherysuryawan.id – cara untuk menentukan kelulusan peserta didik bagi siswa kelas 6 SD, siswa kelas 9 SMP dan siswa kelas 12 SMA/SMK serta cara untuk menentukan kenaikan kelas bagi semua jenjang satuan Pendidikan.
Sahabat pendidik dimanapun berada melalui postingan ini penulis akan memberikan informasi seputar ketentuan yang harus di pahami dalam memberikan informasi ataupun penjelasan mengenai proses kelulusan serta kenaikan kelas pada setiap peserta didik yang berada di setiap satuan Pendidikan di seluruh Indonesia.

Seperti yang kita ketahui Bersama saat ini bahwa di seluruh dunia dan khususnya di negara Indonesia saat ini sedang dihadapkan oleh problem atau masalah besar dalam hubungannya dengan adanya penyakit menular yang menyebabkan banyak korban jiwa di seluruh dunia dan salah satunya ialah di Indonesia. Penyakit menular yang gempar dan memakan banyak korban jiwa tersebut ialah di sebabkan oleh virus corona atau yang juga di sebut sebagai Cuvid – 19.
Dengan adanya penyakit virus corona atau covid – 19 maka banyak kalangan yang harus menerima dampaknya dan salah satu yang harus menerima dampak dari persoalan ini ialah seluruh satuan Pendidikan di setiap wilayah Indonesia baik dari sabang sampai Merauke.

Tak tanggung-tanggung akibat dari adanya virus corona atau covid – 19 ini maka pemerintah dalam hal ini kementerian Pendidikan dan kebudayaan mengeluarkan instruksi kepada setiap kepala daerah baik gubernur, wali kota dan bupati agar menyampaikan arahan kepada setiap satuan Pendidikan untuk melakukan proses pembelajaran tidak lagi di sekolah melainkan di lakukan secara daring atau online di rumah masing-masing. Kebijakan tersebut akhirnya membuat anak-anak atau peserta didik tidak bisa lagi melakukan pembelajaran tatap muka seperti biasanya melainkan mereka harus belajar melalui alat teknologi berupa HP atau gadget ataupun menggunakan computer yang harus terhubung dengan jaringan.

Perlu di ketahui bahwa tentunya pembelajaran melalui jalur tatap muka dan juga jalur daring secara online pastinya akan memberikan hasil yang berbeda sebab mau tak mau tentunya pembelajaran secara tatap muka akan memberikan hasil yang lebih maksimal di bandingkan dengan pembelajaran jarak jauh atau yang sering di sebut dengan pembelajaran daring ( dalam jaringan).
Namun semua itu memang harus terjadi agar penyebaran virus corona atau covid – 19 tidak semakin memperparah keadaan khususnya bagi setiap warga sekolah di setiap satuan Pendidikan yang ada di wilayah Indonesia.

Bukan hanya itu saja yang menjadi hal yang mengejutkan yang harus di alami oleh peserta didik maupun warga sekolah melainkan ada ha lain lagi yang harus menjadi korban dalam kejadian akibat adanya virus corona atau covid – 19 ini, yaitu mendikbud secara tegas Bersama dengan pemerintah mengambil keputusan yang sangat tidak di sangka-sangka yakni menghapus ataupun meniadakan ujian nasional baik untuk jenjang SD, SMP maupun SMA di tahun 2020. Hal tersebut di ambil agar jutaan peserta didik yang akan mengikuti ujian tidak menjadi korban dari dampak virus corona atau covid – 19.

Dengan demikian maka pemerintah secara resmi tidak lagi mengadakan ujian nasional di tahun 2020 ini baik untuk jenjang SD, SMP maupun SMA. Lantas bagaimanakah cara untuk menentukan kelulusan dan kenaikan kelas bagi setiap peserta didik jika proses pembelajaran hanya bisa dilakukan secara daring dan juga ujian nasional tidak di adakan???
Pertanyaan tersebut tentunya akan menjadi sebuah dilema bagi sekolah khususnya bagi para pendidik yang akan melakukan penilaian ataupun peberian hasil ujian bagi siswa yang berada di tingkat akhir. Meskipun demikian pemerintah dalam hal ini kementerian Pendidikan tentunya tidak akan tinggal diam dalam menghadapi permasalahan tersebut.

Dengan tidak di adakannya lagi ujian nasional, ujian sekolah dan juga pembelajaran tatap muka selama adanya kasus akibat virus corona atau covid – 19 maka kemendikbud mengeluarkan sebuah keputusan yang di dapat di jadikan sebagai acuan bagi setiap satuan Pendidikan dalam memberikan infomasi kelulusan serta kenaikan kelas bagi peserta didik di setiap satuan Pendidikan.
Adapun ketentuan untuk melakukan tahapan kelulusan dan kenaikan kelas khusus untuk tahun 2020 ini maka berikut ini aturan dan ketentuannya :
Ujian Sekolah untuk kelulusan dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Ujian Sekolah untuk kelulusan dalam  bentuk  tes yang mengumpulkan siswa  tidak boleh dilakukan, kecuali yang telah dilaksanakan  sebelum terbitnya surat edaran ini;
  • Ujian Sekolah dapat dilakukan dalam bentuk portofolio nilai  rapor dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes daring, dan/atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya;
  • Ujian Sekolah dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna, dan tidak perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh;
  • Sekolah yang telah melaksanakan Ujian Sekolah dapat menggunakan nilai Ujian Sekolah untuk menentukan kelulusan siswa.  Bagi  sekolah yang belum melaksanakan Ujian Sekolah berlaku ketentuan sebagai berikut:



1.   Kelulusan Sekolah Dasar(SD)/sederajat ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir  (kelas 4, kelas  5, dan  kelas  6 semester gasal). Nilai semester genap kelas 6 dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan;
2.   Kelulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP)/ sederajat  dan Sekolah Menengah Atas  (SMA) / sederajat ditentukan  berdasarkan nilai lima semester terakhir. Nilai semester genap kelas 9 dan kelas 12 dapat digunakan sebagai tambahan nilai  kelulusan; dan
3.   Kelulusan Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) / sederajat ditentukan berdasarkan nilai rapor, praktik kerja lapangan, portofolio dan  nilai  praktik  selama lima semester terakhir. Nilai semester genap tahun terakhir dapat digunakan sebagai tambahan  nilai kelulusan.

Adapun Untuk Kenaikan Kelas dilaksanakan dengan ketentuan   sebagai berikut:
·       Ujian akhir semester untuk Kenaikan Kelas dalam bentuk tes yang mengumpulkan  siswa tidak boleh  dilakukan,  kecuali yang telah dilaksanakan sebelum terbitnya Surat Edaran ini;
·       Ujian akhir semester untuk Kenaikan Kelas dapat dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes daring, dan/ atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya;
·       Ujian akhir semester untuk Kenaikan Kelas dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna, dan tidak perlu mengukur  ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh.
Dengan adanya ketentuan tersebut maka sekolah dapat memperoleh acuan yang benar dan sesuai dalam memberikan informasi mengenai kelulusan dan kenaikan kelas pada peserta didiknya baik di jenjang SD, jenjang SMP, maupun di jenjang SMA/SMK.
Demikianlah informasi yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini mengenai ketentuan dalam memberikan informasi mengenai proses kelulusan dan kenaikan kelas di setiap satuan Pendidikan khususnya untuk di tahun 2020 ini. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya dan terimakasih atas partisipasi anda pada artikel ini.

0 Response to "Ketentuan Kelulusan dan Kenaikan Kelas Siswa Tahun 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->