Materi MPLS Kurikulum Merdeka Tahun 2023/2024

Kherysuryawan.id – Download kumpulan materi MPLS SD, SMP, SMA/SMK Versi Terbaru untuk Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024.

Sahabat pendidikan, saat ini telah banyak sekolah yang menggunakan kurikulum merdeka atau yang juga di sebut sebagai kurikulum Versi Terbaru (Merdeka Mengajar & Merdeka Belajar). Kurikulum merdeka merupakan kurikulum terbaru yang merupakan pengganti dari kurikulum 2013. Kurikulum merdeka dianggap dapat mengejar ketertinggalan pendidikan sehingga sekolah di beri pilihan untuk menggunakan kurikulum lama ataupun kurikulum baru (kurikulum merdeka).

 


salah satu program sekolah pengguna kurikulum merdeka ialah sekolah penggerak. Program sekolah penggerak merupakan upaya untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila. Program sekolah penggerak menjadi salah satu program unggulan yang di anggap dapat menjadi contoh sekolah yang dapat memajukan pendidikan saat ini.

 

Bagi anda yang sekolahnya saat ini merupakan sekolah penggerak ataupun sekolah yang telah menerapkan kurikulum merdeka maka pastinya di tahun ajaran baru ini akan melakukan perekrutan siswa baru atau yang lebih di kenal dengan penerimaan peserta didik baru (PPDB). Dalam proses penerimaan peserta didik baru maka nantinya calon siswa harus melalui beberapa tahapan seleksi mulai dari seleksi administrasi dan juga diwajibkan untuk mengikuti kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah.

 

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan salah satu kegiatan wajib yang harus di lakukan oleh setiap satuan pendidikan baik itu sekolah SD, SMP, SMA maupun SMK. Tujuan di lakukannya MPLS ialah untuk memperkenalkan para siswa baru pada semua hal yang berhubungan dengan sekolah. Perkenalan tersebut bukan hanya sebatas antar murid baru saja atau dengan kakak kelas serta guru namun juga pada komponen lainnya, meliputi pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan.

 

Nah, bagi sekolah yang telah menerapkan kurikulum merdeka maka dalam pelaksanaan MPLS tentunya akan ada beberapa materi yang nantinya akan di berikan atau di pelajari oleh peserta didik baru. Sebagai panitia MPLS tentunya telah memilih beberapa guru atau dalam hal ini nara sumber yang nantinya akan memberikan materi MPLS sesuai jadwal yang telah di tetapkan oleh masing-masing sekolah.

 

Kegiatan MPLS dan juga pemberian materi MPLS dapat di lakukan secara daring maupun secara tatap muka di sesuiakan dengan kondisi dan keadaan yang ada di tempat/sekolah masing-masing. Keputusan pelaksanaan MPLS secara daring ataupun luring ditentukan oleh Pemerintah Daerah.

 

Sebagai informasi bahwa Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dilakukan selama 3 hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran, di hari sekolah dan di jam pelajaran. Penyelenggara teknis kegiatan MPLS adalah Guru, dibantu oleh siswa (Pengurus OSIS).

 

Bagi sekolah yang melaksanakan kegiatan MPLS namun ternyata belum memiliki persiapan berupa materi MPLS untuk sekolah yang telah menerapkan kurikulum merdeka atau untuk sekolah penggerak, maka melalui postingan ini admin akan membagikan beberapa file materi MPLS yang bisa dijadikan sebagai dasar dalam pemberian materi saat pelaksanaan masa pengenalan lingkungan sekolah di sekolah masing-masing.

 

Apa saja materi yang nantinya akan di berikan saat pelaksanaan MPLS di tahun pelajaran baru ini ?

Di kutip dari buku saku pelaksanaan MPLS untuk sekolah pengguna kurikulum merdeka mauapun sekolah penggerak, ada beberapa materi yang harus di berikan kepada calon peserta didik baru saat kegiatan MPLS diantaranya yaitu sebagai berikut :

1.   Wawasan Wiyata Mandala;

2.   Kegiatan Kesiswaan, baik itu Intrakurikuler, seperti OSIS ataupun Ekstrakurikuler, seperti Kepramukaan, UKS, Seni, Olahraga, dan lain-lain;

3.   Pendidikan Karakter;

4.   Cara Belajar Efektif;

5.   Pengenalan Budaya Lokal.

6. Pengenalan tentang Kurikulum Merdeka

7. Kebijakan Kurikulum Merdeka

8. Pengenalan Profil Pelajar Pancasila

9. Anti Bullying

 

Seluruh materi diatas dapat di pilih oleh sekolah untuk di jadikan sebagai referensi pembelajaran dalam melaksanakan MPLS di sekolah masing-masing dan tentunya dapat di sesuaikan dengan kondisi yang ada di sekolah masing-masing. Admin kherysuryawan sengaja membagikan materi MPLS tersebut secara lengkap dengan tujuan untuk membantu para panitia MPLS ataupun pemateri MPLS yang akan melakukan kegiatan MPLS di sekolah.


Kumpulan materi MPLS diatas disajikan dalam bentuk word, Pdf, maupun Powerpoint (PPT) dengan tujuan agar pengguna dapat dengan mudah dalam menggunakannya. Jikalau ada materi yang ingin di tambah ataupun di perbaharui di dalam file yang akan di bagikan nantinya maka di persilahkan kepada bapak/ibu guru yang ingin melakukan pengeditan agar nantinya materi yang akan di sampaikan dapat sesuai dengan keinginan dan harapan pemateri itu sendiri dan tentunya dapat menjadi pengetahuan dasar yang bermanfaat bagi para peserta didik baru.


Bagi anda yang merupakan panitia MPLS ataupun yang akan menjadi pemateri MPLS dan sedang membutuhkan materi MPLS sesuai jenis materi yang telah di sampaikan diatas maka bisa memiliki filenya secara gratis melalui postingan ini.

 

Baiklah berikut ini materi MPLS untuk sekolah pengguna kurikulum merdeka maupun untuk sekolah penggerak yang bisa anda miliki filenya di bawah ini :


MATERI MPLS KURIKULUM MERDEKA

  • Wawasan Wiyata Mandala Format word (DISINI)
  • Wawasan Wiyata Mandala Format Pdf (DISINI)
  • Kegiatan Kesiswaan, baik itu Intra-kurikuler, seperti OSIS (DISINI)
  • Kegiatan Ekstra kurikuler, seperti Kepramukaan, UKS,Seni, Olahraga, dan lain-lain (DISINI)
  • Pendidikan Karakter (DISINI)
  • Cara Belajar Efektif (DISINI)
  • Pengenalan Budaya Lokal (DISINI)
  • Pengenalan Tentang Kurikulum Merdeka (disini)
  • Kebijakan Kurikulum Merdeka (disini)
  • Pengenalan Profil Pelajar pancasila (disini)
  • Anti Bullying (disini)


Dalam pelaksanaan MPLS selain di berikan edukasi berupa materi MPLS kepada para siswa baru, maka panitia MPLS juga harus memahami tentang aturan dan larangan yang tidak boleh di lakukan pada saat kegiatan MPLS.

 

Apa saja ketentuan/aturan dan larangan pada saat pelakaksanaan MPLS di tahun ini, silahkan baca selengkapnya pada judul di bawah ini :


Demikianlah informasi yang bisa admin bagikan pada kesempatan ini khususnya dalam hal yang ada hubungannya dengan kegiatan MPLS, semoga apa yang bisa di bagikan melalui postingan ini bisa bermanfaat bagi panitia MPLS yang sedang bekerja dan sedang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel