RPP 1 Lembar [LENGKAP]

Kherysuryawan.id – Format RPP 1 lembar Lengkap baik untuk sekolah jenjang SD, sekolah jenjang SMP, sekolah jenjang SMA maupun jenjang SMK.
RPP merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi seorang guru baik guru kelas pada jenjang sekolah dasar maupun sebagai guru mata pelajaran pada sekolah jenjang menengah. Saat ini dengan adanya surat edaran dari mendikbud yaitu pada surat edaran mendikbud nomor 14 tahun 2019 mengenai penyederhanaan perangkat pembelajaran khususnya RPP maka guru di berikan kemudahan dalam membuat RPP.

Jika pada RPP versi sebelumnya guru harus manghabiskan banyak waktu dalam membuat perangkat pembelajaran RPP maka berbeda halnya dengan sekarang ini sebab guru dapat membuat 1 RPP untuk 1 kali pertemuan dengan hanya menggunakan format RPP 1 lembar saja sehingga ketika akan membuat RPP maka guru dapat dengan mudah melakukannya.

Meskipun mungkin dengan adanya RPP 1 lembar akan terasa lebih mudah bagi guru dalam membuat RPP di bandigkan dengan model RPP pada versi sebelumnya namun jika guru tidak memiliki format RPP 1 lembar yang seperti saat ini banyak di gunakan oleh para guru dalam membuat RPP maka tentunya akan menyulitkan guru dalam membuat perangkat RPP.

Pada postingan kali ini saya akan memberikan format RPP 1 lembar yang mana di dalam format ini telah di jelaskan komponen-komponen yang harus di masukkan ketika guru akan membuat RPP sehingga akan memudahkan pemahaman guru yang akan membuat atau merencanakan RPP sesuai dengan bidang mata pelajarannya masing-masing.

Seperti yang kita ketahui Bersama pada surat edaran mengenai penyederhanaan RPP di mana jumlah komponen yang akan di gunakan berbeda dengan jenis komponen pada RPP versi sebelumnya. Jika pada komponen RPP sebelumnya harus memuat 13 komponen maka di RPP 1 lembar ini anda hanya cukup memasukkan 3 jenis komponen saja yaitu meliputi :
1.   Tujuan pembelajaran
2.   Kegiatan atau langkah-langkah pembelajaran
3.   Penilaian

Sebenarnya pada postingan postingan saya sebelumnya telah begitu banyak jenis RPP 1 lembar yang suda saya bagikan secara gratis bahkan lengkap mulai dari jenjang SD, jenjang SMP hingga jenjang SMA maupun SMK. Selain itu hampir semua jenis RPP versi 1 lembar untuk semua jenis mata pelajaran juga sudah saya bagikan melalui blog kherysuryawan.id ini.

Mengapa saya membuat artikel ini ???
Tujuan saya membuat dan membagikan artikel ini ialah untuk membantu para guru yang ingin mengkreasikan jenis RPP yang akan di buatnya, meskipun mungkin saat in itelah banyak sekali RPP 1 lembar yang sudah di bagikan di internet termasuk di dalam blog saya ini namun tentunya tidak semua guru menyukai jenis RPP yang telah ada sehingga pastinya ada guru yang ingin membuat RPP 1 lembar dengan kreasi sendiri yang tentunya akan memberikan hasil yang sesuai dengan apa yang di harapkan.

Dengan saya membagikan format RPP 1 lembar lengkap ini kiranya bisa membantu para guru yang akan membuat ataupun melakukan kreasi dalam membuat RPP 1 lembar sesuai dengan mata pelajarannya masing-masing. Bagi anda yang ingin mengetahui apa-apa saja jenis atau unsur yang ada dalam format RPP 1 lembar ini maka di bawah ini akan saya sampaikan point-point yang tertuang di dalam RPP 1 lembar yang di antaranya ialah sebagai berikut :
a.   Satuan Pendidikan
b.   Mata pelajaran
c.    Kelas / semester
d.   Kompetensi dasar
e.   Alokasi waktu
f.     Tujuan pembelajaran
g.   Langkah-langkah pembelajaran, yang meliputi :
-          Metode, media, dan sumber belajar
-          Kegiatan pembelajaran yang meliputi kegiatan pendahaluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup
h.   Penilaian / assessment yang meliputi :
-          Penugasan
-          Instrument penilaian individu/kelompok
-          Tes lisan/tertulis

Adapun unsur atau komponen lainnya seperti lampiran alat penilaian merupakan unsur penunjang yang juga bisa di masukkan dalam lampiran RPP 1 lembar, dan pada format RPP 1 lembar yang akan saya bagikan ini anda bisa melihat baik contoh RPP lengkap dengan contoh lampirannya.

Bagi anda yang mungkin ingin membuat RPP 1 lembar namun tidak tahu harus berbuat seperti apa, maka melalui postingan ini anda bisa melihat format yang bisa anda gunakan dalam membuat RPP 1 lembar. 
Bagi anda yang ingin mendapatkan format RPP 1 lembar langkap seperti pada penjelasan di atas, maka silahkan anda download filenya di bawah ini :

  • Format RPP 1 lembar Lengkap (Disini)
  • Format RPP Guru Penggerak Versi 1 Lembar (DISINI)
  • Untuk Mendapatkan contoh RPP 1 lembar secara lengkap maka silahkan lihat (DISINI)
  • Untuk memudahkan dalam memiliki file Silabus dan RPP 1 lembar secara lengkap maka silahkan lihat ulasan selengkapnya (DISINI)

Demikianlah yang bisa saya bagikan tentang RPP 1 lembar lengkap, semoga postingan ini bisa membantu para guru yang kesulitan dalam membuat RPP 1 lembar sehingga dengan adanya format ini maka tugas dalam membuat RPP dapat di kerjakan dengan mudah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel