RPP 1 Lembar IPA Terpadu Kelas 7 Semester 1 & 2 Revisi 2021/2022

Kherysuryawan.id – RPP 1 Lembar IPA Terpadu versi terbaru untuk kelas 7 SMP semester 1 dan semester 2 lengkap kurikulum 2013.
RPP merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang saat ini menjadi topik perbincangan yang hangat di kalangan para guru yang ada di seluruh Indonesia. Setelah sebelumnya Menteri Pendidikan mengeluarkan aturan baru mengenai tugas guru dalam hal membuat RPP dimana guru saat ini sudah tidak perlu lagi membuat RPP dengan banyak komponen yang jika di print mencapai berlembar-lembar halaman melainkan guru di berikan kemudahan dalam membuat dan menyusun RPP yang dapat di jadikan hanya dengan 1 halaman atau 1 lembar saja.

Seperti yang tertuang pada surat edaran mendikbud nomor 14 tahun 2019 yang membahas mengenai penyederhanaan RPP dimana salah satu point penting yang di sebutkan yaitu mengenai penyusunan RPP dilakukan dengan prinsip efisien, efektif dan berorientasi pada murid.

Hal itu menggambarkan bahwa RPP bukan lagi menjadi momok bagi guru yang mengharuskan guru untuk menghabiskan waktu hanya untuk membuat RPP saja sehingga kadang kala waktu untuk mengajar terlewatkan hanya karena pembuatan RPP. Melalui surat edaran tersebut guru di harapkan dapat membuat RPP dengan sangat sederhana dan dengan tujuan yang dapat mengedepankan kepentingan mengajar sehingga siswa bisa memperoleh Pendidikan yang baik.

RPP dapat di buat menjadi 1 lembar atau 1 halaman dengan memperhatikan point-point penting yang harus termuat di dalam RPP tersebut. Adapun point penting tersebut yaitu terdiri dari 3 komponen inti diantaranya tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan penilaian. Selain itu pelengkap RPP yang harus di muat diantaranya identitas sekolah, mata pelajaran, materi, alokasi waktu dan tahun pelajaran.

Adapun komponen lain yaitu sebagai pelengkap dan bebas mandiri.
Penulisan RPP di harapkan dapat dilakukan dengan efisien dan efektif sehingga guru memiliki lebih banyak waktu untuk dapat mempersiapkan diri dalam mengajar serta mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh RPP dalam bentuk 1 lembar yang dapat di gunakan bagi guru khususnya guru mata pelajaran IPA Terpadu kelas 7 SMP. Adapun contoh RPP yang akan admin bagikan yakni RPP 1 lembar lengkap untuk semester 1 dan RPP 1 lembar lengkap untuk semester 2. 

Pada proses pembuatan RPP ini tentunya masih banyak kekurangan yang terdapat di dalamnya namun admin telah mengusahakan untuk bisa di gunakan sebagai bahan analisis guru dalam melakukan proses pembelajaran sebab itulah hal yang paling utama yang harus tercapai dalam tujuan pembuatan RPP itu sendiri. RPP versi 1 lembar ini sudah mengikuti arahan yang ada di dalam surat edaran dari kemendikbud tentang penyederhanaan RPP.

Seperti yang kita ketahui Bersama bahwasannya dalam membuat dan menulis RPP guru secara bebas dapat memilih, membuat menggunakan dan mengembangkan RPP yang akan di buatnya, Sehingga tidak ada aturan ataupun format baku yang harus diikuti oleh guru dalam proses pembuatan RPP.
Seperti pada RPP 1 halaman IPA Terpadu kelas 7 semester1 dan semester 2 yang akan admin bagikan ini dimana format RPP yang di gunakan berasal dari kreatifitas pribadi sehingga jika guru ingin mengembangkannya dengan menggunakan versi lain maka guru dapat membuatnya menjadi lebih baik lagi dan tentunya lebih sesuai dengan kebutuhan guru masing-masing.

Bagi bapak dan ibu guru yang menginginkan file RPP 1 lembar IPA Terpadu kelas 7 semester 1 dan semester 2 yang telah menggunakan format penyederhanaan RPP maka dapat mengunduhnya serta memiliki filenya secara gratis melalui postingan ini.
Berikut ini file RPP 1 lembar IPA Terpadu kelas 7 semester 1 dan juga semester 2 yang dapat anda miliki secara Cuma-Cuma melalui judul yang ada di bawah ini :

  • RPP 1 Lembar IPA Kelas 7 Semester 1 Lengkap (Disini)
  • RPP 1 Lembar IPA Kelas 7 Semester 2 Lengkap (Disini)
  • RPP Daring 1 Lembar Kelas 7 Semester 1&2 (DISINI)

Untuk mendapatkan kedua file RPP IPA terpadu diatas maka anda bisa mengunjungi link yang telah disiapkan diatas dan anda bisa mengambil file RPP tersebut dengan sangat mudah.

Perlu di ingat bahwa RPP tersebut bukanlah RPP yang harus menjadi patokan melainkan RPP tersebut dapat di jadikan sebagai bahan referensi bagi guru untuk membuat RPP lainnya sehingga guru memiliki bayangan dalam proses pembuatan RPP Versi 1 halaman.
Demikianlah postingan kali ini, agar kiranya apa yang telah admin tulis dan bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel